• Home
  • News
  • Eldin Harapkan Calhaj Lebih Mandiri
Rabu, 03 Agustus 2016 09:42:00

Eldin Harapkan Calhaj Lebih Mandiri

BAGIKAN:
Medan (Pelita Batak)
 
Wali Kota Medan, Dras H T Dzulmi Eldin S MSi membuka Manasik Akbar di  Asrama Haji Jalan A.H Nasution Medan, Selasa (2/8/2016). Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi para calon jemaah haji (calhaj) dalam menjalankan ibadah haji di Tanah Suci nantinya. Selain manasik akbar, juga digelar halal bihalal dan tepung  tawar  kepada calon jemaah haji (calhaj) asal Kota Medan.
 
Eldin sangat mengapresiasi digelarnya manasik haji ini. Sebab, kegiatan ini dinilainya lebih memberikan pemahaman secara mendetail melalui simulasi kepada seluruh calhaj dalam proses pelaksanaan  ibadah haji tersebut.
 
"Melalui manasik haji ini, kita semua berharap agar para calhaj nantinya dapat lebih mandiri dan tidak merasa kebingungan selama menjalankan ibadah dan sesuai dengan tata cara yang diajarkan dalam ajaran agama kita," kata Eldin.
 
Oleh karena itu Eldin  berpesan kepada seluruh calhaj yang mengikuti manasik akbar ini dapat memanfaatkan waktu dengan semaksimal mungkin. Dengan demikian para calhaj dapat mengikuti seluruh rukun haji dengan baik sehingga  sepulangnya dari Tanah Suci nanti menyandang predikat haji dan hajjah mabrur.
 
Agar para calhaj merasa tenang dan khusyuk pada salah menjalankan ibadah haji, agar melaporkan dan menitipkan rumah serta keluarga yang ditinggalkan kepada camat, lurah maupun kepala lingkungannya masing-masing. Hal ini dilakukan agar camat, lurah dan kepling dapat menjaga rumah dan mengawasi keluarga yang ditinggalkan para calhaj.
 
"Saya juga akan berpesan dan memerintahkan camat, lurah dan kepling untuk menjaga rumah berikut keluarga yang bapak dan ibu tinggalkan di Kota Medan selama menjalankan ibadah haji. Semoga ini dapat membantu ba[pak dan ibu berkonsentrasi dalam menjalankan semua rukun dan sunnah haji," ungkapnya.
 
Usai memberikan arahan, Wali Kota selanjutnya menepungtawari  calhaj secara simbolis. Setelah itu mantan Wakil Wali kota dan Sekda Kota Medan tersebut menyalami para calhaj asal Kota Medan yang akan menjadi tamu Allah nanti.
 
Calhaj yang mengikuti manasik akbar ini berjumlah 1.819 jamaah yang telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun 1436 H/2016 M.  dalam manasik tersebut,  para calhaj  akan diberikan pembelajaran tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, baik  secara tatap muka, tanya jawab dan praktek lapangan.
 
Berdasarkan data yang diperoleh dari panitia menyebutkan, tahun ini calhaj asal Kota medan tergabung dalam 8 kelompok terbang (kloter). Kloter yang penuh calhaj asal kota medan yakni kolter 9, 10, 12 dan 16. Sedangkan sisanya bergabung dengan kabupaten/kota lainnya yakni kloter 5, 14, 15 dan 17. (TAp)
  BeritaTerkait
  • Musda DPD LPM Kota Medan Digelar di Griya Hotel

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Umum Setdakot Medan, Ikhwan Habibi Daulay membuka Musyawarah Daerah Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (Musda DPD LPM) Kota Medan tahun 2016 di Griya Hot

  • Lagi, Bunda PAUD Serahkan Bantuan APE Untuk Anak PAUD dan TK

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin kembali menyerahkan bantuan alat permainan edikatif (APE). Kali ini giliran Taman Kanak (TK) dan

  • 2018, Pembangunan Tanggul di Kampung Nelayan Direalisasi

    6 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Usai menghadiri Market Sounding Proyek KPBU Pengembangan RSUD Dr Pirngadi Medan, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi selanjutnya melakukan pertemuan dengan Kepala Badan

  • Momentum Puasa Jadi Modal Tingkatkan Kebersamaan

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Ratusan masyarakat yang berasal dari sejumlah organisasi dan pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan buka puasa bersama dengan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Wak

  • Perayaan Natal Oikumene Pemko Medan 2017 : Bangun Terus Kebersamaan

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh umat Kristiani di Kota Medan untuk terus membangun kebersamaan sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa  deng

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet