• Home
  • News
  • Guru Cabul di Sigumbang Diberhentikan Sementara
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 25 Mei 2019 00:44:00

Guru Cabul di Sigumbang Diberhentikan Sementara

BAGIKAN:
Tapanuli Utara (Pelita Batak):
Akhirnya, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengeluarkan surat keputusan pemberhentian sementara terhadap Saut Martumbur Nababan, oknum aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas sebagai guru di SD Negeri 173297 Sigumbang, Desa Sitabotabo Toruan, Kecamatan Siborongborong dan kini menjadi terdakwa kasus tindak pidana pencabulan anak di bawah umur di Pengadilan Negeri setempat.

"Surat pemberhentian sementara Saut Martumbur Nababan tertanggal 24 Mei 2019," terang Kepala Bagian Hukum dan Perundangan Setdakab Taput, Alboin Butarbutar, Jumat (24/5).

Disebutkannya, pemberhentian sementara Saut Martumbur sebagai ASN yang merupakan guru dengan pangkat golongan/ruang penata muda (IIIa) terhitung mulai 31 Maret 2019.

"Dalam surat keputusan tersebut, mulai 1 April 2019 kepada Saut Martumbur Nababan diberikan uang pemberhentian sementara sebesar 50 persen dari penghasilan jabatan pada bulan Maret 2019," jelasnya.

Selain memutuskan pemberhentian sementara, Bupati Nikson juga memerintahkan petugas pelayanan sosial dari Dinas Sosial untuk segera melakukan penanganan sementara atas para korban.

"Juga akan ada penanganan dari sisi fisik dan mental yang akan dilakukan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A)," sebut Alboin.

Menurut dia, ucapan terimakasih dan apresiasi Bupati juga disampaikan kepada masyarakat, terutama pemerhati persoalan anak yang telah memberikan dukungan dan perhatian bagi percepatan penyelesaian permasalahan tindak pidana pencabulan anak yang terjadi di Sigumbang Siborongborong itu.

"Kepada keluarga korban, Bupati menyampaikan permohonan maafnya atas musibah yang dialami para korban. Kami membuka pintu selebar-lebarnya bagi para korban yang sama dimana pun di Taput untuk segera melapor ke Pemkab Taput," ujarnya.

Alboin berharap, KPAID tetap melakukan pendampingan secara khusus terhadap para korban agar segera dapat dipulihkan dari trauma psikis.(ant|TAp)
  BeritaTerkait
  • Guru Honor ke DPRD Sumut 'Minta Tolong' Tagih Janji Bupati JR Saragih

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ratusan massa gabungan dari guru honorer dan aktivis mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut), Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (26/4/201

  • Hebat.....Putra Batak Rikoh Manogar Siringoringo Jadi Pembuka Jalan Selam Ilmiah

    3 tahun lalu

    SETELAH puluhan tahun berlangsung di Indonesia, kegiatan penyelaman ilmiah mulai mendapat jalan untuk proses standardisasi. Pembukanya adalah Rikoh Manogar Siringoringo, orang Indonesia pertama yan

  • Presiden Jokowi Bubarkan Basarnas, Digantikan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan

    3 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Dengan pertimbangan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 50 Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 6 Se

  • Pendidikan Harga Mati di Lanny Jaya Papua

    3 tahun lalu

    Papua (Pelita Batak) : Dalam sambutannya, Bupati Befa Yigibalom, SE, M,Si menyatakan bahwa pendidikan adalah harga mati untuk membangun di Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua. “Kami tidak

  • Kalung Bunga Sambut Rombongan Gubernur di Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung

    2 tahun lalu

    Tarutung (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry  Nuradi bersama Ibu Evi Diana br Sitorus disambut penuh suka cita Ephorus HKBP  Pdt Dr Darwin Lumban Tobing di kantor Pus

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb