• Home
  • News
  • Diprakarsai Alm HT Rizal Nurdin, Gubernur Sumut Hadiri COP 22 dan nrg4SD Maroko
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 15 November 2016 19:43:00

Diprakarsai Alm HT Rizal Nurdin, Gubernur Sumut Hadiri COP 22 dan nrg4SD Maroko

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Gubsu HT Erry Nuradi berbicara tentang perubahan iklim bersama deegasi Argentina, Australia, Kanada dan Spanyol di pertemuan COP 22 dan nrg4SD di Marakesh, Maroko, kemarin.

Medan (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi melakukan kunjungan kerja ke Maroko dan Hungaria 11-16 Nopember 2016. Di Maroko, Gubsu Erry menjadi pembicara soal adaptasi perubahan iklim dalam pertemuan lingkungan hidup sedunia.

Pertemuan Lingkungan Hidup Se-dunia COP 22 dan nrg4SD (network regional goverment for Sustainable Development) di Maroko, delegasi Indonesia dipimpin Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) Siti Nurbaya dan dihadiri sejumlah gubernur se-Indonesia termasuk Gubsu HT Erry Nuradi.

Menteri KLH Siti Nurbaya mengatakan nrg4SD merupakan pertemuan untuk mengulas jaringan pembangunan berkelanjutan bagi pemerintah daerah. "Kita perlu catat bahwa cikal bakal nrg4SD ini diprakarsai oleh manta Gubsu Alm HT Rizal Nurdin yaitu pada pertemuan Lake Toba Summit 2004 di Kota Medan yang dihadiri gubernur sedunia dan dibuka Presiden SBY," sebut Siti.

Siti juga mengatakan, pertemuan dunia terkait perubahan iklim (COP 22) di Marakesh, Maroko ini lanjutan dari  Paris Agreement yang merupakan hasil COP 21 di Paris, telah diratifikasi oleh Indonesia menjadi Undang-undang (UU) Nomor 16 Tahun 2016.

Indonesia secara sah mengadopsi persetujuan Paris sebagai bentuk komitmen bangsa Indonesia terhadap lingkungan hidup. "Dalam ratifikasi tersebut, Indonesia berkomitmen menurunkan emisi 29 persen hingga tahun 2030 dengan upaya sendiri dan dengan bantuan internasional sebesar 41 persen," tutur Siti.

Sementara, Gubsu HT Erry Nuradi kepada wartawan di Medan via seluler, Selasa (15/11), menyebutkan pada pertemuan tersebut dirinya memaparkan tentang kondisi climate change (perubahan iklim) di Sumatera Utara dan dukungan dunia untuk program perubahan iklim tersebut. Dalam paparan tersebut, Gubsu HT Erry Nuradi bersama delegasi dari Argentina, Australia, Kanada dan Spanyol.

"Indonesia khususnya Sumatera Utara terus berupaya mencegah pemanasan global yang berdampak buruk dan ancaman bagi bumi terutama dapat mempengaruhi semua aspek kehidupan. Keseimbangan alam perlu kita jaga," sebut Erry.(TAp/Rel)

 
 

  BeritaTerkait
  • Gubernur Sumut Ziarah ke Makam Almarhum Tengku Rizal Nurdin

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi bertekad meneruskan etos kepemimpinan Almarhum H Tengku Rizal Nurdin dan H Raja Inal Siregar. Dua mantan gubernur Sumut terdahulu tersebut dinilai layak menjadi teladan da

  • Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Wisuda 1.743 Sarjana

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Para tamatan perguruan tinggi untuk tidak hanya mengandalkan ijazah semata, namun tetap terus meningkatkan kemampuan dan ketrampilan. Hal itu disampaikan Gubernur Sumut H T Erry Nuradi saat menghadiri wisuda sarjana ke 64 Universitas

  • Perjuangan Kita Saat Ini Melawan Kebodohan dan Kemiskinan, Juga Melawan Narkoba

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menegaskan perjuangan kita saat ini tidak lagi mengangkat senjata melainkan berjuang melawan kebodohan dan melawan kemiskinan.

  • Mess Tengku Rizal Nurdin Sekelas Bintang Tiga Diresmikan di Parapat

    3 tahun lalu

    Parapat (Pelita Batak) :Setelah pembangunannya sempat terhambat dan kurang mendapat perawatan secara baik akhirnya Mess Pora-pora Tengku Rizal Nurdin menjelma menjadi salah satu Icon di kawasan wisata Danau Toba. Mess yang sejatinya telah dibangun sejak 2

  • Erry Sebut Kepala Basarnas Punya Kenangan Tersendiri Dengannya

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Sosok Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya FHB Sulistiyo memiliki kenangan tersendiri bagi Gubernur Sumut Ir HT Erry Nuradi.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb