• Home
  • News
  • GMKI Wilayah I Sumut-NAD Aksi Solidaritas untuk Korban Banjir Padangsidempuan
Selasa, 28 Maret 2017 12:03:00

GMKI Wilayah I Sumut-NAD Aksi Solidaritas untuk Korban Banjir Padangsidempuan

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Situasi pascabanjir di Padangsidempuan

Medan (Pelita Batak) :
Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Wilayah I Sumut-NAD menggelar aksi solidaritas untuk membantu korban bencana banjir di Padangsidempuan. Aksi solidaritas dilakukan dengan pengumpulan bantuan dari berbagai pihak, dan akan disalurkan untuk meringankan beban para korban bencana.

Hujan deras membuat Sungai Batang Ayumi hingga meluap di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara hari Minggu malam (26/3/2017) . Banjir di 6 kecamatan di Kota Padangsidimpuan, seperti Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Padangsidimpuan Selatan, Padangsidimpuan Tenggara, Padangsidempuan Hutaimbaru, Padangsidimpuan Batunadua, dan Padangsidimpuan Angkola Julu.

Data sementara yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) banjir menewaskan 5 warga setempat, 4 jiwa di Kecamatan PSP Hutaimbaru dan 1 di lebih dari 400 jiwa mengungsi di kelurahan, seperti Kelurahan Ujung Padang, Kecamatan PSP Selatan 46 KK, Kelurahan Batang Ayumi Zulu, Kecamatan PSP Utara 110 jiwa, dan Kelurahan Batunadua, Kecamatan PSP Batunadua 200 jiwa, bangunan rusak dan hanyut di Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Padangsidimpuan Utara, PSP Selatan, Angkola Julu. Rumah rusak 17 unit, rumah hanyut 17, dan kendaraan hanyut 7.

"Dengan ini kami seluruh kader GMKI Wialyah I ( Sumut-NAD ) merasakan apa yang dirasakan saudara kami. Kami ada 11 Cabang tersebar di Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darusalam. Menginstruksikan seluruh GMKI Se-Wilayah I ( Sumut- NAD ) untuk membawakan dalam Doa ataupun Ibadah, agar saudara kami terkasih tetap dikuatkan Tuhan Allah. Serta mereka adalah bagian dari bangsa dan negara kita ini," kata Suangro Lumbanbatu selaku ketua GMKI Wilayah I Sumut-NAD dalam relisnya, Selasa (28/3/2017).

Dijelaskannya, GMKI Se-Wilayah harus Simpati dan Empati atas musibah bencana korban banjir kota Padangsidimpuan serta melakukan Aksi Solidaritas. "GMKI tidak boleh membeda-bedakan SARA, karena ini bukan persoalan agama ataupun suku. Tetapi ini persolan keutuhan ciptaan dan kemanusiaan, serta harus tetap berdamai dengan semua ciptaan dan berlandaskan Kasih," katanya.

GMKI SeWilayah I ( Medan, Kabanjahe, Kotacane, Sidikalang, P.Siantar, Tarutung, Sibolga, Sidempuan, Teluk Dalam, Gunug Sitoli dan Rantau Parapat) serentak melakukan Aksi Solidaritas (Bantuan Sosial). GMKI juga sudah membuat posko utama di kota Padangsidempuan yaitu GMKI Cabang Padangsidimpuan serta Relawan Kemanusiaan untuk membantu mempersiapakan dan meringankan kehidupan mereka sehari-hari, kita juga menerima bantuan dari pihak lain berupa sembako, sabun, pampers, sabun, mainan anak-anak dll.


"Kita berharap pemerintah sumatera utara cepat dalam menanggapi dan kerja keras untuk membantu serta meringankan beban dalam bencana yang ada di kota Padangsdimpuan," katanya. (TAp|rel)

  BeritaTerkait
  • GMKI Sangat Menyesalkan Satpam Universitas sumatera Utara atas Pemukulan Imanuel Silaban

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Aksi brutal yang terjadi di lingkungan Kampus Universitas Sumatera Utara (USU) Medan beberapa hari yang lalu sangat disesalkan oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI). Na

  • DPW PPSHI Galang Dana Untuk Korban Gempa Pidie Jaya

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Aksi solidaritas untuk membantu korban gempa di Pidie Jaya, Aceh dilakukan oleh para teknisi HP, Senin (12/12/2016).

  • Ini Data Korban Setiap Desa Akibat Banjir Agara

    tahun lalu

    Aceh (Pelita Batak) : Tim dari Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) terus memantau kondisi banjir di Aceh Tenggara. Sesuai pantauan hingga, Rabu 912/4/2017) siang air semakin surut dan wa

  • Serah Terima Jabatan BPC GMKI Sidikalang dan Memperingati Hari Lahirnya Pancasila

    12 bulan lalu

    Sidikalang (Pelita Batak) :Bertempat di Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi, Panji Bako Sidikalang  Koordinator Wilayah I SUMUT-NAD Pengurus Pusat GMKI  Swangro Lumbanbatu, melantik dengan

  • Salurkan Sembako kepada Korban Banjir Tebing Tinggi, GMKI Medan : Itu Tugas Kami

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Intensitas hujan yang sangat tinggi diawal bulan Desember ini, menyebapkan meluapnya bebrapa sungai di kota Tebing Tinggi, sehingga menggenangi setidaknya 22 kelurahan yang terseb

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet