• Home
  • News
  • Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing Resmikan HKBP Parsaoran Nauli
KSP Makmur Mandiri
Senin, 15 Januari 2018 10:57:00

Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing Resmikan HKBP Parsaoran Nauli

BAGIKAN:
Pdt Alter Siahaan
Peresmian HKBP Parsaoran Nauli
Oleh: Pdt. Alter Pernando Siahaan, Sekretaris Khusus Ephorus HKBP

Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing meresmikan HKBP Parsaoran Nauli Pematangsiantar. Gereja yang dipimpin oleh Pdt. Pangihutan Pandingan ini, merupakan salah satu ressort dari 49 ressort yang tergabung dalam HKBP Distrik V Sumatera Timur. 

Ressort ini terdiri dari sekitar 910 KK (data tahun 2017) yang dilayani oleh tiga orang pelayan, Pdt. Pangihutan Pandingan (Pendeta Ressort), Biv. Sulatri Sitompul, dan Gr. Bidler Manalu. Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur Pdt. Same Siahaan, S.Th melayani sebagai liturgist, dan pembacaan sejarah gereja dibacakan oleh seorang sintua.

Tampak juga para pelayan lain yang hadir sekitar 35 orang. 
Seiringan persiapan peresmian ini, panitia telah mempersiapkan acara dengan baik, tampak dari acara pra-peresmian yang telah berlangsung pada hari Sabtu 13 Januari 2018. 

Ephorus HKBP mengutip Firman dari Keluaran 5: 24-6: 6  menjelaskan Firman ini menjelaskan kalau ini peristiwa Musa mencoba menolak perintah Tuhan dengan alasan tidak pandai berbicara dan memahami dirinya sebagai orang biasa saja. Dia tahu berbicara dengan siapa, tetapi dia tidak yakin akan penyertaan Tuhan. 

Firman menekankan bagaimana Musa percaya dan yakin kepada Tuhan yang mengutusnya. Setiap orang Kristen hendaknya bukan hanya percaya tetapi juga berkeyakinan Tuhan bekerja di dalam hidup kita. 

Ephorus menjelaskan ilustrasi khotbah sederhana, seseorang pemain sikrkus yang bisa berjalan di atas tali melewati jurang, lalu kemudian bertanya kepada khalayak ramai penonton, apakah kalian percaya kalau saya bisa berjalan di atas tali ini? Semuanya siapakah yang bersedia saya bawa melewati tali tersebut, tak seorang pun yang menjawab karena ketakutannya, tetapi tiba seorang anak datang dan menjawab bersedia. 

Diawali dengan prosesi dari rumah jemaat, Bukan hal biasa, Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing Ompu Boru Mantasia Br. Siahaan diberikan penghargaan menaiki masing-masing kendaraan Sado/Delman, lalu diikuti oleh rombongan para Pendeta, Panitia, Jemaat dan warga sekitar gereja. 

Pendeta Ressort Parsaoran Nauli mengatakan kalau kendaraan shado ini adalah kesepakatan panitia sehubungan bahwa sado ini jarang diperkenalkan di Pematangsiantar padahal fasilitas itu sendiri ada. 

Seiring berjalannya prosesi ini, warga sekitar dan seluruh jemaat menyambut dengan sorak-sorai sukacita mengatakan "Horas ompung...."

Sekretaris Khusus Ephorus, Pdt. Alter P. Siahaan saat diwawancarai mengatakan, rangkaian acara peresmian berjalan dengan baik dan sukacita, sesuai dengan informasi yang disampaikan Ketua Panitia Peresmian, bahwa jemaat HKBP Parsaoran Nauli dominan dengan mata pencaharian petani gambiri, dan domisili yang tersebar di berbagai wilayah, bukan hanya di Kotamadya Pematangsiantar melainkan juga ada yang berdomisili di wilayah Kabupaten Simalungun. 

Ada 4 (empat) Wijk yaitu wijk 1, 2, 3, dan 4 yang berada di wilayah Simalungun dan selebihnya ada 15 wijk yang berada di kotamadya Pematangsiantar.

Panitia mengundang Bupati Simalungun, Pemerintah Kota Pematangsiantar, dan dari Provinsi Sumatera Utara. Panitia juga mengatakan kalau memang selama pembangunan gereja ini, baik Kabupaten dan Kotamadya telah memberikan perhatian mendukung pembangunan, demikian dari dukungan personal, kini diundang, dan hadir, lalu wajar saja kalau panitia dan seluruh jemaat memberikan penghargaan kepada pemerintah kita dengan mangulosi (memberikan ulos) kepada mereka yang langsung disampaikan oleh Ompu i Ephorus HKBP. 

Ompu i Ephorus juga ketika hendak mangulosi mengatakan kalau pemberikan Ulos disertai dengan Umpama (Pantun) Batak merupakan penghargaan dari gereja dan doa bersama.

Sejenak usai ibadah juga Ephorus HKBP menjelaskan, kalau Peresmian Gereja ini memang wajib dilakukan bagi setiap gereja HKBP yang telah selesai membangun gereja, berdoa dan bersyukur bersama di gereja. Panitia telah bekerja-keras, dan seluruh pelayan serta jemaat telah bekerja-keras terlaksananya kegiatan ini. 

Demikian juga menyangkut kehadiran bapak JR. Saragih, Ephorus HKBP menambahkan memang kita patut mengapresiasi bapak JR. Saragih sebagai Bupati Kabupaten Simalungun dan sebagai jemaat terus mendukung pelayanan dan kegiatan-kegiatan yang diadakan gereja, saya juga yakin kalau beliau juga mendukung kegiatan denominasi gereja lainnya termasuk agama-agama. Sangat diperlukan sinergitas pemerintah-masyarakat, agama dan gereja.

Usai ibadah tersebut, kembali Ompu i Ephorus HKBP, Bupati Simalungun, Wakil Walikota Pematangsiantar, Anggota DPRD Provsu Roni Situmorang, Kapolres Simalungun, Panitia, dan jemaat memasuki lokasi syukuran/pesta peresmian di samping gereja. Acara demi acara yang diselingi Lelang makanan dan lelang Dasi sumbangan dari Ephorus HKBP, nyanyian, door prize, juga diadakan memberikan Ulos dari gereja kepada Bupati Simalungun, Wakil Walikota Pematangsiantar, Kapolres Simalungun, Anggota DPRD Provisinsi Sumatera Utara, dan jemaat yang telah ditentukan penitia. 

Mewakili Undangan Muspida yang hadir, sambil berdiri bersama di pentas, Bupati Simalungun menyampaikan salam hormat kepada Ompu i Ephorus, Ompu Boru, para Pendeta, dan mengatakan, kalau inilah pertama sekalinya acara yang saya hadiri sejak diumumkan menjadi Calon Gubernur Sumatera Utara

Undangan kepada saya sebagai Bupati Simalungun untuk menghadiri acara ini telah sampai kepada saya jauh sebelumnya, saya berdiri disini menyampaikan sukacita saya bisa bertemu dengan Ompu i Ephorus HKBP, bapak-bapak Pendeta dan semua warga jemaat.  

Banyak suka dan duka yang harus kita hadapi bersama-sama. Ada yang bilang, sebaiknya jangan maju supaya tidak terjadi seperti beberapa tahun yang silam, saya tahu gereja bukanlah tempat berpolitik, saya juga punya kewajiban meminta doa dan mohon restu dari kita semua terlebih secara khusus kepada Ompu i Ephorus HKBP sebagai jemaat untuk bekerja dan berjuang bersama rakyat supaya bisa menjadi garam dan terang dunia. 

Dalam Bimbingan Pastoral, Ephorus mengatakan: Secara pribadi, sebagai kebanggaan di gereja HKBP karena ada semangat mambangun di dalam diri jemaat, tidak pernah ada instruksi maupun perintah dari Pimpinan Gereja untuk membangun gereja. justru dari inisiatif sendirilah muncul prakarsa membangun gereja di tempat masing-masing. Jemaat HKBP sangat senang dan bersukacita memberikan persembahan dan karya dalam membangun gereja. 

Kepada semua jemaat HKBP Parsaoran Nauli, bersukacitalah karena diberikan kesempatan untuk memberikan tenaga, materi, dan waktu untuk bekerja-sama membangun gereja ini, kiranya Tuhan menambahkan banyak berkatNya. Di tahun 2018 ini, kita fokus kepada Orientasi Pelayanan HKBP Kesehatan dan Kebersihan Dalam Lingkungan Hidup, kita bekerja-sama dengan pemerintah dan berbagai pihak untuk melaksakan pelayanan ini, kita telah bekerjasama dengan Menteri Kesehatan dan Menteri Lingkungan Hidup ketika launching program tanggal 5 Januari 2018 kemarin. 

Demikian juga peningkatakan di bidang pendidikan, kita akan mengadakan syukuran atas peresmian Universitas Nommensen HKBP Pematangsiantar. Kini HKBP memiliki dua Universitas yaitu Universitas HKBP Nommensen Medan dan Universitas HKBP Pematangsiantar. 

Demikian dengan kehadiran tokoh-tokoh kita disini secara khusus dengan Bapak Sitorus Walikota Pematangsiantar dan Bupati Simalungun bapak Dr. JR. Saragih, selamat meneruskan pelayanan dan perjuangan, kiranya Tuhan memberkati. 

Ibadah yang dimulai sejak Pkl. 10.00 Wib ini berlangsng hikmat dan sukacita, demikian yang dilanjut dengan rangkaian acara lainnya hingga selesai sekitar Pkl. 18.00 Wib. Seiring dengan menyempurnakan pembangunan, panitia juga sekaligus memadu acara ini untuk menggalang dana. Hingga Saatnya Ephorus HKBP bersama rombongan pulang dari lokasi gereja, tampak seluruh jemaat turut menghantarkan sambil bersalam-salaman dan menyempatkan diri untuk berfoto ria.(*)
  BeritaTerkait
  • Ephorus HKBP Pimpin MBO - Jubileum 75 Tahun dan Resmikan Gereja HKBP Sarimatondang

    9 bulan lalu

    Oleh: Pdt. Alter Pernando Siahaan, S.Th (Sekretaris Khusus Ephorus)Sarimatondang(Pelita Batak): Peletakan batu alas gereja dan Jubileum 75 Tahun HKBP Sarimatondang dipimpin Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin

  • Ephorus HKBP Resmikan Gedung Perkuliahan Sekolah Tinggi Bibelvrouw (STB) HKBP

    3 bulan lalu

    Laporan Pdt Alter Pernando SiahaanOmpu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing meresmikan Gedung Baru Perkuliahan Sekolah Tinggi Bibelvrouw (STB) HKBP, Laguboti, Kamis 31 Mei 2018.Diawali dengan p

  • Menyambut Seminar Ekklesiologi HKBP - Komisi Teologi HKBP Menuju Sebuah Gereja Pendeta?

    tahun lalu

    Tulisan ini ditujukan kepada Komisi Teologi HKBP yang sedang menggelar Seminar Ekklesiologi HKBP di tiga kota sesuai dengan informasi Ephorus HKBP Pdt.Dr.Darwin Lmbantobing pada  kata sambutan

  • Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing Bina Pelayan HKBP Se-Ressort Kramat Jati

    tahun lalu

      Laporan: Pdt Alter Pernando Siahaan    Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing : "Tindakan dan praktek mengikutsertakan anak dalam proses pendidikan adalah suatu u

  • Jokowi dan HKBP

    tahun lalu

    HARAPAN Jokowi agar HKBP menyuarakan semangat pluralisme di negara ini harus kita respon karena memang sudah menjadi tanggung jawab semua elemen bangsa untuk mendorong kebhinnekaan sebagai anugerah

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet