• Home
  • News
  • Jalinsum Rusak Timbulkan Macet di Pargarutan
Kamis, 14 Desember 2017 21:42:00

Jalinsum Rusak Timbulkan Macet di Pargarutan

BAGIKAN:
Saut Ritonga
Macet karena jalan rusak

Tapsel (Pelita Batak) :   Akibat saluran drainase yang tidak berfungsi membuat  air tumpah ke badan jalan lintas Sumatera Pargarutan Kabupaten Tapanuli Selatan rusak parah dan amblas.

Kerusakan dan amblasnya jalan itu tepat di tikungan lintasan sempit dengan beram yang tinggi, sehingga menyebabkan kenderaan sulit jika berpapasan dan harus ekstra hati-hati melintas di jalinsum itu.

Pantauan wartawan Kamis 14 Desember 2017, kendaraan pun berjubel merayap padat. Terhempang di tengah jalan, arus lalu lintas di jalan lintas sumatera (jalinsum) Desa Pargarutan Julu Kecamatan Angkola Timur kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ini macet selama berjam-jam dan hingga pukul 15:35 wib. Ratusan kenderaan masih terjebak macet hingga mencapai sepanjang 5 kilometer.

Pihak kepolisian dari Polres Tapsel dan dibantu petugas dari Dinas Perhubungan kabupaten Tapsel yang turun ke lokasi terlihat kewalahan untuk mengatur lalu lintas akibat banyak kenderaan yang saling mendahului.

Antrean sepanjang 5 kilometer dari dua arah juga, membuat petugas harus menerapkan sistem buka tutup agar arus lalu lintas bias terkendali dan pengendara yang melintas dapat melanjutkan perjalanan secara tertib.

Selain itu, untuk dapat melintasi jalan sempit itu, para pengemudi harus ekstra hati-hati, karena lebar jalan yang dapat dilintasi hanya berkisar lebar 2 meter saja atau cukup untuk lintasan satu mobil saja. Untungnya, petugas sat lantas Polres Tapsel juga membuat tanda agar tetap mengutamakan kesabaran dan kehati-hatian.

Tony Simanjuntak salah satu warga Tantom yang hendak berkunjung ke Pahae Taput mengatakan pelebaran jalan di daerah ini harus segera di laksanakan.

"Karena badan jalan yang berlobang besar, di jalan raya lintas sumatera, di daerah pargarutan mengakibatkan kemacetan dan badan jalan digenangi air, akibat drainiase di lokasi jalinsum tidak berfungsi optimal akibatnya air tumpah kebadan jalan. Kemacetan sudah dirasakan sebelum markas koramil 18 pargarutan, bila dari kota padangsidimpuan, akibat jalan yang berlobang itu, kenderaan jadi rapat merayap. Apa lagi pada saat saya melintas pada pukul 10.00 tadi.  Sudah sewajarnya jalan raya lintas sumatera, di lokasi daerah Pargarutan, diperlebar, banyak badan jalannya sudah berlobang," ucapnya.

Jalan raya lintas sumatera daerah Pargarutan, sudah sangat sewajarnya di perhatikan oleh pemerintah karena jalur tersebut merupakan jalur sibuk. Apalagi para PNS yang hendak ke bekerja di komplek perkantoran daerah kabupaten Tapanuli Selatan.

Kasatlantas Polres Tapsel AKP Muri Yasnal kepada wartawan mengatakan terpaksa melakukan rekayasa jalur dan tutup buka jalur yang padat kendaraan, untuk menghindari kemacetan sampai saat ini situasi sudah bisa dikendalikan dan kendaraan sudah bisa melintas, setelah pihaknya dan dibantu Dinas Perhubungan kabupaten Tapsel dan masyarakat setempat memperbaiki jalur tersebut dengan cara menimbun lubang di badan jalan.

Ia berharap kepada pemerintah Sumatera Utara segera membenahi dan memperbaiki jalur tersebut, sebelum ada jatuh korban. (Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Jalan Lintas Sumatera Medan- Aceh Diprediksi Macet Saat Mudik Lebaran

    2 tahun lalu

    Langkat (Pelita Batak): Perbaikan badan jalan  jembatan Sei Batang Serangan  Kecamatan Tanjung Pura,hingga kini belum rampung. Jalan Lintas Sumatera Medan- Aceh itu diperkirakan akan teta

  • Pohon Tua di Kawasan Lapangan Merdeka Medan Timpa Warga dan Mobil

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pohon tua berukuran besar di kawasan Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara tumbang dan menimpa dua mobil dan satu motor rusak. Pohon jenis trembesi ini diduga tumbang akibat sudah berusia tua dan terjadi lapuk.

  • Kebakaran Hutan 2015 Timbulkan Kerugian Rp 220 Triliun

    12 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, kasus kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada 2015 lalu telah membuat pemerintah pontang-panting dan melakukan segala cara

  • Gelar Uji Petik, Kadishub Batubara Sahala Nainggolan : Langgar Aturan, Pengendara Ditindak

    11 bulan lalu

    Batubara (Pelita Batak) : Sesuai instruksi Bupati, OK Arya Zulkarnain, Dinas Perhubungan Batubara melakukan uji petik di wilayah kerjanya. Selain menekan angka kecelakaan lalu lintas, juga bertuj

  • Banjir di Padangsidempuan, Parlindungan Purba : Tangkap Pembalak Hutan !

    10 bulan lalu

    Padangsidempuan (Pelita Batak) : Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Parlindungan Purba, SH, MM mengharapkan agar pemerintah daerah menata kembali lingkungan. Hal ini sekaitan bencana banjir

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet