• Home
  • News
  • Ide Kreatif, Parlindungan Purba Apresiasi Kuliner Bolu Salak Kenanga Padangsidempuan
Senin, 12 Maret 2018 12:05:00

Ide Kreatif, Parlindungan Purba Apresiasi Kuliner Bolu Salak Kenanga Padangsidempuan

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Parlindungan Purba MM berbincang tentang UKM dengan Ali Muda Siregar
Medan (Pelita Batak):
Sumatera Utara terkenal dengan wisata kulinernya. Berbagai jenis dan kelas kuliner ada di daerah ini. Kini di tangan Pengusaha UKM Ali Muda Siregar telah berhasil memberikan cita rasa baru kuliner Sumut dengan Bolu Salak Kenanga miliknya. Sejak akhir 2017 sudah bisa dinikmati di Padangsidempuan, dalam waktu dekat akan mencoba meramaikan pasar kuliner di ibu kota provinsi, Medan.

Seperti dikatakan Ali Muda Siregar jika selama ini, salak manis yang menjadi oleh-oleh khas Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) hanya dinikmati dalam bentuk salak dan manisan kini sudah disajikan dalam bentuk bolu. "Kita masih baru mulai, namun kita ingin menyambut program pengembangan Danau Toba. Pemerintah kini fokus di pariwisata, kita dukung dari sisi yang lain yang bisa dilakukan masyarakat dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat," ujar Ali Muda Siregar di Bandara Kualanamu Internasional, Senin (12/3/2018).

Wilayah Tabagsel menurut Ali Muda Siregar saat ini masih minim dari sisi pariwisata. Juga kawasan industri tidak ada, sehingga perlu digalakkan kreativitas masyarakat yang dapat menunjang pertumbuha  ekonomi. Kini, Ali Muda uang juga aktif di dunia UKM telah memiliki jaringan sekitar 20 UKM binaan.

Untuk bolu salak miliknya, juga dibuat olahan berbahan salak untuk selai, es krim dan berbagai makanan ringan lainnya. "Kita sangat bangga, masyarakat menyambut baik kegiatan kita ini," ujarnya seraya mengatakan ia juga aktif memasarkan batik lokal seperti batik mandailing.

Menanggapi ide kreatif ini, Anggota DPD RI Parlindungan Purba SH MM mengapresiasi dan mendukung ide kreatif pengusaha UKM Sumut Ali Muda Siregar. Ia pun bersedia melakukan kerjasama untuk pengembangan kegiatan UKM tersebut. 

"Kita bangga ya, banyak produk pertanian kita bisa dikembangkan jadi oleh-oleh kuliner di Sumut. Kita memang harus siap ke depan, karena mau tidak mau dampak pengembangan kawasan Danau Toba oleh pemerintahan presiden Joko widodo akan memberikan dampak luar biasa bagi Sumatera Utara," ujar Parlindungan Purba yang bertemu dengan Ali Muda Siregar di Bandara KNIA.

Pendampingan UKM oleh pemerintah menurut Parlindungan sangat dibutuhkan, karena menyangkut pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Parlindungan sangat mengapresiasi para pengusaha UKM lokal yang mau mengembangkan potensi-potensi di Sumatera Utara. Bahkan ia turut mengajak warga Sumut bahkan Indonesia untuk turut mendorong ide-ide kreatif.

Untuk informasi bolu salak bisa dicek di akunt instagram @bolusalak.kenanga. (TAp)
  BeritaTerkait
  • Akhyar Nasution dan Parlindungan Purba di Penutupan Christmas Season XII Tahun 2016

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Walikota Medan, Ir. Akhyar Nasution, M.Si secara resmi menutup puncak perhelatan Christmas Season ke XII Tahun 2016 Sabtu (10/12) malam di Taman Teladan Medan. Mengenakan kemeja biru dan jaket hitam, Wakil Walikota Medan tamp

  • Bersama Parlindungan Purba, Gubernur Ingin Masyarakat yang Tinggal Dipinggir DAS di Sidempuan Didata

    tahun lalu

    Padangsidempuan (Pelita Batak) : Sebelum bertolak ke Medan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bersama Wali Kota Padang Sidempuan Andar Amin Harahap meninjau posko penampungan dan

  • Dr RE Nainggolan MM Apresiasi Sistem Manajemen GBI Medan Plaza

    10 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gereja Bethel Indonesia (GBI) Medan Plaza genap berusia 24 tahun, 25 Juli 2017. Acara syukuran dilaksanakan di lantai bawah Rumah Persembahan, Selasa (25/7). Dirangkai dengan per

  • Ribuan Masyarakat Hadiri Syukuran Tahun Baru 2018 di Bukit Inspirasi Doloksanggul

    4 bulan lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Ribuan masyarakat dari berbagai elemen hadiri acara syukuran tahun baru 2018 yang dilaksanakan di Perkantoran Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat 12 Januar

  • Gali Potensi, USM Indonesia Gelar Diskusi Digital Preneur

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM-Indonesia) yang kini terus ikut berlomba di dunia pendidikan tinggi di Indonesia terus berbenah diri. Mampu memberikan kontribusi bagi duni

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet