• Home
  • News
  • HKBP Tuan Rumah Seminar UEM Peringatan 100 Tahun Kematian DR.I.L.Nommensen
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 22 Mei 2018 14:54:00

HKBP Tuan Rumah Seminar UEM Peringatan 100 Tahun Kematian DR.I.L.Nommensen

BAGIKAN:
Pdt Alter Pernando
Tampak Dari Kanan Nomor 7 Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing bersama dengan Para Pimpinan Gereja, Para Narasumber, dan Kepenguran UEM berfoto bersama usai pemberian buku karya Ompu i Ephorus.
Laporan Pdt Alter Pernando Siahaan

Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) menjadi tuan rumah peringatan 100 Tahun Kematian Missionar Dr. I.L.Nommensen. Sehubungan dengan itu, Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing menjadi Keynote Speaker di Seminar 100 Tahun HKBP Pasca Dr.I.L. Nommensen di Aula Sekolah Tinggi Bibelvrouw HKBP, Laguboti 22 Mei 2018. 

Momentum Peringatan 100 Tahun Pasca Kematian I.L.Nommensen menjadi menjadi momentum mengevaluasi, mereaktualisasi, dan revitalisasi Pelayanan masa kini dan masa depan, ujar Ephorus HKBP.

Ompu i Ephorus HKBP juga memberikan Buku yang telah ditulis dengan judul TUMBUH LOKAL, BERBUAH UNIVERSAL kepada Para Narasumber dan Para Pimpinan Gereja serta tamu lainnya. Buku ini memuat ulasan tentang pelayanan para missionar di Tanah Batak yang berbuah dengan berdirinya gereja dan tersebarnya Injil di Tanah Batak, menyangkut bagaimana gereja dengan pelayanannnya merevitalisasi pelayanan masa lalu, masa kini, dan masa depan. 

Saat ini memasuki detik detik kematian Nommensen yang tepatnya besok Rabu 23 Mei 2018 dengan Ibadah Raya. Bukan hanya Nommensen Missionaris di Tanah Batak, ada banyak Missionaris baik yang lebih dahulu, masa, dan setelah Nommensen, bahkan ada kajian yang bisa menunjukkan ada sampai 96 orang Missionari di Tanah Batak, dan mungkin masih ada yang belum pernah dibicarakan dan diberitakan.

Nommensen dengan gelar Rasul orang Batak, menjadi titik berangkat bagi gereja - gereja untuk membicarakan banyaknya para Missionar yang perlu diberitakan karya pelayanannya. 

Ephorus HKBP menambahkan, ada banyak kegiatan yang dilakukan di wilayah Tapanuli Raya secara khusus dari Barus, Sihorbo, Sipirok, Silindung, dan Sigumpar, diantaranya Napak Tilas, Seminar 100 Tahun HKBP Pasca Dr. I.L.Nommensen, Fun Bike, Penanaman Pohon, Mengunjungi Situs situs sejarah Pekabaran Injil, Ibadah Raya, dan lain - lain. 

Seminar ini menghadirkan Narasumber diantaranya: Bishop BNKP Pdt. Tuhoni Telaumbanua, Ph.D, Kadep Koinonia HKBP Pdt. Dr. Martongo Sitinjak, Tulisan Wolfgang Apelt dari Jerman, Pdt. Dr. J.R. Hutauruk, Pdt. Dr. Uwe Hummel, dan Rosmalia Barus, yang dimoderatori Pdt. Dr. Andar Pasaribu. 

Turut hadir juga dalam seminar ini, Kepala Departemen UEM Wilayah Asia Pdt. Petrus Sugito, Moderator UEM Pdt. W.T.P Simarmata MA, Para Pimpinan Gereja - gereja Anggota UEM, Para Ketua Lembaga Pendidikan HKBP, Para Praeses HKBP,  utusan Pemkab Kabupaten Tobasa, dan Para Pelayan HKBP.(*)
  BeritaTerkait
  • 13 Gereja LWF Rayakan 500 Tahun Reformasi Martin Luther di Tarutung

    8 bulan lalu

    Laporan Pdt Alter Siahaan Pernando Siahaan, HKBPTarutung(Pelita Batak): Sebanyak 13 Gereja LWF merayakan sekaligus memperingati 500 Tahun Reformasi Martin Luther, di Stadion Mini Tarutung Kab.Tapanuli

  • Dr. Erika Pardede Presentasikan Makalahnya di Georg August Universiteit Gottingen Jerman

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Internasionalisasi Universitas HKBP Nommensen terus berlanjut ke Eropa dimana salah satu dosen Fakultas Pertanian atas nama Dr. Ir. Erika Pardede, M.AppSc yang juga lulusan Georg

  • Ini Tujuh Nilai Budaya Batak Toba sebagai Kearifan Lokal Menurut Pastor Dr. Herman Nainggolan, OFMCap

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):   Setiap keluarga sebagai anggota masyarakat kiranya perlu menggali dan menghidup nilai-nilai dalam budaya dalam kaitannya dengan sikap hidup dan etika bisnis Bat

  • Puncak Perayaan Tahun Kelurga HKBP Selayang Resort Langkat Hulu Meriah

    2 tahun lalu

    Langkat  (Pelita Batak): Perayaan Puncak  Tahun Keluarga  HKBP Se-Resort Langkat  Hulu digelar halaman Gereja HKBP Selayang Resort Langkat Hulu Jalan  Pendidikan  No 3

  • Selamat, Pesta Jubileum 50 Tahun HKBP Bethesda Sukses

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pesta Jubileum 50 Tahun HKBP Bethesda Ressort Medan Sunggal dengan tema "Jahowa do Siparmahan Ahu (Tuhanlah Gembalaku), (Psalmen 23:1)" berlangsung sukses, Minggu (4/6/2017) di J

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet