• Home
  • News
  • Irsan-Arwin Akan Kembangkan Lubuk Larangan
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 20 Juni 2018 22:05:00

Irsan-Arwin Akan Kembangkan Lubuk Larangan

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga
Para pendukung
Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Jika diamanahkan rakyat memimpin Kota Padangsidimpuan, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota nomor urut tiga (No.3) Irsan Efendi Nasution dan Arwin Siregar akan budidaya lubuk larangan.

"Lubuk larangan memiliki banyak fungsi bagi masyarakat. Kami akan kembangkan budaya kearifan lokal ini di setiap desa dan kelurahan," ujar Irsan saat membuka Lubuk Larangan Saroha di Kel. Panyanggar, Kec. Sidimpuan Utara, Senin 28 Juni 2018.

Kota Padangsidimpuan memiliki banyak bentangan sungai dan parit besar. Potensi sumber daya alam ini sangat mendukung bagi program pengembangan lubuk larangan di setiap desa dan kelurahan.

Lubuk larangan juga mampu mempertahankan biota air yang mendukung keberlangsungan hidup manusia dan ekosistem lainnya di Padangsidimpuan. Untuk memenuhi kebutuhan air lubuk larangan, hutan dan alam sepanjang aliran dan hulu sungai harus lestari.

"Kota ini dikelilingi wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan. Maka untuk mempertahankan kelestarian hutan dan alam di hulu sungai, kita jalin kerjasama dengan Pemkab Tapsel, TNI, Polri dan stake holder lainnya," jelas Irsan.

Manfaat lain pengembangan lubuk larangan, sebut calon Wali Kota Sidimpuan No.3, adalah lestarinya keberagaman ikan. Masyarakat dapat memanfaatkan ragam jenis ikan sebagai pendukung pengetahuan dan mengkonsumsinya untuk memenuhi protein tubuh.

Irsan dan Arwin benar-benar sangat mendukung pengembangan lubuk larangan di setiap desa dan kelurahan. Karena selain mempertahankan kelestarian alam, juga mampu membangun kebersamaan di tengah masyarakat.

"Jika masyarakat sudah kompak, maka program membangun Padangsidimpuan menjadi Kota Bersinar akan semakin mudah dan cepat terwujud. Karena itulah kami peduli pada pengembangan lubuk larangan," tegas Irsan.

Ketua Lubuk Larangan Saroha Kel. Panyanggar, Porang Harahap, bersama pengurus seperti Bahori Harahap, Udin Harahap, Purba Lubis, Koling Nasution, Manahan Harahap, Gusri Siregar dan lainnya, sangat mendukung program Irsan-Arwin terkait lubuk larangan.

Di Panyanggar, katanya, ada tiga lubuk larangan. Budaya warisan leluhur itu sempat hilang atau tidak digalakkan dalam waktu cukup lama. Irsan dan Arwin telah membuka cakrawala berpikir mereka akan banyaknya manfaat lubuk larangan.

"Kami mendukung program pengembangan lubuk larangan disetiap kelurahan dan desa. Selain memperkuat kebersamaan masyarakat juga menjaga kelestarian alam. Bagaimana mewujudkannya ? Kami siap menangkan Irsan-Arwin di Pilkada Padangsidimpuan," tegas mereka. (Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Maju di Pilkada Kota Padangsidimpuan, Irsan Effendi Nasution Mohon Doa dan Dukungan Keluarga

    6 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Sebagai kontestan yang akan mengikuti Pilkada Kota Padangsidimpuan Tahun 2018, Irsan Effendi Nasution meminta restu, doa serta dukungan keluarga besarnya serta masyara

  • Empat Bakal Calon Walikota Mendaftar ke KPU Kota Padangsidimpuan

    6 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Pasangan Bakal Calon Walikota Sidimpuan, H Rusydi Nasution STP MM dan Drs H Abdul Rosad Lubis MM mendaftar pada hari terakhir ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU

  • Tiga Paslon Kontestan Pilkada Kota Padangsidimpuan 2018

    5 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Melalui Rapat Pleno Terbuka di solo Godang demokrasi, Senin  12 Februari 2018, KPU Kota Padangsidimpuan menetapkan tiga pasangan calon yang akan berkompetisi dala

  • Sihar Janji Benahi Lingkungan dengan Pemanfaatan dan Pengendalian Ruang

    satu bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Calon Wakil Gubernur Cawagub Sumatera Utara Sumut Sihar Sitorus berjanji akan membenahi lingkungan di Sumut dengan mempertimbangkan aspek yang mempengaruhi tatanan sosial dan kehi

  • Irsan Nasution 'Adam Malik' Kota Sidimpuan

    6 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Ratusan orang insan pers dan aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) menggelar malam keakraban  spontan bersama Irsan Efendi Nasution, bakal calon Wali Kota Pada

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet