• Home
  • News
  • HUT ke-73 Taput Pecahkan Rekor Muri Tari kolosal 5 Puak
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 06 Oktober 2018 06:42:00

HUT ke-73 Taput Pecahkan Rekor Muri Tari kolosal 5 Puak

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Bupati Nikson menerima rekor Muri disaksikan Wakilnya Mauliate Simorangkir, Anggota DPD RI Parlindungan Purba SH MM, Tri Media Panjaitan, Rapidin Simbolon dan seluruh warga yang turut hadir
Taput (Pelita Batak):
Tapanuli Utara sukses meraih rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) untuk tari 5 puak dengan penari terbanyak, Jumat (5/10/2018). Rekor dengan kategori 'manortor' 5 puak penari terbanyak yang diperankan 3000 penari pelajar SLTP dan SLTA se-Tapanuli Utara. 

Tarian kolosal lima puak meliputi puak Toba, Karo, Simalungun, Pakpak, dan Angkola ditampilkan para pelajar di tengah acara puncak peringatan hari jadi Tapanuli Utara ke-73.

Penari dibagi dalam 5 kelompok dengan jumlah peserta masing-masing 600 penari, secara silih berganti memasuki lapangan Serbaguna dengan tampilan tarian sesuai puak yang diwakilinya.

Pengenaan ulos dan penutup kepala yang berbeda oleh setiap puak menjadi pembeda dari masing-masing kelompok yang juga mengikuti irama dan musik yang berbeda.

Keseragaman gerakan setiap puak, keindahan tari dan keberagaman ulos mewakili etnis, yang dikenakan para penari tak ayal menyita decak kagum dan perhatian ribuan pasang mata menyaksikan tari kolosal tersebut.

Di akhir tampilan, Andre Purwandono, perwakilan MURI menyampaikan piagam rekor MURI kepada Bupati Taput Nikson Nababan atas raihan prestasi yang berhasil dibukukan melalui tari kolosal tersebut.(antara)
  BeritaTerkait
  • Pesta Ya'ahowu, Tari Maena Nias Pecahkan Rekor Muri

    2 tahun lalu

    Gunungsitoli (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi resmi menutup Pesta Ya’ahowu Ono Niha ditandai dengan pemukulan gong di Taman Ya’ahowu Jl. Pelabuhan Lama,

  • Persiapan Festival Danau Toba di Taput Dimantapkan

    2 tahun lalu

    Tarutung (Pelita Batak) :Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) terus bersiap dan mematangkan segala kelengkapan untuk pelaksanaan Festival Danau Toba (FDT) tahun 2016. Dimana Taput menjadi tuan rumah Festival Danau Toba (FDT) 2016, yang akan diselen

  • Tortor Batak Toba Meriahkan Pesta Ya'ahowu di Gunungsitoli, Nias

    2 tahun lalu

    Gunungsitoli(Pelita Batak): Tari tortor dan tari kreasi Minang ikut memeriahkan acara pembukaan Pesta Ya'ahowu Kota Gunungsitoli tahun 2016.    Tari tortor dibawa oleh etnis B

  • Saksikan Karnaval Budaya Minggu Pagi, Rumah Tjong Afie-Lapangan Merdeka

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan menggelar Karnaval Budaya yang berlangsung dari Rumah Tjong Afie Jalan Ahmd Yani sampai Jalan Pulau Pinang pagi ini, Minggu (16/7)

  • Pangdam I/BB Kagum Pola Pembelajaran di Yasop Balige

    2 tahun lalu

    Sungguh beruntung orang tua yang anaknya masuk sekolah ini. Setidaknya anda dapat tidur nyenyak selama tiga tahun kedepan. Tidak perlu khawatirkan anak dari ancaman bahaya narkoba," ujar Pusung.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb