• Home
  • News
  • Gelap Disudut Tapsel, Ditengah Gempita HUT Kemerdekaan RI
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 17 Agustus 2019 23:01:00

Gelap Disudut Tapsel, Ditengah Gempita HUT Kemerdekaan RI

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak

Tapsel (Pelita Batak):

Gencarnya pembangunan dan megahnya perkantoran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan di Kecamatan Sipirok, bukan lah menjadi jaminan masyarakat nya turut menikmati buah dari pemerataan pembangunan.

Sebab ternyata warga Sidua dua Dusun Hasatan Dolok  Desa Dolok Sordang Julu Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan masih belum menikmati arus listrik dan pembangunan infrastruktur.

"Penduduknya memang cuma 60 orang dengan 30 orang lagi menempuh pendidikan keluar dusun, namun mereka adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berhak menikmati pembangunan dan buah kemerdekaan," ujar Rahmad Taufik Pardede, salah satu mahasiswa yang tergabung di PC  Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Tapanuli Selatan kepada wartawan, Sabtu 17 Agustus 2019.

Dikatakannya, ia bersama rekannya dari IMM Tapsel sudah berkunjung ke dusun itu, namun menikmati insfratruktur, baik jalan, jembatan, MCK dan listrik seperti daerah lainnya yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Anak-anak disana yang masih duduk di bangku SD dan SMP harus berjalan kaki membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke sekolah. 

"Mereka harus menyeberang melewati dua sungai, ini tentu menjadi tantangan bagi mereka. Terkadang harus libur sekolah ketika arus air sungai meninggi," ungkap Rahmad.

Ditambahkan Rahmad, bila malam tiba anak-anak belajar hanya dengan bantuan penerangan obor dari bambu walau dusun terdekat dengan mereka, sudah dialiri listrik.

Demikian pula rumah-rumah penduduknya juga tidak memiliki tempat mandi, cuci, kakus (MCK).

Dusun Sidua-dua ini, sudah berdiri sekitaran 70 puluh tahun, memiliki kekayaan alam kulit manis yang mana penduduknya sehari-hari bekerja sebagai petani.

Menurut Rahmad, mereka dari PC IMM Tapsel menilai seharusnya dusun yang merupakan bagian dari Negara Indonesia yang hari ini memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74, hendaknya merasakan nikmat kemerdekaan dan keadilan pembangunan.

"Untuk itu kami meminta Pemkab Tapsel melalui dinas/instansi terkait turun melihat kondisi masyarakat Sidua-dua agar mereka dapat menikmati listrik, memberikan pembangunan jembatan untuk memperlancar akses anak sekolah dan masyarakat, serta MCK Umum," ujarnya.(Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • PLTMH Gunting Pege Mulai Dikerjakan

    2 tahun lalu

    Tapsel(Pelita Batak): Sekitar 150 Kepala Keluarga (KK) warga Gutting Pege dan Huta Tonga, Desa Gorahut, Kecamatan Aek Bilah diperkirakan bakal menikmati saluran listrik sehubungan dengan pembangunan P

  • Sejumlah Lingkungan di Kelurahan Rianiate Tapsel Terisolir, Belum Menikmati Listrik Hingga Sekarang

    12 bulan lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Walau sudah berada di daerah yang  berstatus kelurahan, namun sejumlah lingkungan di  kelurahan Rianiate Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan hingga

  • MUI Kota Medan Diminta Fokus Program Pemberantasan Pasar Gelap Narkoba  

    3 tahun lalu

    Pemerintah Kota Medan meminta kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan meletakkan salah satu focus program kerjanya ke depan yakni pemberantasan peredaran dan penggunaan Narkoba,  karena dinilai ulama jauh lebih dikenal luas oleh

  • Ini Dia Kegiatan Pengurus Daerah FBBI Selama 2016

    3 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) merilis kegiatan pengurus daerah yang telah dilaksanakan sebagai berikut di bawah ini.   a. DPD FBBI Provinsi Riau.

  • Menelusuri Liku-liku Jalan di Bonapasogit dan Merajut Semangat Leluhur

    2 tahun lalu

    Pulang ke kampung saya, Sigolang di lereng pebukitan Bukit Barisan di deretan Tapanuli Selatan sangat berkesan. Keberangkatan kali ini, diawali dihari Kamis, tanggal 27 April 2017 dengan bangun san

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb