• Home
  • News
  • Bhayangkari Humbahas Gelar Pap Smear Untuk Deteksi Kanker
Senin, 16 Oktober 2017 18:39:00

Bhayangkari Humbahas Gelar Pap Smear Untuk Deteksi Kanker

BAGIKAN:
Abed Ritonga
Papsmear di Humbahas
Doloksanggul(Pelita Batak):  Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) yang ke-65, Bhayangkari Polres Humbang Hasundutan (Humbahas), bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat, menggelar pemeriksaan alat vital (pap smear) terhadap para ibu bhayangkari, pegawai dan ASN yang bertugas di Polres tersebut, kemarin di Mapolres Humbahas.

"Pemeriksaan pap smear ini di ikuti 48 orang. Kita bekerjasama dengan pihak BPJS Humbahas. Pemeriksaan atau pap smear dilakukan oleh dokter dari Dinas Kesehatan Humbahas," ujar Ketua Bhayangkari Polres Humbahas, Ny Wanda Lilipaly kepada sejumlah awak media saat kegiatan tersebut sedang berlangsung.

Dia menyebut, kegiatan itu dilaksanakan untuk mendeteksi dini kanker leher rahim para ibu bhayangkari. "Pap smear itu sangat penting bagi kalangan ibu. Karena bahaya kanker leher rahim (serviks) itu sangat mengancam keselamatan nyawa si ibu. Pap smear perlu dilakukan sekali dalam tiga tahun. Jadi kegiatan ini adalah sebagai bentuk kepedulian untuk sesama. Khususnya di lingkungan ibu bhayangkari," tandas Wanda.

Selain menggelar kegiatan tersebut, sambung Wanda, pihaknya juga menggelar pemberian akte lahir gratis bagi warga kurang mampu. "Tadi kita juga memberikan akte lahir gratis bagi warga kurang mampu. Kita bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Humbahas. Pengurusan hak anak ini juga menjadi tanggungjawab semua pihak. Dimana akte lahir merupakan legalisasi anak sebagai warga negara Indonesia di depan hukum," paparnya.

Wanda berharap, para ibu bhayangkari ke depan turut aktif untuk mengkampanyekan pentingnya melakukan pap smear bagi kaum ibu. "Saya berharap pentingnya melakukan pap smear itu juga diberitahukan para ibu bhayangkari kepada masyarakat maupun keluarga. Karena, hidup ini akan indah jika tubuh kita sehat dan jika kita mau berbagi kepada orang lain akan pentingnya pencegahan penyakit," ujarnya. 

Kapolres Humbahas, AKBP Nicolas A Lilipaly, pada kesempatan itu mengatakan, bahwa pihaknya mendukung sepenuhnya Bhayangkari Polres Humbahas dalam melaksanakan seluruh kegiatan.

"Kita dukung penuh kegiatan Bhayangkari. Baik kegiatan internal mereka, maupun yang sifatnya bersentuhan langsung dengan maayarakat," katanya.(AR)
  BeritaTerkait
  • Sekda Humbahas Saul Situmorang: Didalam Tubuh yang Sehat Terdapat Pemikiran dan Kinerja yang Sehat

    12 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak):Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui Dinas Kesehatan dan RSUD Doloksanggul beserta jajaran Kesehatan menyelenggarakan kegiatan dalam rangka memeriah

  • Peringati Hari Bhakti Adhyaksa, Kejari Taput Gelar IVA Test

    4 bulan lalu

    Pangaribuan (Pelita Batak):Dalam rangka peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-57 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke-XVII tahun 2017, Kejaksaan Negeri (Kejari) Tapanuli Utara (Taput) menggelar Tes In

  • Bupati Humbahas:Jambore Kader PKK Harus Dapat Membawa Perubahan Bagi Masyarakat

    satu bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Plt Asisten Administrasi dan Kesra Drs AP Marbun membuka kegiatan jambore kader PKK tahun 2017 yang diselenggarakan di Aula H

  • Pertama, Dispen Humbahas Gelar Lomba Debat Bahasa Tingkat SMK

    tahun lalu

    Puluhan siswa siswi tingkat SMK Negeri dan swasta se-Humbanghasundutan ikuti lomba debat bahasa Indonesia dan bahasa asing yang digelar oleh Dinas Pendidikan Humbanghasundutan,di SMK Negeri 1 Dolok Sanggul, Rabu (24/8/2016).

  • SGF Sumut Gelar Seminar Kanker Serviks

    tahun lalu

    Tim Penggerak  (TP) PKK Kota Medan mendukung penuh dan menyambut baik digelarnya Seminar Kanker serviks yang digagas Solidaritas Group Facebook (SGF) Sumut. Diharapkan, seminar yang direncanakan berlangsung selama 2 hari ini dapat meningkatkan penget

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online