• Home
  • News
  • INSANO Ajak Ketua RT/RW Lakukan Pencegahan Bahaya Narkoba
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 22 April 2018 08:37:00

INSANO Ajak Ketua RT/RW Lakukan Pencegahan Bahaya Narkoba

BAGIKAN:
Ist
Sismanu,Ketua Umum INSANO

Bogor(Pelita Batak): "Masyarakat mempunyai Hak dan Tanggungjawab" seluas luasnya dalam upaya melakukan Pencegahan, Pemberantasan, Peyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Itulah maksud yang terkandung pada BAB XIII Peran Serta Masyarakat Undang undang No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Jika undang-undang tersebut diatas disosialisasikan sebagaimana mestinya sejak dibuat, negara tidak seperti sekarang ini, gonjang ganjing kebanjiran narkoba kiriman dari negara asing, rakyatnya tidak bisa berbuat apa apa, acuh tak acuh terkesan tidak memiliki rasa nasionalisme sebagai anak bangsa.

Rakyat tidak bisa berbuat apa apa karena rakyat tidak pernah mengetahui bahwa sesungguhnya masyarakat/rakyat memiliki hak dan tanggungjawab sebagaimana yang diamanatkan undang undang dituntut untuk ikut berperan aktif dalam menyelamatkan anak bangsa dari bahaya narkoba.

Sehebat apapun senjata yang dimiliki pemerintah dalam melakukan kegiatan P4GN, jika masyarakat/rakyatnya tidak diberikan kepercayaan untuk ikut dalam penanggulangan bahaya narkoba akan sia-sia.

Seharusnya pemerintah melibatkan masyarakat sejak dini, sehingga ketika negara dalam keadaan darurat seperti sekarang ini, rakyat bisa diajak bersama sama menjadikan narkoba musuh bersama. Bagaimana narkoba bisa dijadikan musuh bersama jika pemerintah tidak pernah menyampaikan hak dan tanggungjawab yang harus diemban oleh rakyat Indonesia.

Demikian pemaparan Sismanu, Ketua Umum Indonesia (INSANO) pada acara Sarasehan RW 06 Utan Kayu Selatan Matraman Jakarta Timur yang dilaksanakan dikawasan Puncak Bogor Sabtu dan Minggu, 21- 22 April 2018.

Usai memberikan sosialisasi kepada 150 Pengurus RT, RW, PKK, Karang Taruna dan unsur lembaga lembaga yang ada dilingkungan RW 06 Utan Kayu Selatan, Sismanu menyerahkan Benner/Leaflet yang terbuat dari bahan spanduk yang sudah dibingkai diserahkan secara simbolis kepada Ketua RW 06 H. Aris Widodo, Ketua RT 009/06 Sriyanto serta ketua RT 007/06 Sudarsono sebagai perwakilan RT.

Leaflet/Banner bertuliskan BAB XIII Peran Serta Masyarakat UU No 35 Tahun  2009 tentang Narkotika kepada para Ketua RT dan RW yang di dalamnya terpasang foto Ketua RW dan para Ketua RT, diharapkan selain untuk memberikan motivasi agar dengan suka rela dan iklas dalam kegiatan sosial ini juga sebagai dasar hukum dalam melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga Negara yang peduli terhadap keutuhan generasi anak bangsa dari ancaman bahaya narkoba.

Dengan diserahkan benner tersebut, juga sebagai tanda dimulainya INSANO melaksanakan Program Nasionalnya "Gerakan Bersatu Bersama Ketua RT/RW Melawan Narkoba".

Ke depan diharapkan, tidak hanya menampilkan foto para Ketua RT dan RW saja, akan tetapi foto para stake holder lainnya dari berbagai tingkatan dan institusi di seluruh Indonesia. Masyarakat di tingkat RT dan RW paling tau  seluk beluk masyarakat di wilayahnya (ril).

  BeritaTerkait
  • Tingkatkan Peran Masyarakat Dalam P4GN: FOKAN, BNN dan Kemendikbud Gelar Pelatihan Pemberdayaan Parenting Skill

    tahun lalu

    Penulis: Priyono ST   Tingkatkan Peran Masyarakat Dalam P4GN, FOKAN, BNN Dan Kemendikbud Gelar Pelatihan Pemberdayaan Parenting Skill Menuju Keluarga Sejahtera.Makin banyaknya penemuan

  • Darurat Narkoba, BNN dan KPID Sumut ajak Lembaga Penyiaran Turut Kampanyekan Pencegahan Bahaya Narkoba

    tahun lalu

    Medan (Pelits Batak):Lembaga penyiaran di Sumut diharapkan turut mengkampanyekan upaya edukasi pencegahan bahaya penggunaan narkoba. Saat ini, dari 14 juta penduduk Sumut menurut data sekitar 350 ribu

  • Jefry Tambayong Kandidat Kuat Sekjen Presnas Fokan

    8 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Forum Organisasi Kemasyarakatan Anti Narkoba (FOKAN) merupakan wadah berhimpun organisasi Anti Narkoba yang ada di Indonesia. Kini usianya telah memasuki tahun ke 5. FOKAN Lah

  • Mubes Pertama Presidium Nasional (Presnan) FOKAN Dilaksanakan DI BNN CAWANG

    7 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Mubes Pertama (Ke-1) Presnas FOKAN dilaksanakan selama 2 hari, Jumat dan Sabtu, 04-05 Mei 2018 di BNN Cawang. Sismanu anggota Presidium yang juga Ketua Umum INSANO, sebagai Ketu

  • Kunjungi Sumut, Iriana Jokowi Menortor Bersama Anak-anak PAUD

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama ibu Mufidah Jusuf Kalla mengunjungi Kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan Provinsi Sumatera Utara dengan sejumlah rangkaian kegiatan, Rabu (2/11).

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb