• Home
  • News
  • Hari Koperasi di Medan: Jadikan Medan Kota Koperasi
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 24 Agustus 2016 18:35:00

Hari Koperasi di Medan: Jadikan Medan Kota Koperasi

BAGIKAN:
Pelita Batak:

Pelaku koperasi adalah sumber daya berkualitas yang sangat mendukung perkembangan perekonomian rakyat di Kota Medan. Pemko Medan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelaku koperasi yang sudah bekerja dengan hati demi pertumbuhan ekonomi dan perkoperasian di ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi ketika menghadiri  acara peringatan Hari Koperasi Nasional ke -69 tingkat Kota Medan di UMKM Centre Jalan Jamin Ginting Medan, Rabu (24/8/2016).

Di usia yang ke 69 tahun ini, Eldin mengatakan banyak koperasi yang telah maju dan dapat memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat sekitarnya. Artinya koperasi - koperasi tersebut memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja dan pemerataan pendapat, sehingga tingkat kesenjangan atau ketimpangan ekonomi dapat dikurangi.

Meski demikian Eldin mengakui masih banyak juga koperasi yang belum berhasil dan memiliki permasalahn intern. Di samping itu juga kesulitan miodal maupun persoalan organisasional lainnya. Kemudian  masih banyak pula anggapan negatif dan pandangan pesimis sebagian masyarakat terhadap peran dan fungsi koperasi.

"Semua ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi untuk mewujudkan amanat UUD 1945 pasal 33 yakni perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan. Untuk itu tema Hari Koperasi tahun ini yaitu “Reformasi koperasi Mewujudkan Ekonomi Berdikari” sangat strategis dan relevan untuk memajukan koperasi,” kata Wali Kota.

Selanjutnya kata Eldin lagi, diperlukan tindakan kongkrit untuk reformasi koperasi secara total, baik dalam cara pandang maupun dalam mengelola koperaasi secara baik dan benar, sehingga kehidupan perkoperasian  akan terus mengalami kemajuan dan kejayaan, sekaligus dapat memberikan kontribusi yang besar dalam membangun perekonomian bangsa dan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh anggotanya.

“Saya pesankan, koperasi merupakan bangun usaha yang diatur secara konstitusional. Oleh karena itu saya berharap dengan spirit peringatan Hari koperasi tahun ini, saya mengajak kita semua untuk menjadikan Medan sebagai Kota Koperasi. Kita harus bisa menunjukkan bahwa koperasi juga bisa kompetitif seperti hanya bangun usaha lainnya,” ungkapnya.

Guna mewujudkan keinginan itu, Eldin minta seluruh pembina, pengurus , pengelola dans eluruhn anggota koperasi untuk berpartisipasi dalam reformasi total koperasi sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Arjuna Sembiring menjelaskan peringatan Hari koperasi ke 69 tingkat Kota Medan ini bertujuan untuk memberikan dan menginformasikan kepada masyarakat tentang perkoperasian. Selain itu memberikan motivasi dan penolakan terhadap kemajuan koperasi di Kota Medan dan untuk bertukar informasi antara perkumpulan koperasi dan Pemerintah Kota.

"Kota Medan turut berbangga karena bapak Wali Kota Medan merupakan satu - satunya kepala daerah di wilayah Sumbagut yang menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Koperasi dari Presiden RI di acara puncak Hari Koperasi Nasional di Provinsi Jambi. Penghargaan  Ini membuktikan bahwa Pemko Medan di bawah kepemimpinan Pak Dzulmi Eldin serius terhadap pembangunan koperasi dan UMKM di Kota Medan,” papar Arjuna.

Dalam peringatan Hari Koperasi tahun ini, Arjuna mengatakan  diisi beberapa kegiatan seperti senam bersama, penilaian dan pemberiaan penghargaan kepada pelaku koperasi berprestasi dan tokoh serta penggiat koperasi, penilaian UP2K tingkat kelurahan, dan peresmian Kampung Digital dan UMKM.

Peringatan ini ditandai dengan pemberian hadiah kepada para pemenang perlombaan UP2K tingkat kelurahan oleh Wali Kota. Selanjutnya Eldin didampingi Kadis Koperasi dan UMKM meresmikan Kampung Digital dan UMKM. Dengan diresmikannya Kampung digital ini diharapkan promosi produk - produk koperasi dan UMKM Kota Medan dapat lebih berkembang dengan memanfaatkan teknologi.(TAp)
  BeritaTerkait
  • PTMBB Kota Medan Gelar Seminar Kewirausahaan untuk GEMMA

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Badan Pengurus Harian Punguan Toga Manalu Boru dohot Bere (PTMBB) Kota Medan dan sekitarnya menggelar seminar sehari untuk Generasi Muda Manalu (GEMMA) tentang kewirausahaan deng

  • Kembangkan Koperasi Guna Penguatan Ekonomi Kerakyatan

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengharapkan seluruh pelaku koperasi dapat meningkatkan semangat dan inovasinya, sehingga ke depan koperasi benar-benar mampu tampil

  • Kopi Sidikalang Dipamerkan di MICF 2016

    3 tahun lalu

    Diungkapkan Akhyar, Indonesia merupakan negara terbesar ketiga penghasil kopi di dunia setelah Brazil dan Vietnam dengan produksi rata-rata sebesar 685 ribu ton per-tahun (8,9 %) Dari produksi kopi dunia. Saat ini ada 11 kopi Indonesia yang telah mempunya

  • Kunjungan 40 Peserta Diklat PIM III PNPB PPSDM Kemendagri Regional Bandung

    3 minggu lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Administrasi Umum, Renward Parapat ATD MT menyambut kunjungan peserta Diklat PIM Tingkat III PNBP Angkatan I Pusat p

  • Sigale-gale Turut Dalam Pawai Budaya Nusantara di Munas APEKSI

    3 tahun lalu

    Pemko Medan ikut Pawai Budaya Nusantara yang digelar untuk mengawali pembukaan Indonesia City Expo sebagai rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Munas APEKSI V tahun 2016 di Kota Jambi. Dengan mengusung Medan sebagai kota yang multikulural, Pemko Medan m

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb