• Home
  • News
  • Hanya Seremonial, PRSU Jadi Kalender Wisata Nasional
Minggu, 19 Maret 2017 06:34:00

Hanya Seremonial, PRSU Jadi Kalender Wisata Nasional

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Rombongan Gubernur saat meninjau paviliun di PRSU

Medan (Pelita Batak) :
Meski ajang Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang dilaksanakan setiap tahun di Tapian Daya, hanya seremonial kini masuk jadi kalender wisata nasional. Kegiatan yang kerap menjadi sorotan masyarakat ini, masih mumpuni untuk menarik perhatian pejabat di Sumut.

Seperti amatan Pelita Batak beberapa tahun yang lalu, selain tiket masuk ke kawasan pelaksanaan PRSU, tarif parkir yang mencekik juga menjadi keluhan masyarakat. Stand pameran yang ada di dalam juga masih minim produk lokal.

Jumat kemarin, (17/3/2017), gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi membuka pelaksanaan Pekan Raya Sumatera Utarà ke-46 Tahun 2017 di area PRSU Jalan Gatot Subroto Medan, Jumat (17/03/2017) malam. PRSU berlangsung hingga 17 April mendatang.

"PRSU merupakan satu-satunya pekan raya tingkat provinsi yang penyelenggaraanya berkelanjutan memuat potensi dan budaya daerah. Tahun ini PRSU masuk kalender nasional Kementerian Pariwisata yang ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata," sebut Erry dalam sambutannya.

Seperti biasa, seremoni pembukaan kegiatan ini akan dibanjiri oleh pengunjung, pasalnya ada artis dan sejumlah pejabat yang hadir. Seperti halnya, Gubernur hadir didampingi Wakilnya Nurhajizah, Sekda Provinsi Hasban Ritonga, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, serta sejumlah bupati/walikota se Sumut. Kabupaten Humbang Hasundutan yang menjadi tuan rumah pembukaan PRSU ini menampilkan kesenian khas daerah.

Menurut Erry, tiga kegiatan yang telah ditetapkan Kemenbudpar sebagai destinasi wisata bertaraf nasional di Sumut yaitu PRSU, Pesta Danau Toba dan Ramadhan Fair. Untuk itu kami berharap agar pelaksnaan PRSU lebih maksimal dan tonjolkan potensi dan kekayaan budaya dari masing- masing daerah sebagai wujud dan kesiapan PRSU sebagai miniatur Provinsi Sumut.

"Tahun lalu sudah ditandatangani kerjasama agar paviliun yang ada dibuka setiap hari dalam setahun. Karena sangat sayang kalau tempat yang strategis ini hanya dibuka setahun sekali," kata Gubernur.

Gubernur Erry juga mengapresiasi Penyelenggaraan Inotech Award yang dilaksanakan utuk kedua kali. Perlombaan inovasi teknologi  yang memperebutkan piala Gubernur itu diikuti lebih dari 100 peserta dari perguruan tinggi dan SMK. Salah satu karya peserta sudah diaplikasi pada pelaksanaan PRSU yaitu elektronik card sebagai pass masuk arena. "Terimakaasih panita telah tunjukkan komitmen kuat dalam pengembangan inovasi tepat guna,"katanya.

Ketua Yayasan PRSU Nuzirwan Lubis mengatakan pihaknya berupaya lebih maksimal dan menonjolkan kekayaan budaya sehingga PRSU dapat menjadi deskripsi miniatur Sumut. Dia menyebutkan pada pelaksanaan tahun sebelumnya, PRSU dikunjungi oleh 180 ribu pengunjung. "Diharapkan even PRSU menjadi sarana yang efektif bagi Pemkab dan Pemko untuk mensosialisasikan potensi sumberdaya daerah," katanya.

PRSU dimeriahkan dengan malam pementasan budaya daerah, karnaval kendaraan hias dari kantor Gubsu ke arena prsu. Setiap hari digelar hiburan artis dari Kita Medan  dan juga artis ibukota.

PRSU diikuti peserta dari luar provinsi​ yaitu Jawa Timur dan entrepeneur muda dari Singapura dan Thailand. Selesai acara PRSU dapat buka paviliun sepanjang tahun. PRSU tahun 2017 diikuti 333 peserta, 33 kab kota, 100 bumd, 100 ukm dan 100 kuliner. Dibandingkan tahun lalu menurut Nuzirwan terjadi kenaikan peserta hingga 20 %. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Panitia Berharap Dekranasda Sumut Turut Mendukung dan Berpartisipasi Pelestarian Ulos

    tahun lalu

    Peringatan Hari Ulos ke-2 akan diperingati 17 Oktober 2016. Panitia yang diketuai Enni Martalena Pasaribu SH meminta dukungan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumut. Selain menargetkan 17 Oktober ditetapkan sebagai agenda kalende

  • Gubernur Sumut : Bicara Fashion And Food, Sumut Gudangnya

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi resmi membuka pelaksanaan even Sumut Paten Fashion Food (SPFF) di Center Point Mall Medan, Rabu (12/04/2017).  

  • Pesta Budaya Njuah-Njuah Diharapkan Masuk Kalender Wisata Nasional

    2 bulan lalu

    Sidikalang (Pelita Batak):Pesta Budaya Njuah-Njuah yang setiap tahun digelar oleh masyarakat Kabupaten Dairi diharapkan dapat masuk menjadi salah satu kalender wisata nasional. Sebab, even ini diyakin

  • Festival Kemerdekaan Pesona Toba 2016 pada 26-27 Agustus 2016 Ditargetkan dihadiri 60 ribu Wisatawan

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak): Dua kementerian (Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Kementerian Maritim dan SDA akan menyelenggarakan Festival Kemerdekaan Pesona Toba 2016  pada 26-27 Agustus 20

  • Panitia Hari Ulos Berdiskusi dengan Prof Robert Sibarani

    tahun lalu

    Prof Dr Robert Sibarani mengapresiasi upaya yang dilakukan Komunitas Pecinta dan Pelestari Ulos untuk mengajukan 'ulos' yang telah menjadi Warisan Budaya tak Benda nasional menjadi warisan budaya dunia yang terdaftar di UNESCO. Menurut Direktur

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online