• Home
  • News
  • Erry: Tambang Emas Martabe Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Sekitar
Senin, 19 Juni 2017 13:18:00

Erry: Tambang Emas Martabe Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Sekitar

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Tapanuli Selatan (Pelita Batak) :
Sebelum kembali ke Medan melalui Bandara FL. Tobing, Pinang Sori dalam rangkaian Safari Ramadhan Pemprovsu, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bersama  Kapolda Sumut yang akan menjabat Gubernur Akpol Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyempatkan diri meninjau kawasan Tambang Emas Martabe PT Agincourt Resources di Desa Napo, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Jumat (16/06/2017).

Kehadiran rombongan langsung disambut  Director PT Agincourt Resources Washington Tambunan, sejumlah manager dan staf. IKut mendampingi Gubernur sejumlah SKPD Pemrov Sumut dan Ketua TP PKK Hj Evi Daian Sitorus.

Tengku Erry menyebutkan, tambang emas Martabe adalah tambang emas dan perak kelas dunia. Untuk itu kami berharap sebagian deviden yang diperoleh hendaknya dapat diberikan kepada Pemda setempat agar dapat dipergunakan untuk program pengembangan masyarakat di sekitar tambang emas Martabe dimana pengelolaan dananya diserahkan kepada Pemkab Tapsel.

Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kerjasama saling menguntungkan antara pemerintah daerah dengan swasta, sekaligus meningkatkan rasa memiliki pemerintah daerah dan masyarakat terhadap tambang emas dan perak Martabe.

Oleh karenanya, Tengku Erry Nuradi meminta eksplorasi dan eksploitasi penambangan emas di kawasan Tambang Emas Martabe mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Menurutnya, proses ekplorasi dan eksploitasi emas tidak hanya mempertimbangkan dampak lingkungan semata, tapi juga memperhatikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

"Tambang Emas Martabe harus berkontribusi meningkatkan kesejahteraan  masyarakat di wilayah konsesi. Baik sejahtera dalam bentuk tingkat perekonomian, peningkatan kualitas pendidikan dan kehidupan sosial masyarakat," harap Erry saat meninjau tambang tersebut.

Erry juga mendorong PT Agincourt Resources menyalurkan dana Corporate Social Rensponsbility (CSR) tepat guna, tidak hanya sekadar memenuhi tanggungjawab semata. "Ajak Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota yang berada di kawasan konsesi untuk berdiskusi, kemana dana CSR disalurkan. Tujuannya agar penyaluran dana CSR tepat guna dan berdaya guna," saran Erry.

Disamping nendorong penyaluran dana CSR, karena tambang ini sangat rentan dengan lingkungan hidup maka Gubsu juga menghimbau agar PT Agincourt Resources menjaga kelestarian lingkungan hidup.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Jelang Mutasi Jadi Gubernur Akpol, Kapolda Sumut Kunjungi Tambang Emas Martabe

    satu minggu lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si dan Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel yang dalam waktu dekat akan mutasi menjabat sebagai Gubernu

  • Pelantikan PPNI, Gubernur Harapkan Perawat Mumpuni Dalam Pelayanan Kesehatan

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi berharap agar perawat di Sumut mumpuni (melaksanakan tugas dengan baik, menguasai keahlian, kecakapan serta ketrampilan) sebagai pengemban tugas yang mulia yakni dalam hal memberikan pe

  • Menteri Eko Sebut Desa Harus Fokus Komoditi Tertentu

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo menyebutkan setiap desa harus fokus pada komoditi tertentu dengan membuat model gerakan One Village One Product.

  • Natal Nasional di Humbahas, Gubernur : Pertahankan Suasana Damai, Aman Dalam Persaudaraan

    6 bulan lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak) :Perayaan Natal Nasional Republik Indonesia 2016 di Kabupaten Humbang Hasundutan, Senin (26/12/2016) berlangsung khidmat. Acara yang dihadiri Menteri Koordinator Maritim Luhut B Panjaitan, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukit

  • Ini Daftar Susunan Pejabat Pemprov Sumut Sejak 2017

    6 bulan lalu

    Nama-nama pejabat eselon II yang dikukuhkan dan diangkat sesuai dengan keputusan Gubernur Sumut Nomor 821.23/411/2017 dan Keputusan Gubernur Sumut Nomor 821.23/412/2017 yakni:

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet