• Home
  • News
  • Dr. Ir. Mangasi Panjaitan, ME Jadi Rektor Universitas Mpu Tantular
Selasa, 21 Maret 2017 10:13:00

Dr. Ir. Mangasi Panjaitan, ME Jadi Rektor Universitas Mpu Tantular

BAGIKAN:
Youtube
Mangasi Panjaitan
Jakarta(Pelita Batak): Dr. Ir. Mangasi Panjaitan, ME, dilantik menjadi Rektor Universitas Mpu Tantular, untuk periode 2017-2021. Pelantikan dipimpin Mangasi Panjaitan dilantik oleh Ketua Yayasan Pendidikan Budi Murni, Budi P. Sinambela, BBA (generasi kedua dari tokoh masyarakat Prof. DR. KRT Tarnama Sinambela, Kusumonagoro-red), di Aula Hiobadja, Kampus Universitas Mpu Tantular lantai 8, Cipinang, Jakarta Timur. 
 
 
Ketua Yayasan Budi P Sinambela berharap, agar tantangan dunia pendidikan yang semakin tinggi, dapat dihadapi dengan seksama, dan tetap menghasilkan output yang berkualitas. Sehingga, alumnus Universitas Mpu Tantular, dapat mengabdikan ilmunya dengan baik di masyarakat.
 
Sementara Mangasi Panjaitan yang sebelumnya adalah Dosen Pascasarjana/MM Universitas Trisakti Jakarta dan Pascasarjana/MM Universitas Trilogi Jakarta ini dalam sambutannya mengatakan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya menjadi Rektor. Dirinya berharap, agar seluruh civitas academika dapat saling bahu membahu bersama, untuk memajukan Universitas Mpu Tantular ke depan.
 
Mangasi Panjaitan yang juga sebagai peneliti ini menginginkan, agar kejayaan yang pernah didulang pada periode-periode pertama hadirnya kampus Universitas Mpu Tantular, dapat diraih kembali, dengan potensi-potensi yang dimiliki, seiring perkembangan ilmu dan teknologi serta kemajuan di dunia industri yang selalu inovatif.
 
Bahkan dalam bincang-bincang setelah pelantikannya sebagai Rektor, ia ingin agar konsep dan formulasi Bhineka Tunggal Ika hasil buah pemikiran gemilang Mpu Tantular, yang dicetuskan tujuh abad silam dalam karya berjudul Kekawin (pembacaan ayat-ayat suci agama Hindu-Budha) Purusadasanta, atau kini lebih populer dengan sebutan Kekawin Sutasoma dapat menjadi spirit yang benar-benar hidup di kampus Universitas Mpu Tantular.
 
"Kita akan bangkitkan spirit buah pemikiran gemilang Mpu Tantular, dengan menjadikan taqline kampus Universitas Mpu Tantular sebagai kampus Bhinneka Tunggal Ika, " katanya sebagaimana dikutip dari wartamerdeka.net, di ruang kerjanya di lantai 7, gedung kampus Universitas Mpu Tantular., Kamis 16 Maret 2017. 
 
Menurutnya, aplikasi Bhinneka Tunggal Ika, bukan saja dalam hal pemikiran-pemikiran, namun juga dalam hal keterbukaan terhadap berbagai latar belakang suku, ras dan agama para mahasiswa, karyawan maupun para dosen, yang dapat bersama-sama memajukan institusi.
 
Dari biodata Mangasi Panjaitan diketahui, dia meraih gelar Doktor Ekonomi Pertanian dari IPB Bogor tahun 2006, Magister Ekonomi dari Universitas Indonesia, Jakarta tahun 1996, dan Sarjana Ekonomi Pertanian, dari IPB Bogor tahun 1986.
 
Sementara pengalaman mengajar di beberapa Perguruan Tinggi selain di Universitas Trisakti dan Universitas Trilogi Jakarta, Mangasi Panjaitan juga sebelumnya pernah sebagai Dosen Pascasarjana/MM di Universitas Pakuan Bogor; Kalbis Institut Jakarta; dan Dosen S-1 di Prasetiya Bisnis School Jakarta.
 
Diketahui, Universitas Mpu Tantular berdiri pada tahun 1984, atas prakarsa Prof. DR. KRT Tarnama Sinambela Kusumonagoro, atas spirit ingin membantu dunia pendidikan, utamanya bagi mereka yang kurang mampu. Bahkan dari informasi yang didapat, sejak berdirinya kampus ini hingga sekarang, ada puluhan mahasiswa dari kalangan kurang mampu (khususnya dari daerah), yang menapatkan beasiswa uang kuliah.
 
Ada 14 program studi (prodi) di Universitas Mpu Tantular hingga saai ini yaitu prodi: Ketatalaksanaaan Pelayaran Niaga dan Pelabuhan (D3); Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan (D-4); Akuntansi (S-1); Ilmu Hukum (S-1); Ilmu Komunikasi (S-1); Manajemen (S-1); Teknik Arsitektur (S-1); Teknik Elektro (S-1); Teknik Industri (S-1); Teknik Informatika (S-1); Teknik Mesin (S-1); Teknik Sipil (S-1); Ilmu Hukum (S-2); Manajemen (S-2).(R2)
  BeritaTerkait
  • Rektor Universitas Mpu Tantular Deklarasikan Kampus Bhinneka Tunggal Ika

    9 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Rektor Universitas Mpu Tantular (UMT), Jakarta, Dr. Ir. Mangasi Panjaitan, ME deklarasikan kampusnya sebagai "Kampus Bhinneka Tunggal Ika".Pendeklarasian ini merupakan bagian da

  • Rektor Mangasi Panjaitan Lantik Ratusan Sarjana Universitas Mpu Tantular

    4 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Rektor Universitas Mpu Tantular (UMT), Dr. Ir. Mangasi Panjaitan, ME lantik 299 Sarjana baru, di acara Dies Natalis dan Wisuda Universitas dan AMIK Mpu Tantular Tahun Akademik

  • Rapat Senat Universitas Mpu Tantular Tetapkan Visi Sebagai Kampus Ternama di ASEAN 2043

    2 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Rapat Senat Universitas Mpu Tantular (UMT) menetapkan visi sebagai Universitas ternama di ASEAN, tahun 2043.Keputusan ini ditetapkan seiring pengesahan implementasi Penjaminan

  • FGD di UHN; GBHN Penting Sebagai Haluan Negara untuk Pengamalan Pancasila

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : GBHN itu sangat penting karena GBHN itu bisa mensinergikan dan menyalaraskan visi dan misi Presiden yang berbeda, sehingga arah pembangunan bangsa kita sangat jelas dan teg

  • dr Nyoman Berharap Alumni FK UNPRI Jadi Dokter Berkualitas

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan melantik dan mengambil sumpah dokter baru, di Aula Serba Guna Kampus tersebut.      Pe

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet