• Home
  • News
  • Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) Gelar Acara Senandung Rindu Bona Pasogit Jilid Pertama
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 08 April 2017 14:51:00

Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) Gelar Acara Senandung Rindu Bona Pasogit Jilid Pertama

BAGIKAN:
Ist
FBBI
Jakarta (Pelita Batak): Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) menggelar Acara Senandung Rindu Bona Pasogit Jilid Pertama di Lapo Codian, Jakarta, Sabtu 8 April 2017.
 
Para pendukung acara, Feber Manalu, artis muda Batak sekaligus Ketua Bidang Pemuda, Seni dan Produksi FBBI. Minderman Sihombing, Ketua Perwakilan FBBI Amerika Serikat, yang menggagas acara ini sekaligus turut memainkan serulingnya. Korem Sihombing, seniman senior Batak, Asito Situmeang, Hilman Padang, Dakka Hutagalung, Obed Hutabarat, Roy Pasaribu (Maksima Trio), dan Dr  (C) Liber Simbolon, M.Kom Pembina Tortor Muda Mudi FBBI. 
 
Kegiatan senandung rindu ini, dihelat Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) untuk menegaskan upaya organisasi  yang terus menerus memperdengarkan lagu-lagu Batak oleh seniman Batak yang junior maupun yang senior. Dengan bersenandung lagu-lagu pilihan, diharap juga menggiring kenangan cinta buat bonapasogit yang penuh dengan kenangan indah, maupun kenangan masa lalu yang penuh kesulitan. Kenangan suka dan duka yang dilalui bersama dengan orang terkasih, orang tua, kakak, adik dan saudara, apakah mereka sudah mendahului atau masih hidup saat ini adalah bagian masa lalu sebagai catatan emas,  yang takkan hapus sampai mati menjemput.
 
"Agar supaya kenangan itu menjadi terwujud dan berguna bagi diri sendiri, bagi keluarga dan seluruh bangso batak serta bangsa Indonesia,  dipandang perlu mewujud nyatakannya dalam suatu rencana aksi,"ujar Ronsen LM Pasaribu, Ketua Umum FBBI.
  
Rencana aksi itu sudah dirumuskan oleh FBBI,  seperti rencana pembangunan Balai Pustaka di 50 Desa sampai tahun 2020,  Beasiswa, Budaya dan Seni, Pelayanan pendampingan Bantuan Hukum, Focus Group Diskusi atas topik yang hangat di Bonapasogit, mendukung program Badan Otorita Danau Toba (BODT) dibidang Pariwisata, Kerjasama dengan Lembaga Swasta dalam memperjuangkan kemajuan Bonapasogit dan lainnya, serta yang tidak kalah pentingnya usaha "Rising Fund" berupa GASIBU (Gerakan Seribu).
 
"Kami sadar, roda organisasi akan dapat dijalankan jika ada dana. Sementara sumber dana dari para pengurus berupa hibah sukarela, lama lama akan habis juga, maka pengurus telah bulat hati untuk membuka peluang dana masyarakat Batak pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya,"jelasnya.
 
Menurut Ronsen Pasaribu, dana masyarakat ini, akan dijadikan dana abadi, dengan target 1 (Satu) miliar rupiah.  "Dan, dengan menggunakan bunganya kelak, akan dapat dengan mudah merealisasikan program yang telah kami  rumuskan di atas.
GASIBU, gerakan seribu adalah gerakan moral, gerakan membayar hutang perantau kepada bonapasogitnya yang masih terbelakang di segala bidang. Yang menonjol di Bonapassogit adalah semangat menyekolahkan, namun di bidang lain, masih jauh terbelakang dari desa di Pulau Jawa ini,"ucapnya.  
 
Kontribusi seribu sebulan, atau dua belas ribu setahun, dapat dijangkau oleh siapa saja, anak anak, remaja, pemuda terlebih orangtua yang sudah bekerja. Bagi yang mampu,  tentu Gerakan Seribu Rupiah dimaknai sebagai simbol gerakan yang terus menerus dengan nilai nominal di atas Seribu tentunya. Sehingga gerakan seribu, menjadi gerakan yang bisa diikuti oleh seluruh lapisan orang batak dimanapun berada. 
 
"FBBI telah mengatur tatakelolanya dengan rapi, akuntabel dan dapat di audit oleh siapapun karena kami kelola dengan tranparan di website FBBI, dengan uraian nomor, nama, alamat bonapasogit, jumlah , Tahun berapa dan tanda pengirimannya. Begitu juga kelak, pemanfaatannya didasarkan pada mekanisme yang tepat sasaran,"kata Ronsen Pasaribu.
 
Senandung rindu Bonapasogit Jilid Pertama, akan dilanjutkan dengan jilid seterusnya sesuai kondisi dan kemampuan. "Terimakasih juga kami sampaikan kepada para pendukung acara yang sudah bekerja terus menerus, Bapak Djalan Sihombing, Sekjen FBBI, Pulo Samosir, Bendahara Umum, Radjin Sihombing, Ketua Dewan Pembina FBBI, Mutiara Marbun, Kepala Kantor,  Danny Siagian, Ketua Dewan Pakar, Toni  Limbong, DPD DKI, Rustika Sianturi, Rusmawati Siregar, Johannes Situmorang, Delly Sinaga, Aan Rumahorbo, Choky Pardede, Bukit Pardede, Benny Pardede, Julios Pasaribu , dan lainnya yang tidak kami sebut satu persatu yang sudah memberikan dukungan moral dan materil,"ujarnya.
 
Terimakasih juga disampaikan kepada bapak R. Sihombing dan J br Marpaung pemilik  Lapo Codian, yang telah digunakan FBBI sebagai tempat pertemuan sejak organisasi ini lahir dan saat ini sebagai tempat dilangsungkannya Senandung Rindu Bonapasogit, Jilid Pertama.(R2)
  BeritaTerkait
  • Pusat Habatakon (Batak Center) Didirikan untuk Menyelamatkan Kebudayaan Batak di Masa Depan

    3 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Kebudayaan Batak perlahan-lahan ditinggalkan oleh penganutnya yaitu orang-orang Batak itu sendiri, semakin tergerus oleh kemajuan teknologi informasi, pergaulan bebas, hedonisme

  • Tokoh Batak Nasional Meriahkan Senandung Rindu Bonapasogit yang Digelar FBBI

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Acara "SENANDUNG RINDU BONAPASOGIT/Kampung Halaman" berlangsung meriah di Lapo CODIAN (Codian Resto), Jakarta Timur / Depan Badan Kepagawaian Negara BKN), Jalan May

  • Senandung Rindu Bonapasogit, Sebuah Catatan Kecil

    2 tahun lalu

    Rustika, salah seorang panitia selalu membimbing seluruh panitia untuk berdoa, baik memulai rapat siang itu menyerahkan pada Tuhan agar rencana berjalan lancar, begitu para undangan boleh hadir den

  • Menelusuri Liku-liku Jalan di Bonapasogit dan Merajut Semangat Leluhur

    2 tahun lalu

    Pulang ke kampung saya, Sigolang di lereng pebukitan Bukit Barisan di deretan Tapanuli Selatan sangat berkesan. Keberangkatan kali ini, diawali dihari Kamis, tanggal 27 April 2017 dengan bangun san

  • 2 Juli 2016, Ulang Tahun Kedua Forum Bangso Batak Indonesia Dipusatkan di Jakarta

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) akan merayakan ulang tahun keduanya di Lantai II Aula Gedung PGI Jl. Kramat Raya No.19 Salemba Jakarta Pusat, Sabtu, 2 Juli 2016, pukul 1

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb