• Home
  • News
  • Gubernur Sumut Jajaki Kerjasama Dengan Australia
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 15 Maret 2018 11:50:00

Gubernur Sumut Jajaki Kerjasama Dengan Australia

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
MELBOURNE (Pelita Batak):
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bertemu Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) untuk negara bagian Victoria dan Tasmania, Spica Alphanya Tutuhatunewa di Kota Melbourne, Australia, Rabu (14/3/2018).

Pertemuan itu guna menjajaki kerjasama di sejumlah bidang antara Provinsi Sumatera Utara dengan negara-negara bagian di Australia. Gubsu didampingi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara, Evi Diana Sitorus. Sementara, Spica didampingi Wakil Konjen, Zaenal Arifin dan sejumlah staf.

Tengku Erry dalam kesempatan itu mengharapkan hubungan Australia dengan Indonesia, khususnya negara-negara bagian di Australia dengan Sumatera Utara lebih ditingkatkan serta dikembangkan.

"Kita tahu, warga Indonesia yang ada di Australia lebih kurang 16 ribu orang yang sebagian besar mahasiswa. Program beasiswa dan pertukaran pelajar ke depannya mestinya ditingkatkan lagi," ucap Tengku Erry.

Tengku Erry pun yakin, selain pendidikan, kerjasama di bidang-bidang lainnya sangat potensial dijajaki, seperti bidang kesehatan dan pariwisata. "Di bidang kesehatan, kita tadi telah mengunjungi rumah sakit The Royal Melbourne Hospital, melihat infrastruktur dan sarana serta pra sarana lainnya," sebut Erry.

Sementara di bidang pariwisata, Sumut antara lain menawarkan Danau Toba yang saat ini sedang dikembangkan menjadi wisata internasional. "Kita berharap, investor Australia bisa ikut berinvestasi mengembangkan wisata tersebut," tutur Erry seraya menyebutkan bahwa Sumut telah memiliki 2 bandara internasional yakni Kualanamu dan Silangit yang jaraknya tidak jauh dengan Danau Toba.

Seperti diketahui perusahaan asal Australia telah menanamkan investasinya di Sumatera Utara yakni tambang emas Agincourt Resources yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan. "Kita berharap Ibu Konjen bisa membantu mempromosikan dan mengajak investor asal Australia lainnya untuk menjalin kerjasama-kerjasama atau menanamkan investasinya di Sumatera Utara," demikian Tengku Erry.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Investor Tiongkok Jajaki Investasi Pengolahan Sampah Jadi Listrik di Sumut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :<br></br> Investor Tiongkok menjajaki kerjasama dengan Provinsi Sumatera Utara. Penjajakan itu disampaikan salah seorang investor asal Tiongkok kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi,  S

  • Gubernur Sumut Lanjutkan Sister Province Dengan Bekes Hungaria

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi melakukan kunjungan kerja ke Maroko dan Hungaria 11-16 Nopember 2016. Di Hungaria, rangkaian kunjungan kerja dalam rangka melanjutkan kerjasama Sister Province dengan Bekes County dan di Maroko.

  • Gubsu Ajak Dubes RI untuk Slovakia Promosikan Wisata Sumut

    tahun lalu

    Slovakia (Pelita Batak):Dalam kunjungannya ke Hongaria, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi berkesampatan menghadiri jamuan makan malam yang digelar Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa P

  • Gubernur Tawarkan Penerbangan Langsung India-Kualanamu

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menawarkan penerbangan langsung dari India ke Bandara Kualanamu (Kualanamu International Airport) kepada Duta Besar India untuk

  • Wagub Nurhajizah Marpaung: Remaja Harus Jadi Pelopor Gerakan Memakmurkan Masjid

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Gubernur Sumut Brigjen TNI Purn Dr Nurhajizah Marpaung SH MH mengharapkan para pemuda dan remaja menjadi pelopor menggerakan masyarakat ke Masjid. Hal ini dikatakan Wagub

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb