• Home
  • News
  • Hore.....Kereta Api Bakal Ada di Parapat Danau Toba Tahun 2018
Kamis, 06 April 2017 08:35:00

Hore.....Kereta Api Bakal Ada di Parapat Danau Toba Tahun 2018

BAGIKAN:
Ist
Rel kereta api
Jakarta(Pelita Batak): Dalam waktu dekat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun jalur kereta api baru ke Parapat. Pembangunan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya pemerintah memperbanyak akses ke sektor wisata Danau Toba.
 
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengungkapkan jalur kereta baru tersebut bisa dimulai pembangunannya pada tahun depan, dan paling cepat bisa selesai tersabung dari Stasiun Medan ke Danau Toba pada tahun 2019.
 
"Itu paling cepat 2019, kalau dari Siantar ke Toba kan 30 km ya, tahun depan mulai. Sementara dari Medan ke Siantar sudah ada (rel kereta)," kata Budi kepada detikFinance ditemui di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Rabu 5 April 2017.
 
Untuk mempercepat pembangunan jalur kereta baru dari Siantar ke Danau Toba tersebut, lanjutnya, proyek tersebut akan dimasukkan sebagai proyek strategis nasional pada tahun depan. Studi kelayakannya pun sebenarnya sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.
 
"Sudah pernah studi klayakan, tapi firm kita yang sudah dibangun pemerintah yakni tetapkan Toba jadi destinasi wisata, kita bangun beberapa jalur baru di Sumatera Utara. Ada yang bangun baru ada yang pakai jalur yang sudah ada," jelasnya.
 
Dia menuturkan, dengan akses via kereta api ke Danau Toba, pariwisata dan mobilitas masyarakat di Sumatera Utara akan semakin berkembang pesat. Kereta api bisa jadi primadona moda transportasi ke kawasan tersebut.
 
Apalagi, jalur kereta tersebut akan tersambung dengan jaringan kereta api yang lainnya seperti ke Belawan, bahkan akan disambung lagi hingga ke Aceh dalam beberapa tahun mendatang.
 
"Pakai kereta api ke Toba kan mengasyikkan, ada warna sendiri. Bisa berhenti di beberapa tempat, secara ekonomi juga bagus, selain ke Toba, saat ini buat kereta api dari Medan bagus, apalagi ke Kuala Tanjung orang juga bisa pergi pakai kereta ke Belawan
 
Selama ini, menurut Budi, banyak masyarakat yang lalu lalang dari Belawan untuk kemudian menyeberang ke Batam atau sebaliknya. Akses kereta ke Belawan yang tersambung hingga Toba tentu akan menggairakan pergerakan logistik dan manusia di kawasan itu.
 
"Orang dari Aceh datang ke Belawan naik kereta bisa kemana saja, bisa naik kereta sampai Toba, atau toba ke Belawan, kan dari Belawan bisa ke Batam. Dalam waktu dekat dari Medan-Kualanamu bisa ke Toba, jadi orang nanti bisa wisata ke Danau Toba bisa dikunjungi selain pesawat juga dengan kereta api," pungkas Budi.(R2/detikfinance)
  BeritaTerkait
  • Gubsu dan 3 Menteri Tinjau Jalan Tol Di Tebing Tinggi

    satu bulan lalu

    Tebingtinggi (Pelita Batak):Dalam kunjungan kerja di Sumatera Utara, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PU PR Basuki Hadimuldjono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Sumut

  • Baru Dua Bulan Bertugas, Dubes Xiao Qian Temui Tengku Erry

    3 minggu lalu

    Medan (Pelita Batak):Baru saja ditugaskan selama dua bulan di Indonesia, Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok (China) untuk Indonesia, Mr Xiao Qian menemui Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry N

  • Malam Ini Tokoh Sumut Bareng Menpar Arief Yahya Launching Calendar of Event Pariwisata Danau Toba 2017

    11 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Bagi yang kangen musik tradisional Batak? Kangen dengan suasana kampung halaman di Sumatera Utara? Ada baiknya menyimak acara di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pes

  • Audensi PP GMKI dengan Presiden Joko Widodo

    7 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia memberikan dukungan terkait sikap pemerintah yang tegas dalam menanam nilai-nilai Pancasila yang telah dilakukan oleh Preside

  • 15 Menit KIDUNG NATAL 2017 di Siborongborong Kembali Digelar, Jalan Ditutup dan Listrik Dipadamkan

    2 bulan lalu

    Siborongborong(Pelita Batak): "Pada saat Natal, Senin 25 Desember 2017 malam, di Siborongborong bakal kembali meriah dan khidmat merayakan Kelahiran Yesus Kristus dengan mengumandangkan 15 Menit Kidun

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet