• Home
  • News
  • Ini Penjelasan Soal Honor Guru Tidak Tetap Dan Non PNS
KSP Makmur Mandiri
Senin, 18 Desember 2017 14:32:00

Ini Penjelasan Soal Honor Guru Tidak Tetap Dan Non PNS

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Simalungun (Pelita Batak):
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyerahkan Surat Keputusan (SK) penugasan untuk ribuan guru tidak tetap (GTT)/non PNS Serdang Bedagai dan Simalungun, Sabtu (16/12/2017). Para tenaga pengajar itu pun diminta menyiapkan siswa dalam hadapi tantangan globalisasi.

"Sebagaimana kita tahu, tantangan untuk generasi muda ke depan semakin berat. Apalagi saat ini era globalisasi, perdagangan bebas menuntut kita semua mampu berkompetisi terutama soal kemampuan. Itu bisa dipersiapkan tentunya melalui pendidikan yang berkualitas yang diajarkan para guru kita," ujar Tengku Erry.

Erry meyakinkan, pada tahun mendatang keberadaan GTT SMA/SMK yang sejak awal 2017 menjadi kewenangan pemerintah provinsi, akan diberikan honor sesuai haknya. Meskipun diakui, untuk tahun ini hanya 6 bulan yang dapat ditanggung, karena kendala regulasi. Sehingga hal itu dapat diakomodir melalui Perubahan APBD 2017.

"Memang tahun lalu, GTT hanya menerima honor untuk 6 bulan. Namun untuk tahun depan (2018), kita sudah tampung di APBD, jadi guru honor akan terima gaji setiap bulan, penuh selama setahun," sebut Erry.

Dalam penyerahan sekitar hampir 3ribu SK GTT/Non PNS untuk daerah Sergai, Tebing Tinggi, Siantar dan Simalungun itu, Gubernur pun berpesan kepada para kepala sekolah dan guru yang hadir agar mengedepankan kualitas peserta didik. Pasalnya saat ini era perdagangan bebas, persaingan semakin terbuka, baik dari segi perekonomian maupun kebutuhan sumber daya manusia. Dengan demikian, kesungguhan para guru menjadikan anak didik berkualitas, menjadi sangat penting.

"Saat ini kita tahu, dengan sistem penerimaan siswa baru (PPDB) secara online, banyak siswa tidak mampu bisa masuk ke sekolah yang dahulu dikategorikan favorit. Tidak ada lagi titipan dari orang tertentu, sehingga mereka yang kurang mampu tetapi berprestasi, akan mendapatkan kesempatan yang sama," ucap Erry.

Namun dirinya mengingatkan agar sekolah tidak membebani siswa atau orang tua siswa yang kurang mampu, dengan biaya-biaya yang menyulitkan. Sebab dengan adanya Bantuan Operasional Sekolah (BOS), harusnya siswa berprestasi dan kurang mampu bisa terbantu melalui program tersebut.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada guru yang diberi tugas (GTT) di Sumut. Dan penyerahan ini akan kita lakukan untuk semua UPT Disdik di seluruh daerah di Sumut," kata Erry.

Sementara Kadisdik Sumut Arsyad Lubis menyebutkan, selain penyerahan SK penugasan GTT, pihaknya juga menyerahkan SK kenaikan pangkat untuk guru ASN di seluruh UPT Disdik se-Sumut. Dirinya berharap kedepan, sistem pendidikan baik PPDB maupun online bisa berjalan lebih baik lagi.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Perantau Mendukung dan Mengajak Warga Muara Memilih JTP FRENDS

    2 bulan lalu

    Laporan Jeje TobingSabtu 26 Mei 2018, bertempat di Desa Unte Mungkur: JTP FRENDS untuk kesekian kalinya  melakukan pertemuan dengan ratusan masyarakat warga Kecamatan Muara,Pasangan Calon Bupati

  • Ini isi Lengkap Nota Keberatan Ahok di Pengadilan

    2 tahun lalu

    Jakarta Pelita Batak): Bapak Ketua Majelis Hakim, dan Anggota Majelis Hakim yang saya muliakan, Sdr. Jaksa Penuntut Umum yang saya hormati, Penasihat Hukum dan Para Hadirin yang saya hormati, &

  • Menelusuri Liku-liku Jalan di Bonapasogit dan Merajut Semangat Leluhur

    tahun lalu

    Pulang ke kampung saya, Sigolang di lereng pebukitan Bukit Barisan di deretan Tapanuli Selatan sangat berkesan. Keberangkatan kali ini, diawali dihari Kamis, tanggal 27 April 2017 dengan bangun san

  • Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing Bina Pelayan HKBP Se-Ressort Kramat Jati

    tahun lalu

      Laporan: Pdt Alter Pernando Siahaan    Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing : "Tindakan dan praktek mengikutsertakan anak dalam proses pendidikan adalah suatu u

  • Tulisan Kedua: Menyambut Seminar Ekklesiologi HKBP - Komisi Teologi HKBP Menuju Sebuah Gereja Pendeta?

    tahun lalu

    Oleh: Ephorus Emeritus HKBP Pdt. Dr.  J.R. Hutauruk   Paparan ini merupakan lanjutan dari paparan terdahulu yang telah terkirim kepada Komisi Teologi HKBP via email, 17 April lalu

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet