• Home
  • News
  • Dorong Pola Hidup Sehat, SOL Bersama Pemkab Taput Fasilitasi Pembuatan Jamban Sehat di Desa Silangkitang
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 10 September 2019 14:34:00

Dorong Pola Hidup Sehat, SOL Bersama Pemkab Taput Fasilitasi Pembuatan Jamban Sehat di Desa Silangkitang

BAGIKAN:
palapapos
Manajemen SOL bersama Uspika dan Kapus Sarulla saat menyerahkan bantuan Jamban ke-76 bagi warga Desa Silangkitang Pahae Jae.
Tarutung (Pelita Batak):
Sebanyak 76 kepala keluarga warga Desa Silangkitang Pahae Jae, mendapat pembinaan kesehatan lewat pemberian dan pembuatan jamban sehat. Kegiatan bermanfaat ini merupakan usulan Pemkab Taput melalui Dinas Kesehatan ke perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi Sarulla Operation Limited (SOL).

Dengan bantuan ini, diharapkan warga semakin peduli lingkungan untuk meningkatkan pola hidup sehat. Sebelum melakukan pembangunan dilakukan sosialisasi oleh manajemen SOL ke warga penerima Jamban Sehat di SD Inpres Silangkitang, Senin (9/9/2019).

Hadir Supervisor CSR Fella Situmorang dan tim, yakni Alden Sitompul, Nina Sitompul, Kapus Sarulla dr Henry Sitompul (narasumber), Babinsa, Babinkamtibmas, mewakili Camat dan Kades.

Seperti dikutip dari palapaos.co.id, Alden Sitompul (SOL) dalam kesempatan tersebut menyebutkan, program CSR yang dilakukan pihaknya menyentuh sektor pendidikan, pertanian peternakan dan juga kesehatan.

Bidang pendidikan selain bantuan mebeleir, les bahasa Inggris, bidang pertanian maupun peternakan pemberian bantuan ternak Babi, Bebek dan Kerbau. "Ini Amang dan Inang bukti kepedulian perusahaan, maunya dimanfaatkan karena pembuatan Jamban juga untuk menjaga kesehatan masyarakat," katanya.

Untuk lebih menggerakkan masyarakat, Alden mengatakan perlu sosialisasi. "Kita gandeng Puskesmas, Babinsa dan Babinkamtibmas, namun perlu dukungan masyarakat agar pembuatan Jamban bisa berjalan dengan baik," katanya.

Sementara itu, B Sianturi (Babinsa) menyambut baik pembuatan Jamban yang difasilitasi SOL. "Program ini menyentuh langsung bagi warga yang belum punya Jamban. Dengan keberadaan Jamban warga tidak lagi BAB sembarangan yang bisa menimbulkan penyakit diare," katanya.

Senada disampaikan Lincah Sitompul (mewakili Camat) menyambut baik pembuatan Jamban gratis. "Desa Sitoluoppu kemarin juga dapat bantuan Jamban dan meraih juara lomba PHBS. Saya juga minta warga Silangkitang menjaga maupun merawat Jamban yang difasilitasi perusahaan SOL," pintanya.

Selanjutnya, Kapus Sarulla dr Henry Sitompul mengatakan, fasilitasi SOL telah membantu program Dinkes yakni PHBS. "Awalnya kami datang ke perusahaan agar difasilitasi program PHBS yakni membangun Jamban dan disambut baik," ungkapnya.

Melalui pembuatan Jamban ke warga, Henry berharap perilaku hidup bersih dan sehat bisa diterapkan masyarakat. "Kita sambut baik dan apresiasi, semoga dengan adanya Jamban tersebut warga terhindarkan dari penyakit," katanya.

Selain itu, Supervisor CSR Fella Situmorang mengatakan, pembuatan Jamban Sehat ke warga tetap harus didukung penerima.

Dalam hal ini, sambungnya, perusahaan menyediakan jamban, pipa serta pembuatan dudukan Jamban namun penutup ataupun kamar Jamban tetap harus swadaya masyarakat, TNI dan Polri serta Puskesmas

"Kita juga harapkan warga ikut terlibat membangun Jambannya, kita hanya sediakan keperluan bahan sementara proses pembuatannya harus melibatkan lintas sektor termasuk penerima manfaat," ujarnya. (TAp|PP)
  BeritaTerkait
  • Ini Nama-nama Pemenang Jambore Kader PKK Kabupaten Humbahas

    3 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak):Gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang b

  • Bupati Humbahas:Jambore Kader PKK Harus Dapat Membawa Perubahan Bagi Masyarakat

    2 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Plt Asisten Administrasi dan Kesra Drs AP Marbun membuka kegiatan jambore kader PKK tahun 2017 yang diselenggarakan di Aula H

  • Dr RE Nainggolan: 'Poda Na Lima' Adalah Budaya Orang Beriman

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Panitia Lomba Kebersihan Antar Desa Pinggiran Danau Toba akan melakukan penilaian tahap pertama di akhir tahun 2016. Tim penilai akan melakukan survey ke setiap desa yang ada di bibir pantai kawasan Danau Toba, dari tujuh kabupaten.

  • Pemkab Taput, Dorong Poktan Melek Teknologi Pasca Panen

    3 tahun lalu

    Siborong-borong (Pelita Batak) : Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan terus mendorong kelompom tani (Poktan), untuk melek dan mampu menerapkan teknologi dalam pertanian. Pemerintah kini tela

  • Bupati Taput Kunker Selama 2 Hari ke Kecamatan Garoga.

    2 tahun lalu

    Garoga (Pelita Batak) :Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si Kunjungan Kerja selama 2 hari (23-24 Juni) ke Kecamatan Garoga didampingi beberapa Anggota DPRD Taput Sahat Sibarani, Poltak Pakp

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb