• Home
  • News
  • Cegah Penularan Penyakit di Wiltas, Satgas Yonif 514 Ajari Hidup Sehat warga Karubate
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 18 Juli 2019 12:53:00

Cegah Penularan Penyakit di Wiltas, Satgas Yonif 514 Ajari Hidup Sehat warga Karubate

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Jakarta (Pelita Batak):
Agar terhindar dari berbagai penyakit, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif R 514, ajari warga Kampung Karubate, khususnya anak-anak dan remaja cara mencuci tangan yang baik.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif R 514/SY, Mayor Inf Danang Biantoro, S.I.P, M.Si., dalam rilis tertulisnya di Puncak Jaya, Papua, Rabu (17/7/2019).

Diungkapkan Danang, salah satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan adalah dengan mencuci tangan yang baik dan benar. Karena menurutnya, hal ini sebagai langkah awal untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

Untuk itu, lanjut Danang, Tim Kesehatan Satgas dibawah pimpinan Komandan Peleton Kesehatan (Dantonkes) Letda Ckm Rahmat, menggelar penyuluhan tentang tata cara mencuci tangan yang baik dan benar, kepada warga Kampung Karubate, Distrik Muara, Kabupaten Puncak Jaya, Minggu (14/7/2019).

"Kegiatan ini kita prioritaskan bagi anak-anak, karena budaya mencuci tangan harus diterapkan sejak dini agar terbiasa hingga dewasa," katanya.
     
"Ini sangat penting, agar menjadi kebiasaan dalam menerapkan pola hidup sehat, dengan begitu kesehatan mereka pun akan terjaga dan tidak mudah sakit," tegasnya.

Danang menjelaskan, kegiatan tersebut berangkat dari inisiatif personel Satgas yang melihat anak-anak di sekitar Pos Kotis, tidak mencuci tangan usai selesai bermain.

Saat ditanya, ujarnya, mereka tidak tahu kapan dan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar.

"Itu salah satu hal yang mendorong kita (Satgas) memberikan pengetahuan cara mencuci tangan yang baik dan benar, sekaligus kapan mereka harus cuci tangan," imbuhnya.

Sementara itu, Letda Ckm Rahmat menyampaikan, selama kegiatan berlangsung, Ia bersama timnya memperagakan tata cara mencuci tangan yang benar kepada anak-anak.

"Kami mengajarkan caranya mencuci tangan dengan urut-urutan yang benar, sambil diselingi permainan supaya tidak membosankan," ujarnya.

Atas terselenggaranua kegiatan ini, David Enumbi sebagai tokoh masyarakat sekaligus Bapak Gembala Gerja GIDI Kampung Karubate, mengaku sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan.

"Terima kasih, ini bentuk perhatian yang luar biasa anggota Satgas terhadap kesehatan warga disini, terlebih pada anak-anak kami," terangnya.(TAp|tniad.mil.id)
  BeritaTerkait
  • Budayakan Hidup Sehat, Yonif 725 Bangun Jamban Warga di Bompay

    5 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Menanamkan budaya hidup sehat, Satgas Yonif 725 Woroagi membangun jamban dan sumur umum yang layak bagi masyarakat di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.Hal

  • Peduli Warga Yambi, Satgas Yonif R 514 Berikan Sembako

    5 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Wujud kepedulian dan perhatian kepada warga di Perbatasan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514/SY, berikan bantuan berupa puluhan paket sembako kepada warga Kampung Yambi, Dis

  • Peduli Masa depan Anak di Wiltas, Satgas Yonif MR 411 Sosialisasikan Pola Hidup Sehat

    4 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Peduli terhadap masa depan anak-anak di wilayah Perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW menggelar sosialisasi pola hidup sehat di Distrik Sotta, Kabupaten Merauke.Hal

  • Ini Pendapat Ephorus Emeritus HKBP Pdt JR Hutauruk tentang Pdt Robinson Butarbutar

    3 tahun lalu

    Sipoholon (Pelita Batak) :<br></br> Emeritus Ephorus HKBP (Periode 1998-2004) Pdt Dr JR Hutauruk meminta kepada seluruh warga jemaat dan para calon untuk tetap menjaga semangat kedamaian serta persatuan HKBP dalam melaksanakan Sinode Godang d

  • Mitos-mitos yang Salah dan Fakta Tentang HIV/AIDS

    3 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Selama hampir lebih dari 30 tahun, HIV/AIDS telah diselimuti berbagai macam mitos dan kesalahpahaman. Dalam beberapa kasus, pemahaman keliru mengenai penyakit ini telah mendo

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb