• Home
  • News
  • HUT TNI ke-71, Jurnalis di Medan Kembali Aksi Turun ke Jalan
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 06 Oktober 2016 06:17:00

HUT TNI ke-71, Jurnalis di Medan Kembali Aksi Turun ke Jalan

BAGIKAN:
Medan (Pelita Batak) : Ratusan jurnalis di Kota Medan kembali melakukan aksi turun ke jalan di HUT TNI ke-71, Rabu (5/10/2016).

Aksi yang dilakukan di Bundaran Sudirman, Jalan Sudirman, Medan ini mendesak agar oknum-oknum TNI yang terlibat aksi kekerasan kepada jurnalis segera diseret ke jalur hukum.

Dalam aksinya, ratusan jurnalis dari berbagai media cetak, elektronik dan media online membawa poster bertuliskan kecaman terhadap aksi kekerasan yang dilakukan prajurit TNI yang menimpa Wartawan Net TV di Madiun Soni Misdananto.

Selain itu, kasus kekerasan yang dilakukan oleh prajurit TNI AU terhadap beberapa jurnalis di Medan saat meliput di Sari Rejo juga masih menjadi sorotan mereka.

Para jurnalis juga menggelar aksi diam dengan menutup mulutnya.  Hal ini dilakukan sebagai bentuk protes lambannya proses hukum kekerasan jurnalis yang dilakukan prajurit TNI.

"Kami miris melihat hingga saat ini belum ada kepastian hukum terhadap pelaku penganiaya jurnalis di Sari Rejo," kata koordinator aksi Amrizal.

Ketua AJI Medan,  Agoez Perdana mengatakan, aksi ini digelar sebagai bentuk protes terhadap prajurit TNI yang kerap menjadi pelaku dalam tindak kekerasan terhadap jurnalis.

"Kita lihat aksi kekerasan yang dilakukan prajurit TNI semakin menjadi- jadi dan tidak ada proses hukumnya. Mereka (TNI)  hanya sekedar minta maaf saja kepada jurnalis yang menjadi korban," ungkapnya.

Untuk itu,  Agoez meminta agar prajurit yang terlibat kasus penganiayaan jurnalis dapat diproses dan dibawa kepengadilan. "Pihak TNI juga harus memasukkan UU Person dalam kasus kekerasan terhadap para jurnalis ini, " jelasnya.

Usai melakukan aksinya di Bundaran Sudirman, ratusan jurnalis kemudian melakukan aksi berjalan kaki ke Markas Komando TNI AU di Jalan Imam Bonjol, Medan. Aksi ini berjalan dengan tertib dengan dikawal oleh puluhan personil kepolisian.

Diketahui kasus-kasus kekerasan yang dilakukan oleh oknum anggota TNI terhadap jurnalis belakangan ini terus menjadi sorotan.

Secara nasional aksi-aksi untuk mendesak penuntasan kasus-kasus tersebut terus digalang namun hingga saat ini masih terkesan "jalan ditempat". (TAp)
  BeritaTerkait
  • Jurnalis di Deliserdang dan Binjai Gelar Aksi : JURNALIS BELUM MERDEKA!

    2 tahun lalu

    Menyikapi kekerasan yang dialami oleh jurnalis televisi MNC TV atas nama Andri Safrin, dan Aray Agus wartawan Tribun Medan. <br></br>

  • Jurnalis di Medan Turun ke Jalan

    2 tahun lalu

    Ratusan Jurnalis di Medan melakukan aksi unjukrasa di bundaran air mancur, Jalan Sudirman, Selasa (16/8/2016). Aksi yang dilakukan guna mengecam tindakan kekerasan prajurit TNI AU terhadap dua &#8206;wartawan saat melakukan unjukrasa Kelurahan Sari Re

  • Ini Kata PMKRI Tentang Berita Hoax Bertema Aksi Bela Yesus

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Media sosial kembali dibuat heboh dengan beredarnya broadcast message (pesan berantai), yang pada intinya mengajak umat Kristiani khususnya Katolik untuk mengikuti Aksi Bel

  • Ardi Ditembak, Bayu dan Ricardo Tampubolon Merangkul Korbannya

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Petugas Unit Reskrim Polsek Medan Baru membekuk dua dari empat pelaku perampokan. Dua pelaku yang ditangkap, yaitu Ardi (42) warga Jalan Brigjen Katamso, Medan Maimun dan R

  • Memanas, Pengemudi Betor dan Ojek Online Lagi di Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Kembali memanas. Pengemudi becak motor di Kota Medan, kembali melakukan aksi protes kehadiran transportasi online. Keberadaan transportasi berbasis aplikasi tersebut ditudi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet