• Home
  • News
  • Gubernur Minta Penerapan Gerbangswara
Senin, 28 November 2016 10:30:00

Kantor Wali Kota Diresmikan Saat Gunungsitoli 8 Tahun,

Gubernur Minta Penerapan Gerbangswara

BAGIKAN:

Gunungsitoli (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi meresmikan gedung kantor Walikota Gunungsitoli Di Jl. Pancasila No.14 Desa Mudik, Kota Gunungsitoli. Sabtu (26/11/2016), ditandai dengan pengguntingan pita dan menandatanganan prasasti.

Peresmian penggunaan kantor Walikota tersebut sekaligus peringatan Hari Jadi ke-8 Kota Gunungsitoli. Walaupun hujan deras yang melanda kawasan Kota Gunungsitoli Kepulauan Nias, sejak Sabtu pagi, tidak mengurangi kemeriahan acara tersebut.

Bahkan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu)  HT Erry Nuradi didampingi istri Hj Evi Diana Erry serta rombongan rela berhujan-hujan untuk menghadiri kegiatan tersebut. Dalam kesempatan tersebut Erry Nuradi berharap dihari jadinya Pemko Gunungsitoli semakin semangat untuk berbenah demi kemajuan daerah dan semakin dicintai oleh masyarakat.

"UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah itu pada hakikatnya bagaimana pemerintah itu bisa lebih dekat dengan masyarakatnya. Karena tugas Pemda itu hanya tiga urusan, urusan pemerintahan, urusan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. Artinya dengan adanya pemekaran berati tugas pemerintahan akan lebih cepat dilaksanakan. Selamat ulang tahun Gunungsitoli. Semoga semakin berjaya dan Paten,"ujar Erry Nuradi.

Erry juga mengatakan untuk mempercepat pembangunan di daerah tentunya harus melibatkan seluruh stakeholder baik pemerintahan ditingkat pusat maupun Provinsi. Namun tidak kalah pentingnya Pemko Gunungsitoli bisa menerapkan pembangunan yang mengutamakan partisipasi masyarakat atau gerakan pembangunan swadaya rakyat (Gerbangswara).

"Saat jadi Bupati saya turun ke masyarakat dan menantang apa yang masyarakatkan mau bangun. Biar kami siapkan dananya, tapi masyarakat siapkan tanahnya. Hal ini cukup berhasil pembangunan sekolah semakin pesat sampai empat ratus persen. Hal-hal ini bisa dilakukan Pemko Gunungsitoli. Sekarang kan SMA menjadi kewenangan Pemprovsu. Silahkan Pak Wali sediakan tanahnya, biar Pemprovsu yang menyediakan dana pembangunan sekolahnya. Tidak hanya sekolah, Puskesmas atau pasar,"ujar Erry.

 Dikatakan Erry dengan diresmikannya Kantor Walikota Gunungsitoli Erry pun berharap bisa menambah semangat kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kedepannya Erry pun berharap setelah memiliki Kantor yang refresentatif Pemko Gunung Sitoli bisa meningkatkan pelayanan berbasis elektronik seperti yang saat ini dilakukan Pemprovsu.

"Baru saja kami menandatangani MOU dengan Jabar untuk Pemanfaatan Aplikasi PTSP, SKP Online dan e-Samsat. Kegiatan ini diinisiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Unit Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan. Tujuannya mendorong pemerintah provinsi memberlakukan praktik terbaik penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Pengelolaan pajak kendaraan bermotor (PKB) serta implementasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP) online untuk Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP). Dengan sistem eletronik tentunya akan meminimalisir terjadinya KKN karena tidak perlu bertatapmuka untuk suatu pengurusan. Tidak hanya Gunungsitoli, saya berharap 33 Kabupaten Kota di Sumut bisa melakukannya,"ujar Erry.

Usai memberikan kata sambutan di hari jadi Kota Gunungsitoli dan meresmikan Kantor Walikota Gunung Sitoli Gubernur Sumut Erry Nuradi memberikan bantuan kapal motor secara simbolis kepada nelayan.

Sementara itu Walikota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua mengaku bangga dan terhormat atas kesediaan Gubsu Erry Nuradi meresmikan Kantor Walikota dan meresmikan Masjid Al-Furqon. Diakui Lakhomizaro sebagai daerah yang baru delapan tahun memiliki otonom, tentunya masih banyak kekurangan yang dimiliki Pemko Gunungsitoli. Termasuk juga minimnya gedung-gedung pemerintahan yang refresentatif. Oleh karenanya Lakhomizaro pun berharap kepada Erry Nuradi mengijinkan agar Pemko Gunungsitoli meminjam gedung pemerintah milik Pemprovsu.

"Karenanya kami memohon pinjam pakai gedung pemerintah milik Pemprovsu. Suratnya sudah kita sampaikan ke Kantor Gubernur. Kalau untuk pemeliharaannya sudah kami tampung di PAPBD ini,"ujarnya.(TAp)

 

Ny. Evi Diana Erry menggunting pita dipintu masuk kantor Walikota Gunungsitoli yang diresmikan.
 

  BeritaTerkait
  • Gubernur Lantik Wali Kota Tebing Tinggi dan Bupati Tapanuli Tengah

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi melantik dua pasangan kepala daerah di Sumut hasil dari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar pada 15 Februari lalu. Pelantikan yang d

  • Dibekali Pengetahuan Umum dan Ilmu Agama, Santri Siap Hadapi MEA

    tahun lalu

    Deliserdang (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyakini para santri yang belajar di pondok pesantren (ponpes) potensial menghasilkan lulusan yang mampu bersaing menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

  • Liberti Sitinjak Jabat Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyampaikan pentingnya sistem pelayanan secara online khususnya berkaitan dengan hukum seperti lembaga pemasyarakatan (lapas).

  • Ketua Kadin DKI Minta Gubernur Terpilih Hapus Lelang Konsolidasi

    3 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI  Victor Aritonang meminta gubernur DKI terpilih Anies-Sandi mengevaluasi sistem lelang konsolidasi yang nyata-nyata mematikan ko

  • Mentan Optimis Sumut Kembali Lima Besar Produksi Padi

    tahun lalu

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mengejar target produksi pertanian padi, jagung dan kedelai (Pajale) di tahun 2016. Dengan demikian, Sumut dapat kembali menempati urutan lima besar nasional sebagai

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online