• Home
  • News
  • Irsan Nasution 'Adam Malik' Kota Sidimpuan
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 03 Februari 2018 18:45:00

Irsan Nasution 'Adam Malik' Kota Sidimpuan

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga
malam keakraban spontan bersama Irsan Efendi Nasution, bakal calon Wali Kota Padangsidimpuan dari jalur perseorangan (independen) yang juga mantan wartawan

Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Ratusan orang insan pers dan aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) menggelar malam keakraban  spontan bersama Irsan Efendi Nasution, bakal calon Wali Kota Padangsidimpuan dari jalur perseorangan (independen) yang juga mantan wartawan, Jumat 2 Februari 2018 malam.

Bertempat di Cafe Bayu Sigring-giring, insan pers dan aktifis LSM menginginkan Irsan Efendi Nasution mengikuti jejak Adam Malik Batubara yang merupakan seorang mantan wartawan dan menjadi Wakil Presiden ketiga Republik Indonesia.

"Perjalanan karir hidup Irsan sangat mirip dengan Adam Malik. Kita menginginkan sejarah itu terulang di Kota Padangsidimpuan," kata Ali Akbar, Tony Siregar, Victor Sinaga, Amin Nasution dan Udin Penggabean dalam sambutan mewakili pers dan LSM.

Diceritakan, usai sekolah, Adam Malik menjadi pedagang di Pematangsiantar. Kemudian merantau ke Jakarta, menjadi seorang wartawan dan bersama teman-temannya mendirikan Kantor Berita ANTARA yang sekarang menjadi lembaga kantor berita milik negara.

Irsan juga memiliki perjalanan hidup yang hampir sama persis dengan Adam Malik. Semasih duduk di bangku SMA, ia sudah berjualan koran dan aktif menulis di berbagai media. Setelah menjadi wartawan, ia pernah menjabat sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tapanuli Selatan yang kini Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

Kisah mirip lainnya ialah, selepas dari wartawan sama-sama memimpin pemuda. Adam Malik memimpin gerakan muda dan mewakili pemuda di Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) untuk menyiapkan susunan pemerintahan pasca kemerdekaan, pun begitu juga Irsan tiga periode menjadi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tapsel.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Adam Malik pernah memimpin partai politik dan kemudian menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari hasil Pemilihan Umum. Irsan juga menjadi Ketua Partai Golkar dan lewat Pilcaleg tahun 2014 kemarin terpilih menjadi anggota DPRD Kota Padangsidimpuan.

Tinggal satu jejak yang belum terikuti dan saat ini sedang berproses, yakni menjadi bagian penentu kebijakan di birokrasi pemerintahan.

Adam Malik pernah menjadi pimpinan negara dengan jabatan sebagai Wakil Presiden. Sedangkan Irsan saat ini masih bakal calon Wali Kota Padangsidimpuan, yang akan berkontestasi di Pilkada serentak tahun 2018

"Kita dari kalangan insan pers dan aktivis LSM di Kota Padangsidimpuan, sangat mendukung Irsan mengikuti jejak Adam Malik Batubara. Yakni menjadi penentu di birokrasi pemerintahan," tegas mereka.

Menanggapi ini, Irsan Efendi Nasution sangat berterimakasih dan terharu. Karena sama sekali tidak pernah membayangkan dirinya akan menerima dukungan dari pers dan LSM di Kota Padangsidimpuan. Apalagi sudah begitu lama ia meninggalkan aktifitas jurnalistik dan 'dunia' lapangan.

"Dukungan saudaraku semua semakin menyemangati kami bersama abangda Arwin Siregar untuk wujudkan kota yang berkarakter, bersih, aman sejahtera atau Sidimpuan BERSINAR," ujar Irsan.(Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Irsan Efendi Nasution Kembali Pimpin DPD Partai Golkar Padangsidimpuan

    2 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Irsan Efendi Nasution terpilih kembali secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kota Padangsidimpuan periode 2018-2023. Terpilihnya Irsa

  • Bersama YSKI, Pemko Medan Beri Makanan Tambahan dan Pantau Gizi Balita

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pemerintah kota Medan melalui Dinas Kesehatan Kota Medan dan kerjasama dengan Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) memberikan makanan tambahan kepada 1000 balita usia&nbs

  • Keluarga Pasien RSUD Pirngadi Ngadu Sambil Menangis

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Dihari pertama  kerja ditahun 2018, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi langsung  melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD

  • Pascapembunuhan di Medan Barat, Menteri Sosial Jenguk Kinara

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa yang didampingi oleh Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution berkunjung ke Rumah Sakit Adam Malik Medan untuk melihat kondisi Kina

  • Akhyar Nasution Sematkan Ulos Kepada Wakapolrestabes Medan

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution S Msi, memberikan cenderamata kepada Wakapolrestabes yang lama AKBP Mahedi Surindra pada Malam Pisah Sambut Wakapolrestabes Medan d

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet