• Home
  • News
  • Bupati: Cold Storage Sedang Dibangun di Humbang Hasundutan
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 01 Maret 2018 15:25:00

Bupati: Cold Storage Sedang Dibangun di Humbang Hasundutan

BAGIKAN:
Abed Ritonga
Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor diulosi

Doloksanggul (Pelita Batak): Ruang pendingin atau disebut cold storage saat ini sedang dibangun di Humbang Hasundutan tepatnya di Desa Sigumpar Kecamatan Lintongnihuta. Ruang pendingin ini nantinya akan dipergunakan untuk menyimpan hasil bumi seperti cabe, tomat, kentang dan sayur-sayuran lainnya ketika harga menurun.

Cold storage ini dibangun di Lintongnihuta karena berdekatan dengan Bandara Internasional Silangit termasuk kabupaten tetangga Tapanuli Utara.

Hal itu disampaikan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE saat mengikuti syukuran awal tahun Koperasi Dosroha Tani di Desa Nagasaribu II Kecamatan Lintongnihuta, Kamis 1 Maret 2018.

Syukuran itu dihadiri Kadis Pertanian Junter Marbun, Kadis Peternakan dan Perikanan Luhut Marbun, Staf Ahli Bupati Remon Pakpahan, Camat Lintongnihuta Jara Trisepto Lumbantoruan dan lainnya.

Bupati menjelaskan cold storage sebuah ruangan yang dirancang khusus dengan kondisi suhu tertentu. Ini digunakan untuk menyimpan berbagai macam produk hasil pertanian untuk mempertahankan kesegarannya. Ketika hasil pertanian di pasaran menurun, bisa disimpan di ruangan itu menunggu harga naik. Sehingga para petani selalu diuntungkan. Program ini salah satu dukungan pemerintah kepada petani.

Dalam pertemuan itu, Bupati mengaku jujur sangat berbangga hati kepada petani di Lintongnihuta. Sudah jauh lebih maju bidang pertanian bila dibandingkan dengan kecamatan lain. Bahkan bisa membentuk koperasi pertanian bidang pembibitan kopi arabika.

Diharapkan ke depan, agar koperasi ini menjadi koperasi terbaik di Humbang Hasundutan, tingkat Sumut bahkan nasional.

Bahkan Bupati mengharapkan supaya koperasi ini bisa membuka bidang lain seperti pengolahan pakan ternak. Sehingga para petani termasuk peternak tidak membeli pakan dari luar.

"Silahkan koperasi Dosroha Tani memikirkan itu, pemerintah siap membantu. Pemkab Humbang Hasundutan siap memfasilitasinya. Berorganisasi itu sangat penting, sehingga punya harapan ke depan terjadi perubahan anggota bukan pengurus. Jangan setelah ada koperasi jadi kumpul-kumpul, tapi harus benar-benar membuahkan hasil. Kalau ada uang, para bapak-bapak pasti tambah ganteng, ibu-ibu pasti makin cantik. Jam kerja ke ladang harus ditingkatkan, yang biasanya 5 jam ditambah menjadi 8 jam, agar kehidupan semakin bertambah dan sejahtera. Berorganisasi itu harus saling bahu membahu, saling membantu. Semoga koperasi ini semakin meningkat dan mensejahterahkan semua anggota," kata Bupati.

Ke depan, dinas terkait agar memikirkan piagam dan penghargaan kepada koperasi yang berprestasi. Koperasi yang benar-benar punya prestasi diberi penghargaan, bukan hanya piagam kertas tapi dibantu dengan dana. Ini program Pemkab Humbahas ke depan, karena pemerintah sangat serius membantu para petani.

Kemenkumham RI telah menyerahkan sertifikat IG (indikasi geofrafis) kopi Arabika Sumatera Lintong ke Kabupaten Humbang Hasundutan. Diharapkan agar pertanian kopi di Humbang Hasundutan ditingkatkan, karena sudah dipastikan harga kopi akan naik.

Masyarakat Humbang Hasundutan sangat beruntung bila dibandingkan dengan daerah lain, tanah subur dan luas, 8 bulan musim basah. Kalau petani sangat serius bekerja pasti semakin sejahtera. Saat ini pemerintah pusat masih memberikan kepercayaan kepada Humbang Hasundutan untuk penanaman jagung seluas 20.000 hektar.

Ini terealisasi berkat dukungan seluruh elemen masyarakat khususnya petani.  Semua hasil jagung pasti diterima dengan syarat kualitas bagus, karena 2 (dua) perusahaan besar sudah siap menampung semua hasil panen jagung dari Humbang Hasundutan.

Namun demikian, tanaman lain seperti cabe, tomat, kopi dan lainnya tetap digeluti agar kedepan kehidupan masyarakat semakin meningkat.

Camat Lintongnihuta Jara Trisepto Lumbantoruan melaporkan Koperasi Dosroha Tani terbentuk 1 September 2017. Dengan umur 6 bulan, koperasi ini berjalan dengan baik bahkan sudah punya program pembibitan kopi arabika sebanyak 20.000 batang. Kopi arabika bersertifikat ini akan dibagikan kepada masyarakat petani.

Sertifikat IG kopi Arabika Sumatera Lintong telah diterima Pemkab Humbang Hasundutan, sebagai ucapan terimakasih warga Lintongnihuta memberikan cendramata berupa ulos kepada Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE(Abed Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Rencana Pembangunan Kawasan Danau Toba dan Peluang Masyarakat Adat Diseminarkan di Parapat

    2 tahun lalu

    Parapat (Pelita Batak): KSPPM, BAKUMSU, CAPPA dan Sajogyo Institute bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) dan Kantor Staf Presiden (KSP) menyelenggarakan seminar

  • Menko Maritim Minta Percepat Proyek Otorita Danau Toba

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan meminta berbagai pihak untuk mempercepat implementasi proyek Badan Otorita Danau Toba di kawasan Sibisa. Diharapkan dalam tahun ini, masalah

  • Perkaya Atraksi Danau Toba, Menpar Dorong Homestay di Lembah Bakara

    tahun lalu

    Humbang Hasundutan (Pelita Batak):Kerja maksimal selalu ditunjukkan Menteri Pariwisata Arief Yahya di setiap kegiatannya. Usai meninjau progress pembangunan fisik terminal internasional Bandar Udara S

  • Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba Diresmikan di Parapat Kabupaten Simalungun

    11 bulan lalu

    Simalungun (Pelita Batak) :Wagubsu Dr Nurhajizah Marpaung menghadiri peresmian Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba. Peresmian ini dilakukan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Igna

  • Bupati Humbahas:Jambore Kader PKK Harus Dapat Membawa Perubahan Bagi Masyarakat

    tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Plt Asisten Administrasi dan Kesra Drs AP Marbun membuka kegiatan jambore kader PKK tahun 2017 yang diselenggarakan di Aula H

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb