• Home
  • News
  • Ephorus HKBP Layani Partangiangan Bona Taon dan Launching Pelayanan 2018 HKBP Distrik XIX Bekasi
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 27 Januari 2018 23:32:00

Ephorus HKBP Layani Partangiangan Bona Taon dan Launching Pelayanan 2018 HKBP Distrik XIX Bekasi

BAGIKAN:
Pdt Alter Siahaan
Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing memberi ulos
Oleh:Penulis, Pdt. Alter Pernando Siahaan

Ompu i Ephorus: saya memberikan perhatian khusus kepada perpustkaan dan klinik ini, karena saya sangat bangga atas pelayanan gereja ini, tentu ini menjadi contoh yang baik bagi semua gereja dalam meningkatkan pelayanan. Perpustakaan satu langkah upaya gereja memfasilitasi jemaat untuk gemar membaca, dan klinik bermanfaat untuk fasilitas kesehatan jemaat dan masyarakat umum.

Senin, 22 Januari 2018 bertempat di HKBP Jati Asih, dilaksanakan Ibadah Syukuran Awal Tahun HKBP Distrik XIX Bekasi. Syukuran awal tahun ini dirangkai dengan kegiatan Launching Orientasi Pelayanan Tahun 2018 dengan membuka selubung, pelepasan merpati, dan tak kalah penting menekankan pentingnya pemeliharaan Lingkungan Hidup dengan adanya penanaman pohon di sekeliling kompleks gereja, peresmian Klinik HKBP Jati Asih, dan Perpustakaan HKBP Jati Asih. 

Syukuran ini diawali dengan ibadah yang dilayani oleh Praeses HKBP Distrik XIX Bekasi Pdt. Banner Siburian, M.Th sebagai Liturgis dan Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing sebagai pengkhotbah. 

Menarik, Ompu i Ephorus HKBP menjelaskan Firman dari Yeremia 33: 6 dengan thema Allah akan memberikan kesehatan, kesembuhan, kesejahteraan, dan keamanan. Gereja bukan berpikir hanya untuk pelayanaan teknis hari minggu namun pelayanan gereja juga mencakup menjawab pergumulan jemaat sehari-hari. Kesehatan dan lingkungan hidup menjadi wacana pelayanan gereja, kumpulan gereja-gereja, masyarakat umum, dan negara.

Ibadah ini juga diisi oleh Persembahan Pujian koor. 
Ompu i Ephorus mengatakan saya memberikan perhatian khusus kepada perpustkaan dan klinik ini, karena saya sangat bangga atas pelayanan gereja ini, tentu ini menjadi contoh yang baik bagi semua gereja dalam meningkatkan pelayanan.

Perpustakaan satu langkah upaya gereja memfasilitasi jemaat untuk gemar membaca, dan klinik bermanfaat untuk fasilitas kesehatan jemaat dan masyarakat umum. 

Dalam bimbingan, Ompu i Ephorus menjelaskan dalam bahasa batak mengenai hadomuan haiason dohot hahipason: 
Marpardomuan do hahipason dohot haiason. Somalna, halak na hipas, ias do pamatangna, ias bagasna, jala ias inganan na humaliang ibana. Jala halak na ias pasti hipas do parngoluonna. Asa saurdot jala sarombang do pangalaho hasomalan hahipason dohot haiason. Halak na ias do na hipas, jala halak na hipas do na ias. I do pangalaho di parngoluan na sasintongna. 

Sian hatorangan panghataion ni I.L. Nommensen dohot Raja Pontas Lumbantobing, sintuhu haroro ni Nommensen manopot bangso Batak i ma laho mamboan hahipason. Sadalan jala saurdot do hahipason dohot haporseaon. Atik pe sipata sai adong, isarana, hipas ngolu ni haporseaonna tu Tuhan i atik pe marsahit do nian pamatangna. Lapatanna, tongtong do marsihohot ibana marhaporseaon tu Debata saleleng ngoluna, atik pe sasintongna adong do sahit ni pamatangna. 

Asa ndang targanggu haporseaonna tu Debata atik pe marsahit pamatangna. Tutu sai adong sipata panghorhon ni hahipason tu panghaporseaon. Adong do halak na mandele, gabe ganggu haporseaonna tu Debata ala ni sahit pardagingon na ni aena. 

Ai ndang tarsirang, sipata, ngolu pardagingon tu ngolu partondion. I do umbahen na di angka tingki na parpudi on ndang be sai dibolat manang dipapulik mangeahi hahipason ni partondion dohot hahipason ni pardagingon. Ala rap ringkot do duansa, jala duansa, hahipason pardagingon dohot partondion rap marpanghorhon do tu ngolu ni hita hajolmaon. 

Ompu i Ephorus HKBP juga mengapresiasi Walikota Bekasi bapak Rahmat Efendi yang serius memberikan perhatian tentang toleransi umat beragama. Untuk hal ini diwakilkan oleh bapak Kesbangpol Kota Bekasi dikarenakan ada kegiatan kenegaraan yang tidak bisa ditinggalkan. 

Ompu i Ephorus juga menyampaikan titip salam kepada Walikota Bekasi. 
Usai ibadah berlangsung, sembari proses persiapan acara berikutnya, hadir Utusan Walikota Bekasi yaitu Kesbangpol Bekasi yang kemudian diadakan Acara Nasional dengan menyangikan Lagu Indonesia Raya. 

Acara kebangsaan yang berlangsung di dalam gereja dan dihadiri oleh lintas agama berbeda menjadi daya tarik tersendiri dalam launching program pelayanan tahun 2018. Gereja berperan aktif dalam pelayanan kesehata dan lingkungan hidup. 

Pdt. Jason Simanjuntak yang membawakan doa syafaat juga ketika ibadah, mendampingi utusan Walikota selama berada di kompleks gereja. 

HKBP Jati Asih sebagai salah satu ressort dari jumlah 19 ressort yang tergabung dalam Distrik Bekasi, kali dipilih menjadi tuan rumah syukuran Awal Tahun distrik sekaligus launching pelayanan tahun 2018. 

Gereja ini dilayani oleh 4 orang Pendeta; Pdt. Jason Simanjuntak (Pendeta Ressort), Pdt. Herlina O. Hasibuan S.Th, Pdt. Lintong Saragih, Pdt. Christopurus Nababan, S.Th, dan Pdt. Ferry Donal Pasaribu, M.Th (Pimpinan Jemaat HKBP Jati Murni), dengan jumlah jemaat 1920 KK. Hingga saat ini, pelayanan HKBP Jati Asih semakin berkembang baik secara fisik maupun rohani.

Menurut penjelasan seorang sintua, gereja sedang berupaya untuk membeli lahan kosong yang berada tepat disamping gereja bahkan saat ini sedang berjalan pembangunan rumah dinas gereja. HKBP Jati Asih juga dilayani dengan team musik yang handal dan paduan suara yang berlatih secara maksimal.

Tampak sukacita semua jemaat dan pelayan selama mengikuti acara tersebut, usai kata-kata sambutan, dilanjut dengan membunyikan sirena peresemian, pelepasan merpati, meresmikan klinik HKBP Jati Asih, dan Perpustakaan HKBP Jati Asih. 

Dalam sambutannya, Ompu i Ephorus mengatakan kalau jemaat HKBP adalah jemaat yang missioner, memberikan tenaga, materi, waktu untuk berjalannya program pelayanan tanpa ada pamrih yang diharapkan. 

Dimanapun keberadaan gereja HKBP dominan dikarenakan semangat dan kecintaan jemaat dalam membangun gereja HKBP, bahkan sering sekali setelah terbangun barulah ada undangan untuk diresmikan, namun ada juga fakta dikarenakan baiknya pelayanan seorang pelayan HKBP. Tentu ini menjadi daya tarik bagi dan keistimewaan HKBP bahwa kebesarannya ada pada jemaat yang missioner.(rel)
  BeritaTerkait
  • Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing Resmikan HKBP Parsaoran Nauli

    8 bulan lalu

    Oleh: Pdt. Alter Pernando Siahaan, Sekretaris Khusus Ephorus HKBPEphorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing meresmikan HKBP Parsaoran Nauli Pematangsiantar. Gereja yang dipimpin oleh Pdt. Pangihutan Pa

  • Kunjungan EPHORUS HKBP ke GUBERNUR dan KETUA DPRD SUMBAR : Teguhkan Toleransi Umat Beragama Sumatera Barat

    3 minggu lalu

    Padang (Pelita Batak):  Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing bersilahturahmi dengan Gubernur Sumatera Barat dan Ketua DPRD Sumatera Barat di Kediaman serta Kantor DPRD Sumbar dalam rangka ku

  • Ephorus HKBP Hadiri Launching Pelayanan 2018 HKBP Distrik X Medan Aceh

    8 bulan lalu

    Medan(Pelita Batak): Rabu, 24 Januari 2018, Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing pimpin Syukuran Awal Tahun HKBP Distrik X Medan Aceh di HKBP Sudirman Medan. Syukuran kali ini dirangkai deng

  • Ephorus HKBP Layani MBO dan Tahbiskan HKBP Puteri Deli

    4 bulan lalu

    Medan(Pelita Batak): Minggu 13 Mei 2018, Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing layani Ibadah Mameakhon Batu Ojahan (MBO - Peletakan Batu Alas Gereja) dan Mentahbiskan HKBP Puteri Deli Ressort Meda

  • Pamingkirion tu Parsiranggutan di Ekklesiologi HKBP di Rapot Pandita HKBP Oktober 2017

    tahun lalu

    I. Pamuhai Di Sinode Godang HKBP September 2016 na salpu, ruas ni sinode do ahu songon Plt. Direktur Sikkola Pandita. Disi tangkas do soara ni bahat parsinode asa diamandemen sistem pamil

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb