• Home
  • News
  • DPR Diusul Tambah 19 Kursi, Ini Asal Dapilnya
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 16 Mei 2017 15:12:00

DPR Diusul Tambah 19 Kursi, Ini Asal Dapilnya

BAGIKAN:
mendagri
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo

Jakarta (Pelita Batak) :
Pemerintah mengklaim telah melakukan simulasi penambahan kursi DPR untuk daerah pemilihan (Dapil) tingkat provinsi. Sebanyak tiga kursi untuk Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Kepulauan Riau (satu kursi) dan Riau (satu kursi) dengan tambahan lima kursi lagi untuk daerah lainnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan,  tambahan lima kursi itu sudah didasari pada simulasi Kemeterian Dalam Negeri (Kemendagri) dibantu Kementerian Keuangan. Lima kursi ini di luar tambahan lima kursi akibat pembentukan daerah otonomi baru.

"Lima kursi ditambah lima opsi dari usulan pemerintah untuk Kaltara, Kepulauan Riau, dan Riau," kata Mendagri Tjahjo dikutip dari Republika.co.id, Selasa (16/5/2017).

Menurut Tjahjo, jumlah tersebut masih dianggap minim bagi DPR. Dimana mereka menginginkan ada penambahan 19 kursi DPR. Meski menurut pemerintah hal itu masih terlalu banyak, namun akan diupayakan lagi jalan keluarnya dengan lobi antarfraksi di DPR.

“Kami menganggap jumlah 19 orang itu kebesaran seperti simulasi DPR. Kalau tambahan lima anggota DPR usulan kami dianggap kurang, tentu masih bisa ada tawar-menawar,” ujar dia.

Tjahjo menargetkan, pembicaraan dan lobi antarfraksi dan DPR selesai pada akhir Mei. Usulan yang masuk ke Tim Perumus (Timus) antara lain tambahan lima kursi di luar lima kursi lain yang wajib disediakan pemerintah. Artinya ada 10 kursi lagi untuk Pemilu Legislatif 2019.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo juga membantah bila dia dinilai telah sepakat dengan penambahan kursi untuk DPRD provinsi dan kabupaten/kota. Menurut dia, simulasi ini baru untuk penambahan kursi anggota lembaga legislatif di tingkat pusat, bukan daerah.

”DPRD yang saya pahami tetap atau tidak ada penambahan kursi dan tanpa ambang batas parlemen. Hanya penambahan kursi DPR yang masih perlu disimulasikan lagi,” kata Tjahjo.

Menurut Tjahjo, dalam lobi dengan panitia kerja dan diskusi dengan Ketua Pansus RUU Pemilu serta fraksi-fraksi, baru tercapai kesepakatan penambahan lima kursi anggota DPR. Soal penambahan kursi DPRD provinsi dan kabupaten kota, sama sekali tak disebutkan. (republika.co.id)

  BeritaTerkait
  • Investor Asal Australia Lirik Danau Toba

    2 tahun lalu

    Gencarnya promosi dan rencana pembangunan yang dilakukan pemerintah pusat terhadap pengembangan kawasan Danau Toba menarik perhatian para investor. Informasi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengidentifikasi minat investasi dari Australia di

  • Mungkinkah Menistakan Agama?

    2 tahun lalu

    Demonstrasi dalam rangka membela Tuhan makin banyak. Hal ini membuat saya bertanya, "Mungkinkah membela agama?". Pertanyaan selanjutnya, "Sebegitu lemahkah Tuhan dan Agama sehingga memerlukan pembelaan dari umatnya?"

  • Ini Dia Enam Jenis Kultur Material Batak Toba

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):   Bentuk kultur material dari hasil budaya Batak Toba nampak dalam berbagai bentuk, seperti kultur mengalit, ukiran, gorga, tenun ulos, rumah adat, dan lain-lain.

  • Ini Dia 5 Rumah Terkecil di Dunia

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Di wilayah pusat kota keberadaan rumah dengan ukuran kecil saat ini bisa dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan keterbatasan lahan, fenomena ini ternyata tidak hanya ter

  • BMW Indonesia hadirkan generasi ketujuh BMW Seri 5 rakitan lokal

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Sedan bisnis paling sukses di dunia hadir secara perdana di Indonesia. BMW Indonesia secara resmi luncurkan generasi ketujuh BMW Seri 5 yang hadir dengan dua varian, yaitu All-

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb