• Home
  • News
  • HUT ke-15 Humbang Hasundutan Dirayakan di Markas Sisingamangaraja Parlilitan
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 06 Juli 2018 13:49:00

HUT ke-15 Humbang Hasundutan Dirayakan di Markas Sisingamangaraja Parlilitan

BAGIKAN:
Abed Ritonga
Sekda memberi penjelasan
Doloksanggul (Pelita Batak): HUT ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan akan dirayakan di kompleks Markas Sisingamangaraja tepatnya di Desa Sionom Hudon Kecamatan Parlilitan. Rencananya perayaan itu dilaksanakan, Sabtu 28 Juli 2018 mendatang.

Sekdakab Humbahas Drs Tonny Sihombing dalam rapat kedua HUT ke-15 yang diikuti para pimpinan OPD termasuk dari Polres Humbahas, Jumat 6 Juli 2018 di Kantor Bupati Humbahas menjelaskan perayaan HUT Humbang Hasundutan akan dilaksanakan 28 Juli 2018 mendatang.  

Hari jadi Kabupaten Humbahas diawali sidang paripurna istimewa DPRD bertempat di kantor DPRD Humbahas Tano Tubu Doloksanggul. Sidang itu dijadwalkan Sabtu 28 Juli pukul 09.00 WIB-10.00 WIB. Selesai sidang, selanjutnya menuju tempat acara syukuran HUT di Kecamatan Parlilitan.

"Sidang paripurna istimewa DPRD hari jadinya Kabupaten Humbahas dilaksanakan di gedung DPRD Humbahas Tano Tubu Doloksanggul. Di luar sidang itu adalah syukuran HUT. Syukuran akan dilaksanakan di Markas Sisingamangaraja Parlilitan. Selama ini selalu dilaksanakan di ibukota Doloksanggul tapi untuk HUT ke-15 ini diselenggarakan di Parlilitan. Mungkin tahun depan akan dirayakan di kecamatan lain. Syukuran itu boleh dimana-mana. Kenapa di Parlilitan ? Karena Parlilitan termasuk wilayah Humbang Hasundutan. Ada sesuatu yang spesifik syukuran HUT dilaksanaan di Parlilitan. Karena di daerah itu markas Sisingamangaraja. Ini perlu diketahui masyarakat umum, karena selama ini banyak warga mengetahui bahwa markas Sisingamaraja di Humbang Hasundutan hanya ada di Baktiraja. Jadi syukuran itu sekaligus mengangkat sejarah situs Sisingamangaraja," jelas Sekda Tonny Sihombing yang juga ketua umum HUT ke-15 Humbang Hasundutan.

Dijelaskan lagi, sebelum acara puncak banyak kegiatan yang melekat disetiap OPD masing-masing yang selenggarakan di Doloksanggul. Kegiatan itu antara lain lomba masak serba ikan, senam sehat, pagelaran seni budaya, pemeriksaan kesehatan dan lain-lain termasuk lomba paduan suara. Selesai syukuran di Parlilitan, besoknya Minggu 29 Juli 2018 akan dilaksanakan hiburan rakyat bertempat di tanah lapang Doloksanggul. Seluruh masyarakat yang hadir akan dihibur para artis ibukota. Jadi rangkaian HUT itu dipersembahkan kepada masyarakat Humbang Hasundutan.

Menyemarakkan HUT ke-15 Humbahas, Pemkab Humbahas melalui Dinas Pariwisata melaksanakan Pesona Humbahas selama 4 hari berturut-turut tanggal 9-12 Juli 2018 di kawasan Danau Toba Baktiraja. Banyak kegiatan dalam acara Pesona Humbahas antara lain lomba cipta lagu, Humbahas Got Talent dan Bakara Cross Country.(Tim)
  BeritaTerkait
  • Ini Lokasi Wisata Bagus di Humbahas

    2 tahun lalu

    Kabupaten Humbanghasundutan menyimpan panorama alam yang luar biasa untuk dunia pariwisata. Wisata alam, kuliner, wisata air dan yang lainnya bisa memberikan sentuhan pengalaman yang alami dan spektakuler.

  • Raker PelitaBatak di Baktiraja, Markas Raja Sisingamangaraja

    2 bulan lalu

    Bakkara (Pelita Batak):Memasuki tahun ketiga berdirinya www.pelitabatak.com (27 April 2016-27 April 2018), manajemen mengadakan rapat kerja perdana di Baktiraja, Humbanghasundutan, Sumatera Utara, Sab

  • Ini Nama-nama Pemenang Jambore Kader PKK Kabupaten Humbahas

    2 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak):Gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang b

  • Bishop GKPI Resmikan Koordinasi Wilayah VII untuk Dukung Perayaan Natal Nasional di Doloksanggul

    2 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bishop GKPI (Gereja Kristen Protestan Indonesia) Pdt Oloan Pasaribu MTh meresmikan wilayah VII yang meliputi Humbang Hasundutan - Tobasa – Samosir, dan sekaligus m

  • Wisata Danau Toba di Bakara, Humbahas Masih Belum Tertata

    2 tahun lalu

    Bakara (Pelita Batak): Pemerintah sudah memutuskan penataan wisata Danau Toba dengan membentuk Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba (BOPKPDT). Seharusnya ini menjadi pendorong bagi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet