• Home
  • News
  • Bupati Tobasa Apresiasi Lomba Kebersihan dan Keindahan Antar Desa Pinggiran Danau Toba
KSP Makmur Mandiri
Senin, 28 Agustus 2017 17:06:00

Bupati Tobasa Apresiasi Lomba Kebersihan dan Keindahan Antar Desa Pinggiran Danau Toba

*Sabaruddin Tambunan : Dampak Sektor Pariwisata Langsung Dirasakan Warga
BAGIKAN:
tap|pelitabatak
Bupati Darwin Siagian bersama Anggota DPRD Tobasa Sabaruddin Tambunan meninjau lokasi
Balige (Pelita Batak):
Bupati Toba Samosir Darwin Siagian mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ajakan sadar wisata bagi warga. Sebagaimana yang dilakukan Panitia Lomba Kebersihan dan Keindahan Antar Desa Pinggiran Danau Toba. 

"Tujuan (panitia)nya kan sudah jelas, untuk mengajak warga di desa pinggir danau Toba untuk sadar akan kebersihan. Daya tarik pariwisata diantaranya adalah dengan kebersihan dan keindahan setelah budaya," kata Darwin ketika meninjau persiapan lokasi pengumuman hasil Lomba Kebersihan dan Keindahan Antar Desa Pinggiran Danau Toba di pantai Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige, Tobasa, Senin (28/8/2017).

Acara pengumuman lomba yang akan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumut Dr Nurhajizah Marpaung, akan dilaksanakan Selasa 29 Agustus 2017. Panitia lomba yang diinisiasi RE Foundation, YSKI, PWI Sumut, Unita, LiteFM, Kardova Group, PelitaBatak.com, Bank Sumut, Horas Halak Hita (H3), PT Inalum dan donateur yang tidak mengikat sifatnya.

"Kita sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan panitia, untuk itulah kita juga fasilitasi untuk pengumuman final lomba ini," kata Darwin.

Darwin juga mengatakan, Pemkab Tobasa masih berupaya melakukan optimalisasi pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Namun, diakuinya dengan geliat pariwisata akhir-akhir ini, warga Tobasa sudah merasakan dampaknya.

"Ajang ini juga menjadi promosi bagi pariwisata kita. Karena kita menyiapkan fasilitas saat ini, jika mana nanti otorita danau toba sukses, kita sudah siap dengan wahana pariwisata," katanya.

Kemudian dijelaskannya, Pemkab Tobasa saat ini berupaya memberdayakan garis pantai Danau Toba. Sebagaimana yang dilakukan masyarakat di Desa Lumban Gaol menyerahkan bibir pantai ke Pemkab untuk dikelola dan dikembangkan sebagai kawasan pariwisata. "Besok juga akan sekaligus ada penyerahan lahan ini oleh masyarakat ke Pemkab, jadi ini menjadi ajang promosi pariwisata kita," ujarnya.

Menambahkan, Camat Balige Pantun Josua Pardede didampingi Kades Lumban Gaol Edward Tambunan pengembangan kawasan pariwisata di pantai yang diserahkan warga dikelola Kelompok warga sadar wisata Lumban Gaol dalam bentuk koperasi dan bersinergi dengan Pemkab. 

Saat peninjauan juga turut hadir Anggota DPRD Tobasa, Sabaruddin Tambunan yang mengatakan bahwa DPRD mendukung pengembangan sektor pariwisata di daerah itu. "Dari sisi anggaran dan kebijakan kita tetap dukung dari DPRD. Karena sektor pariwisata adalah sektor yang paling mudah dirasakan warga, hanya tinggal kemauan warga nya saja," katanya.

Dijelaskan Sabaruddin, sektor pariwisata di Tobasa butuh dukunga segi infrastruktur dan faktor pendukung lainnya. "Kalau sumber daya alam dan budaya, kita sangat baik bahkan luar biasa. Diacara ini juga akan dilihat oleh warga luar Balige kalau daerah ini sangat indah," ujarnya.

Sementara itu turut meninjau kesiapan tempat acara, Ketua Panitia Lomba Jadi Pane SPd, perwakilan PelitaBatak.com Adol Frian Rumaijuk, Sekretaris Panitia Hottua Samosir MSi, Wasir Simanjuntak Kadis PMDes, dan sejumlah pejabat SKPD lainnya. (TAp)
  BeritaTerkait
  • Dr RE Nainggolan: 'Poda Na Lima' Adalah Budaya Orang Beriman

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Panitia Lomba Kebersihan Antar Desa Pinggiran Danau Toba akan melakukan penilaian tahap pertama di akhir tahun 2016. Tim penilai akan melakukan survey ke setiap desa yang ada di bibir pantai kawasan Danau Toba, dari tujuh kabupaten.

  • Bupati Darwin Siagian Tinjau Persiapan Lokasi Pengumuman Lomba Kebersihan Desa Tepian Danau Toba

    12 bulan lalu

    Balige (Pelita Batak) :Bupatu Toba Samosir, Darwin Siagiaan meninjau lokasi pengumuman lomba kebersihan dan keindahan desa di pinggir danau Toba, Senin (28/8/2019). Acara akan dilakukan keesokan harin

  • Anggota DPRD Tobasa, Sabaruddin Tambunan: Pariwisata Percepat Pertumbuhan Ekonomi Warga

    12 bulan lalu

    Balige (Pelita Batak):Bupati Toba Samosir Darwin Siagian mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ajakan sadar wisata bagi warga. Sebagaimana yang dilakukan Panitia Lomba Kebersihan dan K

  • Desa Lumban Gaol Desa Pariwisata 2017 Kawasan Danau Toba

    12 bulan lalu

    Balige (Pelita Batak):Desa Lumban Gaol Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir terpilih sebagai juara utama Lomba Kebersihan, Keindahan dan Kerapian antar Desa di Pinggiran Danau Toba Tahun 2017. Kebe

  • Wagub Sumut Dorong dan Upayakan Kawasan Danau Toba Menjadi Geopark Dunia

    12 bulan lalu

    Balige (Pelita Batak) :Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Dr Nurhajizah Marpaung menyebutkan, dengan ditetapkannya kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis nasional parawisata masya

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet