• Home
  • News
  • GM BPGKDT Dr Ir Hidayati MSi : Geopark Adalah Apa Kebanggaan Suku Batak Menempati Kawasan Danau Toba
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 23 Januari 2018 16:03:00

GM BPGKDT Dr Ir Hidayati MSi : Geopark Adalah Apa Kebanggaan Suku Batak Menempati Kawasan Danau Toba

BAGIKAN:
TAp|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak) :
General Manager Badan Pengelola Geopark Kadera Danau Toba Dr Ir Hidayati MSi dalam rapat penguatan kelembagaan, mengatakan bahwa informasi dari tim Unesco, geopark yang sesungguhnya bukan  tentang geologi kawasan Danau Toba. "Geologi menjadi dasar untuk menetapkan itu menjadi geopark, namun yang dimaksud dengan geopark itu adalah penguatan yang dirasakan oleh suku Batak dan empat puak lainnya yang tinggal di kawasan Danau Toba. apa kebanggaan mereka tinggal di kawasan itu," kata Hidayati usai dilantik Wagubsu di lantai 8 kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Selasa (23/1/2018).

Hal ini yang menjadi perhatian dan yang perlu digali, seberapa besar budaya masyarakat setempat memanfaatkan kekayaan geologi itu sendiri.

"Bagaimana endapan danau di kawasan Tobasa menjadi hamparan sawah, demikian halnya di kawasan Huta Ginjang, yang dijadikan lahan tanaman kopi. Hal-hal seperti ini yang perlu diperhatikan," ujarnya.

Kemudian, tidak bisa dinafikan bahwa kerusakan lingkungan terjadi di kawasan Danau Toba. Unesco, mengharapkan adanya upaya dari sisi kebijakan pemerintah untuk menanggulangi bahkan mengembalikan kelestarian alam itu. Bukan justru sebaliknya, memaparkan kerusakan yang terjadi.

Wagubsu Lantik Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba

Kemudian, lanjut Hidayati, selain adanya struktur organisasi yang merefleksikan single managemen, juga bagaimana pemerintah melibatkan masyarakat menjadi partnership. "Namun kegiatan kebudayaan dan kegiatan ekonomi yang dilakukan warga harus benar-benar berkelanjutan, bukan hanya musiman," ujarnya.

Hal lain yang menjadi perhatian kata Hidayati, tim Unesco menyarankan agar di kawasan Danau Toba dilakukan 'Geo train'. Kegiatan edukasi tentang geopark kaldera toba di atas kapal yang didisain khusus. "Selanjutnya, website menjadi hal yang penting," ujarnya.

Hadir Dr RE Nainggolan MM (Koordinator Kelompok Pakar), para anggota Dr. Indyo Pratomo, Prof. Ir. Zulkifli Nasution, M.Sc, PhD, Dr. Ivan Elisabeth Purba M.Kes, Prof. Dr. Erika Saragih, Dr. Ir. Binsar Situmorang M.Si, Sahat E. H. Simatupang, Dr. OK Henry, dan Prof. Dr. Robert Sibarani, MS.

Komisi Litbang Ir Budi R Sinulingga, Komisi Edukasi Drs Wilmar E Simandjorang, Manager Konservasi Ir Ronald Naibaho, Manager Promosi Dr Irwansyah Harahap, Manager Pemberdayaan Mangaliat Simarmata serta pengurus lainnya. (TAp)
  BeritaTerkait
  • Halal Bi Halal IKA SMAN 4 Medan Diadakan di Rumdis Gubernur

    2 tahun lalu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengajak alumni SMAN 4 Medan dan Universitas Sumatera Utara untuk terlibat aktif dalam menjaga keutuhan bangsa dengan menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda.

  • Wagub Sumut Dorong dan Upayakan Kawasan Danau Toba Menjadi Geopark Dunia

    12 bulan lalu

    Balige (Pelita Batak) :Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Dr Nurhajizah Marpaung menyebutkan, dengan ditetapkannya kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis nasional parawisata masya

  • 50 Dubes Asia Afrika Ikuti Lake Toba Forum di Parapat

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Sebanyak 50 Duta Besar (Dubes) yang berasal dari Asia-Afrika mengikuti Lake Toba Forum dalam rangka Summit Pariwisata Berbasis Geopark di Parapat, Simalungun, Sabtu (16/12). Guber

  • Wagubsu Lantik Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wakil Gubernur Sumut Brigjen TNI (purn) Nurhajizah Marpaung melantik susunan personil Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba Provinsi Sumut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nom

  • Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba Diresmikan di Parapat Kabupaten Simalungun

    7 bulan lalu

    Simalungun (Pelita Batak) :Wagubsu Dr Nurhajizah Marpaung menghadiri peresmian Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba. Peresmian ini dilakukan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Igna

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet