• Home
  • News
  • Ephorus HKBP Pimpin MBO - Jubileum 75 Tahun dan Resmikan Gereja HKBP Sarimatondang
Senin, 13 November 2017 10:47:00

Ephorus HKBP Pimpin MBO - Jubileum 75 Tahun dan Resmikan Gereja HKBP Sarimatondang

BAGIKAN:
Pdt. Alter Pernando Siahaan, S.Th
Foto bersama
Oleh: Pdt. Alter Pernando Siahaan, S.Th (Sekretaris Khusus Ephorus)

Sarimatondang(Pelita Batak): Peletakan batu alas gereja dan Jubileum 75 Tahun HKBP Sarimatondang dipimpin Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing. Prosesi yang dipimpin Ompu i Ephorus HKBP dan diikuti Praeses, seluruh pendeta yang hadir, seluruh penatua, dan perwakilan jemaat-panitia. 

Setibanya di kompleks gereja, langsung disambut oleh tortor dan pengalungan bunga oleh sekolah minggu. Turut hadir Bupati Simalungun  Dr. J.R. Saragih dalam mengikuti ibadah minggu yang didampingi Camat dan para staf. 

Gereja Sarimatondang ini merupakan induk dari Ressort Bethesda yang dipimpin oleh Pdt. Simon Septinus Hutagalung, S.Th, M.PdK. Gereja ini dilayani  20 orang Sintua, 1 orang Pendeta, dan seorang Diakones (Diak.Puspitabr. Simanjuntak). Sementara jumlah jemaat gereja ini 409 KK. Mengingat sejarah gereja ini, pada tahun 1920 kekristenan diterima oleh Raja Sidamanik dengan persyaratan terlebih dahulu membangun sekolah di beberapa tempat. 

Namun di tahun yang sama tahun 1920 terjadi krisis pangan dan imigrasi besar-besaran dari masyarakat Toba ke wilayah Simalungun. Setelah Tahun 1942 barulah dibangun gereja HKBP Sarimatondang dengan bangunan berlapiskan atap dan papan. Namun dikarenakan kondisi alam angin kencang merubuhkan bangunan, maka di tahun berikutnya 1972 dan tahun 1987 diadakan renovasi bangunan gereja dikarenakan pertambahan jemaat yang pesat. 

Setelah tahun 1998 Gereja ini ditetapkan menjadi Induk dari HKBP Ressort Bethesda Sarimatondang yang terdiri dari tiga Jemaat (gereja), kala itu dipimpin oleh Pdt. Dobes Manullang.  Seiring perkembangan pelayanan, semakin lengkap fasilitas Gereja untuk para Pelayan dengan dua unit rumah dinas demikian juga fasilitas pendidikan berupa PAUD yang diberi nama PAUD JUSTIN SIHOMBING. 

Lalu di tahun 2017 ini HKBP Sarimantong yang dipimpin oleh Pdt. Septinus Simon Hutagalung, merayakan Jubileum 75 Tahun dan Peletakan Batu Alas -dan meresmikan (Mangompoi) gereja HKBP Sarimatondang. 

Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur Pdt. Same Siahaan yang melayani sebagai liturgis mengapresasi kerja-keras panitia dalam rangka terlaksananya acara besar ini. Demikian juga dengan terlaksanamya pra-Jubileumdengan baik. Kehadiran Ompu i Ephorus HKBP menjadi sejarah bagi gereja ini, seluruh pelayan demikian jemaat dari anak-anak hingga orangtua. 

Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing mengatakan bahwa peletakan batu alas gereja (bahasa Batak: Mameakhon Batu Ojahan - MBO) merupakan puncak dari perayaan gereja. Setiap gereja memiliki tugas besar di antaranya MBO tersebut. Gereja ini bukanlah milik sekelompok orang namun milik Tuhan sehingga terbuka untuk semua orang yang ingin datang kepadaNya. 

"Siapapun kita dan bagaimana latar-belakang kita, boleh dan bahkan menjadi tugas kita bersama untuk memuliakan Nama Tuhan dengan gerejaNya termasuk HKBP Sarimatondang ini. Ingatlah, tidak semua orang punya kesempatan membangun gereja, melakukan karya di dalam gereja termasuk aktif dalam Acara MBO - Jubileum - meresmikan Gereja. Seperti Daud yang berencana membangun Bait Suci namun dibangun justru pada masa Salomo. Materi, kuasa, dan tenaga ada bahkan sangat lengkap pada Daud sebagai Raja namun terlaksana Pembangunan Bait Suci justru menunggu masa Salomo yang telah ditentukan Tuhan. Sekarang Kesempatan itu ada pada kita, maka bersyukurlah kepada Tuhan. Di gereja ini juga Tuhan berdiam dan tempat kita bersekutu denganNya-bersyukur dan memuliakanNya," katanya. 

Ephorus juga menambahkan sesungguhnya setiap orang Kristen telah menerima "Jambar", yaitu "jambar hangoluan - jambar marlasniroha - jambar haporseaon" (seperti pemahaman orang Batak akan JAMBAR: potongan daging yang dibagikan pada saat pesta Batak sesuai dengan posisi dan peranan seseorang). Bila ada saja seseorang yang seharusnya menerima Jambar tetapi justru tidak menerima, maka orang itu akan sakit hati - bahkan bisa menderita sampai memunculkan keributan karena tidak memperoleh jambar. 

"Kenapa itu bisa tidak menerima, mungkin tidak aktif dalam kegiatan tersebut, bukan posisi atau peranannya dalam kegiatan, atau bahkan tidak dikenal - tidak berkomunikasi dengan baik. Demikian halnya anugerah Tuhan (Hangoluan - Las Ni roha - Haporseaon) perlu dipelihara dengan baik dan hidup di dalam Firman. Bila tidak demikian maka bisa saja hilang dari hidup kita, " jelasnya.

Bupati Simalungun Dr. J.R.Saragih menyampaikan rasa bangganya atas dukungan warga/jemaat HKBP dalam melaksanakan program pemerintah. "Undangan sampai sama kami, dan saya mengatakan undangan saja sudah sangat menghargai saya sebagai Bupati. Saya sebagai jemaat gereja sekaligus sebagai Bupati sangat mendukung program-program gereja demikian yang disampaikan Ompu i Ephorus melalui khotbah yang sangat kaya nasehat, " katanya. 

Dalam rangka mendukung acara HKBP Sarimatondang dan HKBP Pusat, Dr.J.R.Saragih memberikan persembahan atas nama keluarganya kepada Dana Pensiun HKBP Rp.50.000.000,- (50 juta) yang langsung tunai diberikan kepada Kepala Biro Jemaat Pdt. Ebsan Hutabarat, M.Th, dan atas nama Pemerintah Daerah Simalungun kepada Gereja HKBP Sarimantondang sebanyak Rp. 80.000.000,- (80 juta). 

Ephorus dalam bimbingan pastoralnya menekankan agar jemaat bersama dengan pelayan saling melengkapi satu sama lain - teguh dalam iman - dan Lakukan serta doakan yang kita rencanakan. Secara khusus Ephorus menegaskan kalau Bapak Dr. J.R. Saragih telah banyak membantu gereja-gereja termasuk HKBP baik tingkat pusat maupun di daerah termasuk gereja HKBP Sarimatondang. (*)
  BeritaTerkait
  • Selamat, Pesta Jubileum 50 Tahun HKBP Bethesda Sukses

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pesta Jubileum 50 Tahun HKBP Bethesda Ressort Medan Sunggal dengan tema "Jahowa do Siparmahan Ahu (Tuhanlah Gembalaku), (Psalmen 23:1)" berlangsung sukses, Minggu (4/6/2017) di J

  • Ephorus HKBP Serukan HKBP Lhokseumawe Jadi Berkat

    2 bulan lalu

    Laporan Pdt Alter Pernando Siahaan, HKBP Lhokseumawe 10 September 2017, genap usia 50 Tahun Pesta Jubileum HKBP Lhokseumawe yang dipimpin oleh Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing. Ressort Lhoks

  • Bupati Humbahas Hadiri MBO dan Jubileum 50 Tahun HKBP Pakkat Dolok di Doloksanggul

    3 minggu lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama pimpinan SKPD hadiri pesta MBO (mameakhon batu ojahan) dan mangompoi (memasuki) sekaligus jubileum 50 tahun HKBP Pakkat Dolok

  • Kalung Bunga Sambut Rombongan Gubernur di Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung

    6 bulan lalu

    Tarutung (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry  Nuradi bersama Ibu Evi Diana br Sitorus disambut penuh suka cita Ephorus HKBP  Pdt Dr Darwin Lumban Tobing di kantor Pus

  • Warga HKBP Harus Mangaplikasikan Firman Tuhan dalam Keluarga yang Berbudaya

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) Panitia Tahun Keluarga HKBP Distrik X Medan Aceh akan menggelar Seminar Budaya, Sabtu (21/5/2016) di HDTI Convention Hall Medan. Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan yang

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online