• Home
  • News
  • Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor Serahkan Bantuan Alat Pertanian di Desa Sigalogo
Kamis, 12 Oktober 2017 20:37:00

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor Serahkan Bantuan Alat Pertanian di Desa Sigalogo

BAGIKAN:
Abed Ritonga
Bupati Humbahas di Desa Sigalogo
Onanganjang(Pelita Batak): Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor.SE memberikan Bantuan pertanian Hand Traktor 3 unit dan Eskavator 1 unit di Desa Sigalogo Kecamatan Onanganjang Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kepala Desa Sigalogo Parulian Purba, dalam pembukaan acara menyampaikan rasa terima kasihnya yang tak terhingga atas kehadiran Bupati Humbahas di desa tesebut.

"Perlu kami sampaikan pak, terkait dengan program pemerintah Humbang Hasundutan dalam penanaman jagung, saya atas nama masyarakat Sigalogo sangat mendukung sepenuhnya," ucap Parulian Purba.

Sebagaiman direncanakan, Desa Sigalogo akan ikut dalam program penanaman jagung seluas 90 hektare dan lahannya sudah disiapkan.

Bupati Humbanghasundutan Dosmar Banjarnahor.SE menyampaikan kepada masyarakat Desa Sigalogo, bahwa bantuan ini diberikan pemerintah Humbahas kepada masyarakat Sigalogo, untuk mendukung program pemerintah dalam bidang pertanian, terutama dalam penyediaan serta pengelolaan lahan. Untuk mempermudah dan memperlancar cara kerja masyarakat, pemerintah Humbanghasundutan memberikan bantuan traktor tiga unit dan esvakator mini satu unit dan juga pemerintah membantu penyediaan bibit jagung dan pupuk.

"Perlu diketahui ,bapak Ibu sekalian, untuk penyediaan alat pertaniaan ini tidak pakai sewa dan harapan kita dengan program pertanian lewat jagung ini kiranya dapat meningkatkan ekonomi kita khususnya Desa Sigalogo," kata Dosmar.

Perwakilan dari masyarakat Desa Sigalogo turut juga menyampaikan berbagai harapan kepada Bupati, seperti Hasoloan Simanullang yang mengaku sangat bangga dan senang atas kehadiran Bapak Bupati Humbang Hasundutan dalam menyampaikan bantuan pertanian dan sosialisasi penanaman jagung di desanya.

"Mudah -mudahan ke depan masyarakat desa Sigalogo makin sejahtera dan makmur. Kalau bisa pak, kami minta ke depan agar alat -alat pertanian di desa kami ini untuk tahun depan ditambah," katanya.

Ompu Adi Simanullang menyampaikan bahwa lahan tidur di desa ini sebenarnya sangat luas, tetapi kendalanya masih ada dalam permasalahan atau sengketa. Maka dengan itu, ia meminta kepada Bupati Humbanghasundutan supaya dapat diselesaikan permasalahan tanah tersebut.

"Seperti menyangkut tapal batas maupun kepemilikan tanah, kiranya bapak bisa membantu kami," ucapnya

Dosmar Banjarnahor mengaku, untuk penyediaan alat pertanian seperti traktor dan esvakator adalah bagian dari program pemerintah. Oleh karena itu mudah-mudahan tahun depan bisa ditingkatkan untuk penyediaan alat -alat pertanian dimaksud dan ini menjadi bahan pertimbanganya untuk diajukan ke pusat.

"Terkait masalah lahan, apalagi lahan tersebut ripe-ripe atau tanah kerajaan (termasuk ulayat) dalam menyelesaikan itu terpulang kepada masyarakat itu sendiri, dan akan didiskusikan kepada Kepala Desa Sigalogo dan berharap kiranya di selesaikan dengan musyawarah secara damai," kata Dosmar.

Hadir dalam pertemuan itu, Kadis pertanian Junter Marbun, Kadis DPMDP2A Eben V Simanungkalit, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Elson Sihotang, Kepala Perpustakaan, Kadis Kominfo Hotman Hutasoit, Kabang Protokoler Jhonny Gultom, Camat Onanganjang, Kepala Desa sekecamatan Onanganjang, Bidan Desa Sigalogo, tokoh masyarakat serta PPS sekecamatan Onanganjang.(AR)
  BeritaTerkait
  • Bupati Humbahas Serahkan Bantuan 43 Unit Alsintan Kepada Kelompok Tani

    tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor didampingi Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit, Sekdakab Saul Situmorang, dan perwakilan Dandim 0210/TU Pabung Ma

  • Bupati Humbahas Canangkan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke 14 dan HKG PKK ke 45

    4 bulan lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat/BBGRM ke 14 tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan, dan Hari Kesatuan Gerak/HKG PKK ke 45, Senin 21 Agustus 2017 dicanangkan oleh Bupati

  • Ephorus HKI Pdt MP Hutabarat Siap Mendukung dan Mensukseskan Natal Nasional di Humbang Hasundutan

    tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Huria Kristen Indonesia (HKI) siap mendukung dan mensukseskan perayaan Natal Nasional yang direncanakan 26 Desember 2016 bertempat di kota Doloksanggul Kabupaten Humbang

  • Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor sampaikan Nota Pengantar Rancangan APBD TA 2017

    12 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan dalam rangka penyampaian nota pengantar oleh Bupati Humbang Hasundutan terhadap Rancangan Peranturan Daerah (Ranperda)

  • Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor Ajak Kelompok Tani Berbenah dan Bekerja Maksimal

    11 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tiga Kecamatan Sekaligus, yaitu Kecamatan Pakkat, Kecamatan Parlilitan dan Kecamatan Tarabintang dan dipimpin oleh Bu

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online