• Home
  • News
  • Diskusi Publik: BHINNEKA TUNGGAL IKA "RUMAH" NKRI
Jumat, 08 September 2017 12:32:00

Diskusi Publik: BHINNEKA TUNGGAL IKA "RUMAH" NKRI

BAGIKAN:
Djalan Sihombing
Dahnil Anhar Simanjuntak, Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, Dr. Emrus Sihombing, Eko Sulistyo
Jakarta(Pelita Batak): Hari Kamis, 7 September 2017 diadakan diskusi publik Bhinneka Tunggal Ika "Rumah" NKRI di Bina Graha Kantor Staf Presiden RI.

Sebagai pembicara antara lain, Pdt. Dr.  Darwin Lumbantobing Ephorus Huria Kristen Batak Protestan Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak dan dosen Pascasarjana Universitas Pelita Harapan Dr. Emrus Sihombing. 

Diskusi dibuka Eko Sulistyo Deputi IV Kerja Kantor Staf Presiden. Dalam kata sambutannya, Eko Sulistyo,  kita hidup dengan keberagaman suku bangsa, bahasa dan budaya. Kebangsaan kita adalah kebangsaan kolektif, dengan menampilkan sisi keberagaman yang ada di Indonesia. 

Diskusi ini  memperkuat corak kebhinnekaan yang juga memperkuat bangsa. Menjaga persatuan agar keberagaman tidak terpecah.

Kemiskinan dan kesenjangan menjadi tantangan kita bersama. Visi Presiden agar Indonesia sentris bukan Jakarta dan Jawa sentris tetapi untuk seluruh Indonesia. Saat ini pembangunan didistribusikan secara merata. 

Pak Jokowi juga mau meredam konflik elit bangsa. Presiden ingin menyejukkan perpolitikan nasional dan hal ini ditunjukkan pada perayaan 17 Agustus 2017.

Peserta diskusi melebihi jumlah kursi yang ada di ruang rapat Bina Graha. Ini terjadi karena antusiasnya masyarakat dengan keberagaman bangsa. Turut hadir pada acara diskusi antara lain Praeses HKBP Distrik 8 DKI Jakarta Pdt. Midian KH Sirait dan Eddy Berutu.

Ada dua orang peserta diskusi yang menangis mengungkapkan isi hatinya karena cintanya untuk keutuhan NKRI. Salah satu yang menangis, Sri Rahayu, yang sehari-harinya memberi penyuluhan dan bimbingan untuk petani dan pengusaha kecil di seluruh Indonesia.(*)
  BeritaTerkait
  • Jargon Minoritas-Mayoritas Keagamaan Belum Hilang

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) Masa Bakti 2015 – 2020, Baktinendra Prawiro,MSc,MH mengatakan persoalan politik di I

  • Firman Jaya Daeli Bersama Ketua NU Bahas Pancasila dan NKRI di Mataram

    12 bulan lalu

    Mataram(Pelita Batak): Forum Dialog Terbuka yang bertemakan "Silaturahim Kebangsaan : Membumikan Pancasila Dan Menjaga NKRI", digelar di Mataram - Lombok - Nusa Tenggara Barat / NTB.

  • Pembumian Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika serta Penguatan NKRI dan UUD 1945

    tahun lalu

    Indonesia Raya selalu berdiri kuat dan semakin bergerak kokoh dari dahulu, kini, dan seterusnya karena memiliki ideologi Pancasila dan konstitusi UUD 1945, yang mengakui, melindungi, memfasilit

  • DKI Jakarta : Rumah Kita Bersama

    tahun lalu

    PILKADA serentak tahun 2017 telah terselenggara secara langsung, demokratis, aman, selamat, dan sukses. Penyelenggaraan tahun 2017 ini melanjutkan kesuksesan dan semakin melengkapi keberhasila

  • Negara Hukum Demokratis Konstitusional : Lembaga Negara Dan Kepemimpinan Negara

    8 bulan lalu

    Oleh : Firman Jaya Daeli (Mantan Anggota Komisi Politik Dan Komisi Hukum DPR-RI)Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) : UUD 1945 secara konstitusional telah meletakkan dengan tegas dan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet