• Home
  • News
  • Husni Apresiasi, Pelaku Pencurian Kabel LPJU Tertangkap di Belawan
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 08 November 2018 14:34:00

Husni Apresiasi, Pelaku Pencurian Kabel LPJU Tertangkap di Belawan

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Pelaku pencurian kabel Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) kembali tertangkap ketika tengah beraksi di Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Rabu (7/11) malam. Ketika itu pelaku yang mengaku bernama Ibrahim alias Baim bersama sembilan rekannya sedang mencuri kabel milik PT Telkom. Namun sembilan rekan Baim berhasil lolos, kini Baim diamankan di Koramil Belawan.

Meski malam iktu yang dicuri kabel milik PT Telkom namun Baim ketika diintrogasi petugas Koramil Belawan mengaku, sebelum tertangkap tangan mencuri kabel telepon, ia bersama sembilan rekannya masing-masing bernama Kimung, Leman, Susanto, Arif, Joko, Poji, Tono, Asril dan Putra Ateng  telah mencuri kabel LPJU di jembatan Sungai Deli.

Tidak hanya kabel LPJU, Baim mengaku mereka juga telah mencuri tiangnya. Akibat ulah mereka, kawasan jembatan menjadi gelap gulita. Di samping itu sisa kabel LPJU bekas potongan rentan bahaya karena masih dialiri listrik. Oleh karenanya Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan yang berwenang menangani LPJU langsung turun untuk menanganinya.

Berdasarkan inforemasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, penangkapan Baim dilakukan Kepala Lingkungan (Kepling) 1 dan 2 Kelurahan Belawan Bahari. Malam itu kedua kepling melihat gelagat dan tindak tanduk Baim beserta kesembilan temannya. Setelah diperhatikan dengan seksama, Baim cs ternyata tengah mencuri kabel telepon.

Kedua kepling langsung bertindak dan menghentikan aksi Baim dan kesembilan temannya. Hanya saja kesembilan teman berhasil kabur, sedangkan Baim bernasib apes sehingga berhasil diamankan. Oleh kedua kepling, Baim kemudian dibawa ke Kantor Koramil Belawan. Ketika diintrogasi, Baim menyebutkan identitas kesembilan rekannya.

"Untuk sementara Baim ditahan di Kantor Koramil Belawan. Setelah sembilan rekannya yang telah diketahui identitas dan alamatnya masing-masing, barulah mereka kita serahkan kepada pihak kepolisian," kata Kepling Lingkungan 1 & 2.

Atas penangkapan kembali pelaku pencurian kabel LPJU, Kadis Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan HM Husni kembali menyampaikan ucapan terima kasih dan presiasi setinggi-tingginya. Dikatakan Husni, penangkapan yang dilakukan kedua kepling beserta warga  merupakan bentuk wujud kepedulian warga.

"Artinya kepedulian warga saat ini mulai tumbuh, mereka sadar tanpa kepedulian dan dukungan mereka pembangunan yang dilakukan saat ini akan sia-sia. Kita harapkan peristiwa ini menjadi stimulus bagi warga lainnya untuk ikut mendukung dan menjaga hasil pembangunan yang telah selesaidilakukan, termasuk kabel ddan tiang LPJU yang telah didirikan untuk menenrangi kawasan tersebut," ungkap Husni.

Selanjutnya, mantan Kadispenda Kota Medan mengungkapkan, di tengah maraknya pencurian kabel LPJU,  seluruh jajaran Dinas Kebersihan dan Pertamanan terus melakukan perbaikan terhadap LPJU yang padam. Selain untuk membuat estetika Kota Medan lebih menarik dan terang pada malam hari, juga sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan.

"Sekali lagi saya sampaikan, upaya ini tidak akan berhasil tanpa dukungan seluruh lapisan masyarakat. Atas dukungan dan kepedulian warga yang semakin tumbuh untuk mendukung pembangunan Kota Medan, saya ucapkan terima kasih. Jika semua warga peduli, insya Allah kasus pencurian kabel LPJU dapat diatasi," ujarnya optimis. (H|TAp)
  BeritaTerkait
  • Husni Apresiasi Penangkapan Pelaku Pencuri Kabel Lampu Jalan

    2 minggu lalu

    Medan (Pelita Batak):Aksi nekat  dilakukan seorang pria bernanama Jon Parudi (47). Pria  asal Tanah Merah, Binjai itu tertangkap tangan sedang mencuri kabel lampu jalan di Jalan TB Simatupan

  • Panduan untuk Berbelanja yang Aman di Hari Libur Menjelang 2017

    2 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): Kita akan segera memasuki musim membeli holiday gift. Toko-toko sudah memenuhi stoknya dengan banyak sekali perangkat terhubung yang wajib dimiliki, dimulai dari aksesoris dan

  • Kepergok Curi Sepeda Motor, Warga Binjai Diserahkan ke Polisi

    2 tahun lalu

    Langkat (Pelita Batak): Seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) berhasil dibekuk polisi setelah tertangkap tangan mencuri sepeda motor  di lokasi perladangan  Jalan DI Panj

  • Artis Narkotika dan Hak Asasi Manusia

    9 bulan lalu

    Oleh: DR Anang Iskandar, SIK, SH, MH.Dosen Trisakti KA BNN 2012 -2015. KABARESKRIM 2015-2016 Banyak artis terkenal yang bermasalah dengan narkotika , sebut saja  Whitney Houston , Micha

  • HUT ke-72 Bhayangkara Dirayakan di Polres Humbang Hasundutan

    4 bulan lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): HUT ke-72 Bhayangkara dirayakan di Polres Humbang Hasundutan dengan inspektur upacara Kapolres Humbahas AKBP DR Dayan, Rabu 11 Juli 2018.Amanat Presiden RI Ir Joko Widodo

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb