• Home
  • News
  • Gubsu Minta Pelaksanaan Germas Jangan Hanya Sebatas Seremoni
Jumat, 15 Desember 2017 23:57:00

Gubsu Minta Pelaksanaan Germas Jangan Hanya Sebatas Seremoni

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Untuk memfokuskan penanganan kesehatan yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN) bidang kesehatan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengharapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) terus digalakkan di kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara.

"Pelaksanaan Germas jangan hanya sebatas seremoni, namun terus digalakkan, digelorakan hingga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ucap Tengku Erry pada puncak acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tingkat Provinsi Sumatera di halaman Istana Maimun Medan, Jumat (15/12/2017).

Masyarakat harus benar-benar sadar tentang prilaku dan pola hidup sehat itu. "Sebelum penyakit itu datang maka perlu dilakukan tindakan pencegahan (preventif). Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati," ucap Tengku Erry.

Untuk itu, Gubsu Erry kembali mengingatkan seluruh jajaran kesehatan yang ada di seluruh Sumatera Utara  bergandengan tangan untuk bisa memberikan amal bakti kita sebagai abdi masyarakat untuk melayani seluruh masyarakat yang ada di Sumatera Utara ini. "Teruslah berjuang agar masyarakat sadar bahwa menjaga kesehatan itu sangat penting," tutur Erry.

Acara menarik dan lebih meriah saat Tengku Erry memberikan pertanyaan kepada para pelajar seputar masalah kesehatan. Pertanyaan berhadiah dari Gubsu itu untuk guna menanamkan pola hidup sehat sejak dini. Para pelajar dan peserta yang hadir sangat antusias dan berebut tunjuk tanggan untuk menjawab pertanyaan gubernur.

Gubsu Erry juga menyerahkan sertifikat kepada Rumah Sakit, Puskesmas yang berprestasi, sanitasi berbasis masyarakat, Germas dan rumah sakit pendidikan utama yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Sumut Agustama dalam laporannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan acara puncak HKN ke-53 tingkat provinsi Sumatera Utara sudah dimulai dengan rangkaian kegiatan seperti senam bersama, upacara bendera, seminar kesehatan dengan tema sehat keluargaku dan sehat Indonesiaku, olahraga dan perlombaan, publikasi dan informasi kesehatan melalui berbagai media, bakti sosial, jambore kader posyandu, gebyar cuci tangan pakai sabun yang diikuti bersama-sama dengan Ibu Gubernur Sumatera Utara.

"Acara puncak HKN ke-53 tingkat Provinsi Sumatera Utara dilaksanakan hari ini, 15 Desember 2017 di Istana Maimon Medan, diikuti kurang lebih 3.500 orang," sebut Agutama.

Hadir juga disitu jajaran dinas kesehatan provinsi Sumatera Utara dan kabupaten/kota, mewakili BPJS Kesehatan, para pimpinan rumah sakit seluruh Sumatera Utara, organisasi profesi di bidang kesehatan, kepala perguruan tinggi kesehatan, kepala puskesmas terakreditasi se sumatera Utara, para tenaga kesehatan teladan tingkat provinsi Sumatera Utara dan ratusan masyarakat Medan yang turut hadir.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Pasca Pilkada, Gubernur Minta Paslon Jaga Situasi Terutama Saat Proses Penghitungan Suara

    11 bulan lalu

    Tapanuli Tengah (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel meninjau pelaksanaan pemungutan suara di Tapanuli Tengah

  • Tengku Erry Video Conference dengan Presiden di Underpass Titi Kuning Soal Sertifikasi Tenaga Kerja

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara percepatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi secara  serentak di seluruh Indonesia tahun 2017 di Gelora Bung Karno, Senayan Jak

  • Mentan Optimis Sumut Kembali Lima Besar Produksi Padi

    2 tahun lalu

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mengejar target produksi pertanian padi, jagung dan kedelai (Pajale) di tahun 2016. Dengan demikian, Sumut dapat kembali menempati urutan lima besar nasional sebagai

  • Tulisan Kedua: Menyambut Seminar Ekklesiologi HKBP - Komisi Teologi HKBP Menuju Sebuah Gereja Pendeta?

    9 bulan lalu

    Oleh: Ephorus Emeritus HKBP Pdt. Dr.  J.R. Hutauruk   Paparan ini merupakan lanjutan dari paparan terdahulu yang telah terkirim kepada Komisi Teologi HKBP via email, 17 April lalu

  • LPPD Medan Kecewa Penundaan Pesparawi Provinsi yang Terkesan Dimanipulasi

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Sekretaris Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Daerah (LPPD) Kota Medan, Nimrot Situmeang, mengatakan sangat kecewa dengan penundaan pelaksanaan Pesparaw

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet