• Home
  • News
  • Edwin P Situmorang: Tugu Ompu Tuan Situmorang Tidak Sekedar Direnovasi
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 16 April 2017 07:36:00

Edwin P Situmorang: Tugu Ompu Tuan Situmorang Tidak Sekedar Direnovasi

BAGIKAN:
TAp|PelitaBatak
Ketua Panitia Edwin Pamimpin Situmorang

Medan (Pelita Batak) :
Ketua Panitia Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang mengatakan rencana revitalisasi yang dilakukan bukan hanya sekedar renovasi.
"Tapi pomparan ompu Tuan Situmorang yang ada di seluruh nusantara bahkan belahan dunia lain, menjadikan momen ini sebagai suatu tanggung jawab kepada bangsa," ujarnya didampingi wakil ketua Irjen Pol (Purn) Ricky P Sitohang, Dr Budi Situmorang, dan Sudung Situmorang SH MH disela-sela rapat perdana panitia di Hotel Danau Toba Internasional Jl Imam Bonjol Medan, Sabtu (15/4/2017).

Dijelaskannya, sejalan dengan program pemerintah untuk menjadikan danau toba sebagai destinasi wisata internasional. Maka keluarga Situmorang ingin memberikan suatu peran serta, dukungan melalui program revitalisasi tugu Ompu Tuan Situmorang.

"Kita ingin, melalui program ini, membagun tugu ini sebagai sarana atau objek wisata yang kelak dirindukan untuk dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke danau Toba," katanya.


Tentu sesungguhnya pemerintah juga melakukan hal itu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. "Kita ingin menangkap peluang ini, melalui ini maka masyarakat yang bermarga Situmorang dan borunya yang ada di sekitar tugu ini juga akan bisa meningkatkan kesejahteraannya," katanya.
 
"Karena kita juga mensyukuri bahwa negara ini sudah memberikan sesuatu kepada kita, suku yang kecil tapi toh bisa memberikan yang berarti dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tambahnya.

Renobasi akan dilakukan bertahap, tahap awal yang direncanakan selesai akhir tahun 2017 perbaikan sekitar komplek tugu. Dan diperkirakan membutuhkan dana Rp 2,5 miliar.

"Kita harapankan gotong royong semua pomparan bisa bersatu padu. Kalau partisipasi bisa dibangun, kita akan menjadi kuat. Bukan hanya marga Situmorang, juga orang batak harus menjalin kerjasama dalam menggalan partisipasi. supaya kita juga bisa memberikan kontribusi di Sumatera utara ini, bisa menjadi sesuatu dari bagian bangsa ini yang disegani yang dihargai yang mampu memberikan warna,  jadi kita mulai dari yang kecil. Situmorang mau menjadi teladan untuk itu. dalam rangka menggalang persatuan," ujarnya.

Kembali dikatakannya, bahwa tugu tersebut yang pasti sebagai pemersatu. Namun ke depan tidak lagi hanya simbol-simbol, lebih kepada perwujudan dan peran serta marga Situmorang mendukung program pemerintah. "Dan kedua, tanggungjawab kita kepada marga situmorang sendiri terutama yang ada di Samosir terutama untuk meningkatkan taraf ekonomi mereka," katanya.

Nantinya pengembangan akan menciptakan kawasan tugu menjadi pusat budaya situmorang. "Sejarah situmorang kan sangat bagus, jika itu ditulis dengan benar dan dikemas melalui lagu tarian, pementasan misalnya, dan begitu nanti akan menarik perhatian wisatawan. maka akan banyak tenaga kerja industri pariwisata," paparnya lagi.

Kemudian ditambahkan Sudung Situmorang, potensi kawasan Danau Toba sangat luas. Kini Situmorang berjalan duluan. "Karena kalu menunggu-menunggu siapa lagi. Sekarang kita destinasi wisata, salah satu yang paling lengkap masuk destinasi wisata adalah samosir. utuh semua satu kabupaten, lebih fokus kepada arah pantai," katanya.

Potensi semakin besar dirangkai dengan pembangunan bandara Silangit, yang akan memudahkan akses ke Urat. Turun ke Muara menyebrang ke Nainggolan. "Sehingga akan banyak turis langsung turun ke sana. Nah, apa yang akan dilihat wisatawan di sana, ini lah yang ingin kita buat disana," ujarnya. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Awali Kinerja, Panitia Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang Rapat Perdana

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ketua Umum Panitia Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang, Edwin Pamimpin Situmorang,SH,.MH langsung memimpin rapat perdana di Hotel Danau Toba Internasional (HDTI) Jl Imam

  • Ini Susunan Panitia Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Berikut susunan Panitia Sesuai dengan Surat Keputusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Parsadaan Situmorang Sipitu Ama dohot Boruna (PSSAB) se-Indonesia nomor :SKEP/014/DPP-PSSAB

  • Ketua Umum PSSAB, JB Siringoringo Lantik Panitia Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ketua Umum DPP Parsadaan Situmorang Sipitu Ama dohot Boruna (PSSAB) se-Indonesia, Ir JB Siringoringo melantik Panitia Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang di Hotel Danau

  • Buntora Situmorang Hibur Keluarga PSSAB

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak): Pelantikan Panitia Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang yang berlangsung di Hotel Danau Toba Internasional akrab dan penuh kekeluargaan, Sabtu (15/4/2017). Artis kondang B

  • Ini Dia PENGURUS PUNGUAN POMPARAN DATU OMPU LOBI NASUMURUNG JAKARTA & NAHUMALIANGNA PeriodeTahun 2018 -2023

    3 minggu lalu

    Lampiran Surat Keputusan Nomor : 002/SK-DA/PDL/VII-2018Dewan Adat Punguan Pomparan Datu Ompu Lobi Nasumurung Sihombing Lumbantoruan Jakarta & NahumaliangnaKetua Umum : Sahat Lumbantoruan/br.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb