• Home
  • News
  • Hadapi Pilkada Serentak 2018, Sihar : Pelaku Usaha Jangan Wait and See
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 12 Juni 2018 14:52:00

Hadapi Pilkada Serentak 2018, Sihar : Pelaku Usaha Jangan Wait and See

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Calon wakil gubernur Sumatera Utara, Sihar Sitorus memberikan penjelasan pada wawancara khusus salah satu televisi swasta di Medan, belum lama ini.
Medan (Pelita Batak):
Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus mengharapkan atmosfer Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Sumatera Utara 2018 kiranya tak berpengaruh bagi ekonomi makro.

Sihar mengatakan, tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun politik yang menjadi pertimbangan para pelaku usaha dan bisnis dan memilih langkah wait and see. Sebab, dampak Pilkada Serentak 2018 Sumatera Utara ini tak akan berdampak pada kondisi ekstrem, dengan anjloknya kondisi ekonomi.

Sihar yang juga entrepreneur sukses itu yakin, pesta demokrasi yang dihadapi saat ini, tak akan berdampak bagi ekonomi makro. "Laju pertumbuhan bisnis harus terus didorong dengan harapan memberi efek terhadap gerak ekonomi yang lebih berkualitas di masa mendatang. Tentu tujuan pesta demokrasi Pilkada tahun ini, juga memiliki tujuan terhadap ekonomi makro," jelas Sihar di Medan, Rabu (12/6/2018).

Namun, hal tersebut tentu perlu adanya langkah tepat dan jaminan yang dilakukan pemerintah dan pihak terkait lainnya, untuk memberikan kenyamanan dan kepercayaan bagi para pelaku usaha dan bisnis ini untuk tidak wait and see. "Kita semua, terutama pemerintah dan pihak terkait, harus memberikan kepercayaan dan keyakinan, yang sangat penting bagi para pelaku usaha dan bisnis ini untuk tidak wait and see. Karena Pilkada 2018 yang dihadapi saat ini dan tahun politik 2019 mendatang tidak perlu khawatir menganggu ekonomi makro," ujar pendamping Djarot Saiful Hidayat dari PDI Perjuangan dan PPP itu.

Dilansir dari berbagai sumber, Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Arief Budi Santoso, mengungkapkan, sejumlah indikator pertumbuhan ekonomi perbaikan pada triwulan II tahun ini. Pertumbuhan ini didorong oleh kegiatan dunia usaha yang semakin meningkat, meningkatnya aktivitas belanja masyarakat pada periode Ramadan hingga Lebaran serta meningkatkan konsumsi pemerintah dan masyarakat pada Pilkada Serentak 27 Juni 2018.

Ia menyebutkan, adapun risiko makro itu, antara lain sikap wait and see investor. Ini disebabkan periode Pilkada 2018 berisiko menahan realisasi investasi. Menurut dia, sikap investor ini menyebabkan laju investasi sedikit tertahan pada paruh pertama tahun ini. Hal ini menyebabkan akselerasi ekonomi juga menjadi kurang cepat.

Begitu pun, tambahnya, BI tetap optimistis, laju pertumbuhan ekonomi Sumut pada triwulan II akan tetap kencang. Hanya saja, risiko-risiko tersebut memang harus dipertimbangkan sehingga tak menimbulkan dampak yang lebih dalam terhadap perekonomian. (BCL Comm)
  BeritaTerkait
  • Gubsu Hadiri Deklarasi Lawan Politik Uang Dan Politisasi SARA Pada Pilgub Sumut

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menghadiri deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang serta Politisasi SARA pada pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumut 2018.Acara

  • Siap Menangkan DJOSS : Warga Teluk Aru Curhat Soal Nasib Mereka Sejak Kilang Minyak Tutup

    3 bulan lalu

    Langkat (Pelita Batak):Warga Teluk Aru Kabupaten Langkat mengadu ke Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus, saat bertemu, Kamis (5/4/2018) kemarin. Curhatan mereka menyang

  • Ketua Umum PGI dan Marim Purba Bahas Natal Nasional Doloksanggul di Radio Pelita Batak

    2 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Beberapa jam menjelang Perayaan Natal Nasional di Doloksanggul, Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Pdt Dr Henriette

  • Jelang Pilkada Serentak 2018, PKB Jagokan Tigor Lumbantoruan sebagai Balon Bupati Taput

    11 bulan lalu

    Taput(Pelita Batak): Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjagokan kadernya Ir Tigor Lumbantoruan sebagai bakal calon bupati (Balonbup) Kab T

  • Mahasiswa Kembali Desak Penuntasan Kasus Megakorupsi Dana Bansos Sumut

    9 bulan lalu

    Laporan David Manullang, Wartawan Pelita Batak Medan(Pelita Batak): Pimpinan PMII, GMKI, IMM dan HIMMAH Sumatera Utara kembali meminta KPK untuk menindaklanjuti kasus-kasus korupsi di Sumatera Utara.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet