• Home
  • News
  • Deklarasi Parsadaan Pomparan Raja Lontung, Mangihut Sinaga SH MH Didaulat Ketua Umum Formateur
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 20 Januari 2018 17:51:00

Deklarasi Parsadaan Pomparan Raja Lontung, Mangihut Sinaga SH MH Didaulat Ketua Umum Formateur

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Menjadi tonggak sejarah bagi Pomparan Raja Lontung yang akrab disebut 'Si Sia Sada Ina', keturunannya kini bersatu hati untuk membentuk sebuah wadah silaturahmi yang bernaung di Parsadaan Pomparan Raja Lontung yang secara resmi dideklarasikan, Sabtu (20/1/2018) di Hotel Danau Toba Internasional Medan. Dirunut dari silsilah, Raja Lontung telah ada sejak 600 tahun lalu dan kini keturunannya telah tersebar dimana-mana.

Tujuh putra Raja Lontung yaitu Toga Sinaga, Toga Situmorang, Toga Pandiangan, Toga Nainggolan, Toga Simatupang, Toga Aritonang, dan Toga Siregar. Serta dua putri (boru) yaitu Siboru Anak Pandan (menikah dengan Simamora) dan Siboru Panggabean (menikah dengan Sihombing). Keturunan dari kesembilan anak tersebut telah menandatangani prasasti Parsadaan Pomparan Raja Lontung (PPRL). Turut menandatangani atas nama keturunan Raja Lontung yaitu sebagai pemrakarsa Mgr. Dr. A.B. Sinaga.OFM.Cap, Dr. RE.Nainggolan,MM., CP. Nainggolan, SE, MAP., Dr. Januari Siregar, SH, MHum., Syamsul Sianturi, SH., JR. Sinaga (Naga Hall). Para Pimpinan Organisasi Marga Keturunan Raja Lontung yaitu Ketua Umum PPTSB Sedunia Mangihut Sinaga SH, MH., Ketua Umum DPP-PSSAB Indonesia Ir. JB. Siringoringo, Ketua Umum PT PBBI Ir JMT Pandiangan, SE MM, Ketua Umum DPP KBN Indonesia, Mewakili Toga Simatupang J. Sontang Simatupang,SH,MH., Mewakili Toga Aritonang, Ketua Umum Patogar Dr Januari Siregar SH,MHum, Mewakili Toga Simamora Drs Harris H Simamora dan Mewakili Toga Sihombing St Mahasa Sihombing.

Juga turut menandatangani ptasasti parsadaan anak manjae diantaranya Parsadaan Pomparan Raja Sonang Sedunia Drs M Alboinsyah Gultom, Parsadaan Pakpahan Mayjen TNI (purn) Sumiharjo Pakpahan PH.D.DMS, Parsadaan Harianja & Boru Se-Indonesia Kol (Purn)  M. Harianja, Parsadaan Togatorop Drs Janton Togatorop, Parsadaan Sianturi Syamsul Sianturo SH, Parsadaan Siburian Sopar Siburia  SH MH, Parsadaan Ompu Sunggu Drs Ridwan Aritonang MM, Parsadaan Rajagukguk Drs Jhonny Rajagukguk, dan Parsadaan Simare-mare Saut Simare-mare. Serta Panitia Kerja Drs Manganar Situmorang MM dan Dr. Ir Rustam Efendi Siregar, MSi.

Pada acara deklarasi terpilih tim formateur, Mangihut Sinaga SH MH menjadi ketua umum serta sebelas anggota formateur yang terdiri dari tujuh toga marga, dua orang dari Panitia Kerja dan dua orang mewakili pemrakarsa. Formateur akan segera bekerja menyusun kepengurusan dan bentuk organisasi PPRL ke depan. Sebagai sekretariat tim formateur ditempatkan di Naga Hall Medan.

Sebagai pemrakarsa Dr RE Nainggolan MM mengatakan bahwa kesatuan hati dan tekat pomparan Raja Lontung menjadi langkah yang sangat baik. Khususnya untum hari-hari yang mendatang. Zaman yang semaki  kompleks dengan kemajuan teknologi diikuti kompleksnya permasalahan yang timbul sangat dibutuhkan sebuah networking yang luas. "Orang yang memiliki networking yang luas akan lebih besar peluangnya untum maju dan meraih kesuksesan, ini yang hendaknya kita tanamkan bagi generasi muda ke depan," kata RE Nainggolan.

Pembentukan Parsadaan ini juga menjadi kerinduan seluruh keluarga besar pomparan Raja Lontung. Sebagaimana disampaikan Ketua Umum DPP PSSAB Indonesia Ir JB Siringoringo, bahwa pihaknya juga sejak lama merindukan adanya kesatuan hati tersebut. Kemudian ditambahkan Mangihut Sinaga SH MH selaku ketua Toga Sinaga, bahwa peristiwa bersejarah tersebut sudah mematahkan anekdot tentang pomparan Raja Lontung.

"Saya pernah mendengar anekdot, tak mungkin pomparan si Raja Lontung bersatu, namun hari ini sudah kita deklarasi kita bersatu," kata Mangihut. Ia pun berterimakasih kepada pemrakarsa seperti Dr RE Nainggolan MM dan yang lainnya.

Mgr.Dr A.B. Sinaga.OFM.Cap menekankan akan cita-cita pembentukam PPRL ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu pemugaran inganan parpangiran Siboru Pareme di Banua Raja, Ulu Darat, Kec Sitiotio. Kedua sebagai anak sulung dari Tateabulan, PPRL harus ambil bagian pelestarian Pusuk Buhit sebagai bona pasogit. Dan yang ketiga PPRL harus turut menjaga tano Batak dalam rangka mendukung otorita danau Toba. Menjadikan rano Batak untuk dikelola dan dikembangkan orang Batak bukan untuk dijual ke luar negeri atau orang asing. "Pusuk Buhit tidak bisa diperjual belikan untuk satu golongan gereja, kelompok dan orang asing. Pusuk Buhit harus menjadi tempat sakralitas orang Batak," ujarnya.

Kemudian dijelaskan Ketua Panja Drs Manganar Situmorang, MM., Panja telah dibentul sejak Juli 2017. Untuk meneruskan perjuangan dari para pemrakarsa diawali oleh Mgr.Dr.A.B.Sinaga.OFM.Cap, dilanjutkan pemrakarsa Dr RE Nainggolan, MM., dilanjutkan pemrakarsa CP Nainggolan, Dilanjutkan Dr Januari Siregar, dilanjutka  Syamsul Sianturi, dan dilanjutka  JR Sinaga (Naga Hall).

Manganar Situmorang selaku pelaksana harian tim formateur mengharapkan seluruh anggota formateur akan memberikan waktu, pemikiran dan tenaga saat akan mengadakan rapat perdana yang akan dipimpin langsung Ketua Umum Mangihut Sinaga SH MH.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Sukses Digelar, Seminar Ompu Manik Raja di Jakarta Hasilkan Enam Keputusan

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Guna meluruskan sejarah tentang Ompu Manik Raja, Punguan Manik Raja Se Indonesia menyelenggarakan Seminar dengan tema "Meluruskan Sejarah dan Tarombo Ompu Manik Raja&quo

  • PPTSB Nyatakan Dukungan untuk Pasangan Djoss

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Parsadaan Pomparan Toga Sinaga dohot Boru (PPTSB) menyatakan sikap untuk mendukung dan memenangkan pasangan Djarot dan Sihar Sitorus (Djoss) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada

  • Parnados Menyatukan Masyarakat Humbahas Melalui Konser Aek Sibundong In Harmony

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Parsadaan Nahumaliang Doloksanggul (Parnados) sukses menggelar Konser Amal bertajuk "Aek Sibundong in Harmony" di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu malam, 22 Oktober 20

  • Deklarasi Parsadaan Pomparan Raja Lontung

    7 bulan lalu

    Pompara  Raja Lontung mendeklarasikan organisasi parsadannya di Hotel Danau Toba Internasional Medan, Sabtu 20 Januari 2018.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet