• Home
  • News
  • Hadiri Anak di Wisuda: Rektor UHN Medan Tegaskan Pendidikan Adalah Segalanya
KSP Makmur Mandiri
Senin, 15 Juli 2019 12:18:00

Hadiri Anak di Wisuda: Rektor UHN Medan Tegaskan Pendidikan Adalah Segalanya

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH bersama ibu, orang tua foto bersama setelah wisuda Mahendra Siallagan, SE dari UPN Veteran Yogyakarta
Medan (Pelita Batak):
Tidak ada yang lebih berharga daripada pendidikan, pendidikan adalah segalanya untuk membangun karakter, meraih masa depan, dan membangun peradaban bangsa. Hal itu ditegaskan oleh Rektor Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH saat menghadiri acara wisuda putranya di UPN Veteran Yogyakarta Mahendra Siallagan SE, Jumat (12/07/2019).

Bersama ibu Lusya Butarbutar SE, dan Oppung Kembar Siallagan, Rektor UHN lulusan Hukum Tata Negar S2 UNPAD Bandung dan S3 Hukum USU ini mengatakan dengan pendidikan segala kebodohan, ketertinggalan, kemiskinan dan keterkungkungan bisa kita tinggalkan.

Untuk itu, Rektor UHN Medan mengatakan supaya semua orang tua mempriorotaskan pendidikan anak sampai pada level yang paling tinggi. Rektor UHN Medan mengatakan lagi, dalam tradisi orang Batak dengan semboyan anakkon hi do hamoraon diahu tentu berdampak besar bagi kemajuan orang Batak. Orang desa pun sampai saat ini melakukan segala upaya bagaimana agar anaknya bisa sampai pada jenjang yang lebih tinggi.

Sebagai bukti, orang Batak rela berutang agar anaknya bisa sampai jadi seorang sarjana. Budaya seperti ini adalah sesuatu yang patut kita contoh. Sebagai orang tua, mmeperioritaskan sekolah anak adalah hal yang paling utama karena dengan sekolah si anak punya masa depan dan juga berdampak besar bagi kemajuan bangsa ini tegas Rektor.

Ditanya media mengenai ekspektasi bangsa ini pada Presiden Jokowi dalam periode keduanya ini, rektor UHN ini kembali menegakskan pembangunan pendidikan dalam hal ini apakah sekolah dasar menengah, atau pendidikan tinggi, vokasi harus jadi skala perioritas. Kita ahrus belajar kepada negara-negara maju seperti Korea Selatan, Singapura, Jepang, USA bahwa dengan pendidikanlah bangsa itu bisa maju.

Pendidikan adalah segalanya, hanya dengan pendidikan bangsa ini bisa mengejar, bahkan punya derajat dengan bangsa lain. Untuk itu, program utama dari pemerintahan kedepan adalah bagaimana pemerintah mampu melakukan pemetaan masalah-masalah pendidikan di negara ini serta mencarikan apa yang jadi problem solvingnya, tegas Rektor.

Saat ini dana pendidikan yang digelontorkan oleh pemerintah harus dievaluasi mengapa belum efektif dan efisien dalam meningkatkan mutu pendidikan. Fasilitas pendidikan yang baik, sistem manajemen pendidikan yang terukur, distribusi guru yang merata dan bermutu, sertifikasi guru dan dosen adalah variabel yang sangat menentukan dalam memajukan pendidikan, tegas Rektor ini lagi.

Rektor pun sangat bangga putranya Mahedra Siallagan SE bisa selesai tepat waktu. Mengenai masa depan anaknya, Rektor mengatakan sebagai ayah dan orang tua saya berikan kebebasan. Hanya saja langkah pertama sudah selesai dan harapan saya, semua orang tua harus memperioeritaskan pendidikan bagi anak-anaknya.

Pada saat yang sama, pemerintah pun harus memberikan layanan utama dan periorioritas kepada warganya, yaitu layanan pendidikan yang murah dan bermutu, tegas Rektor yang juga salah satu anggota Badan Otoritas Danau Toba (BODT) ini, dan juga salah satu unsur Ketua DPP Organda ini yang sering diminta masukan dan tanggapannya dalam hal hukum tata negara ini.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • FKIP UDA Selenggarakan Seminar Ilmiah Menjadi Guru Profesional

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Guru adalah profesi yang sangat mulia, guru juga adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang selalu mengajari dan membimbing anak didiknya tanpa lelah dan keluh kesah sehingga kita bisa

  • Wisuda 1.052 Alumni, Ketua Yayasan Universitas Darma Agung Ajak Alumni Jaga Nama Baik Almamater

    9 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya Universitas Darma Agung periode I T.A 2018/2019 mewisuda 1.052 wisudawan. Alumnus diajak menjadi mitra bagi universitas, serta turut me

  • "Hancur Demi Kawan" Prinsip yang Hanya Dimiliki Orang Batak!

    3 tahun lalu

    BUDAYA Batak memang paling beda dari budaya-budaya lain yang ada di Indonesia bahkan dunia. Mulai dari adat istiadat, kekerabatan, bahasa, kesenian, kepercayaan, serta tidak kalah juga prinsip orang Batak itu sendiri.

  • Spontanitas Bunga dan Lillin Penuh Makna Untuk Ahok

    2 tahun lalu

    Berawal  dengan karangan bunga yang penuh dengan cinta dan kasih, kemudian muncul gerakan seribu lilin untuk Ahok sebagai ungkapan yang penuh dengan cinta dan kasih atas apa yang dialami oleh

  • Menristekdikti RI Bangga dan Optimis UNPRI Menjadi PTS Terbaik di Sumatera Utara

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof H Muhammad Nasir menyebut Universitas Prima Indonesia (UNPRI) luar biasa, karena mampu membangun gedung megah

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb