• Home
  • News
  • Bermarga Hasibuan, Erry Harapkan Negeri Berbilang Kaum Makin Harmonis
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 28 Agustus 2016 20:43:00

Bermarga Hasibuan, Erry Harapkan Negeri Berbilang Kaum Makin Harmonis

BAGIKAN:
Istimewa
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi disambut dengan penyematan ulos sesaat sebelum prosesi penabalan marga Hasibuan oleh Raja-raja Luhut di Kabupaten Padang Lawas (Palas), Minggu (28/8/2016).

Sibuhuan (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi ditabalkan bermarga Hasibuan oleh tokoh adat dan Raja-raja Luhut di Kabupaten Padang Lawas (Palas), Minggu (28/8/2016). Marga Hasibuan merupakan marga ketiga yang disandang Tengku Erry Nuradi setelah Nasution dan Siregar.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Padang Lawas H Ali Sutan Harahap dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Dewan Pembina Parsadaan Marga Hasibuan yaitu Sutan Sodoguron, Sarmadan Hasibuan dan Imran Joni Hasibuan dan ribuan masyarakat.

] Lihat Foto Galerinya di Sini <<<<<


Penabalan marga Hasibuan kepada Erry dilakukan melalui prosesi adat dalam rangkaian Deklarasi Parsadaan Hasibuan “Pahae Barumun Pahulu Sosa” yang digelar di Lapangan Merdeka Sibuhuan. 

Dalam acara tersebut, tokoh adat, Bupati Padang Lawas H Ali Sutan Harahap dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) manortor bersama, kemuduan mengarak Erry ke “Bagas Godang” sebagai lokasi mengupa (jamuan). Selanjutnya prosesi menyembelih kerbau yang dilanjutnkan menghidangkan kepala kerbau lengkap dengan nasi putih. Kemudian pemasangan topi adat Tapanuli Selatan (Tapsel) serta pemakaian sarung bercorang kekuningan.

Setelah prosesi adat penabalan marga Hasibnuan kepada Tengku Erry Nuradi, kemudian dilanjutkan makan bersama ribuan warga yang hadir. Kegiatan tersebut juga dihadiri anak boru marga Daulay.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menyatakan rasa terima kasih atas kepercayaan masyarakat Padang Lawas dan seluruh pemangku adat Tapsel yang telah menganugerahkan marga Hasibuan.

“Saya sangat berterima kasih diberi marga Hasibuan. Mudah-mudahan, penabalan marga Hasibuan ini semakin mengeratkan silaturahmi. Gelar ini, saya definisikan sebagai kehormatan dingan harapan, gubernur sebagai pemimpin, harus dekat dengan rakyatnya,” ujar Erry.

Tidak lupa Erry berpesan agar menjaga harmonisasi diantara suku dan etnis di Sumut.

“Sumatera Utara adalah Negeri Berbilang Kaum. Multi Etnis ini merupakan kekayaan sekaligus kekuatan. Untuk itu, saya berharap, mari kita jaga harmonisasi, kerukunan dan kedamaian di Sumut. Jangan coba-coba diusik ketenangan di Sumut,” tegas Erry.

Erry juga mengatakan, gelar adat yang diberikan kepadanya merupakan cambuk agar senantiasa berupaya menyejahterakan masyarakat Sumut melalui pembangunan.

“Pemerintah pusat memberikan perhatian serius kepada Sumatera Utara. Itu dibuktikan dengan program pemerintah, baik itu sarana dan prasarana, infrastruktur dan program lainnya. Bapak Presiden juga berulang kali datang ke Sumatera Utara untuk membangun kawasan Danau Toba dan Kepulauan Nias yang jauh tertinggal dengan Kota Medan sebagai ibukota provinsi. Mudah-mudahan ke depan Sumatera Utara semakin maju dan rakyat semakin sejahtera,” harap Erry.

Marga Hasibuan merupakan marga ketiga yang disandang Tengku Erry Nuradi. Sebelumnya, Erry dinobatkan menyandang marga Nasution oleh pemangku adat Mandiling Natal (Madina) pada tahun 2013. Kemudian Erry juga dinobatkan menyandang marga Siregar oleh pemangku adat di Tapanuli Selatan pada tahun 2015 lalu.

Usai acara pengukuhan marga, kemudian dilanjutkan Pengukuhan Parsadaan Marga Hasibuan. Pengukuhan tersebut merupakan pertama kalinya di Padang Lawas setelah 600 tahun warga bermarga Hasibuan tercerai-berai di berbagai penjuru negeri.

Ketua Parsadaan (perkumpulan) Marga Hasibuan Irfan Suanduon mengatakan, Parsadaan Marga Hasibuan diberi nama “Parsadaan Hasibuan Pahae Barumun Pahulu Sosa”. Perkumpulan tersebut diharapkan menjadi wadah bersatunya masyarakat bermarga Hasibuan.

“Parsadaan ini menjadi rumah kita bersama yang merangkul semua masyarakat bermarga Hasibuan. Kita berharap perkumpulan ini memberi manfaat dalam mengeratkan silaturhami dan kebersamaan marga Hasibuan dimanapun berada,” harap Irfan.(TAp) 

  BeritaTerkait
  • Subuh Berjamaah Di Masjid Agung Padang Sidempuan

    tahun lalu

    Padangsidempuan (Pelita Batak) :Dalam kegiatan  Safari Ramadan di kawasan Tabagsel, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengaku bersyukur dapat menyempatkan diri melaksanakan Shala

  • Keuletan dan Kekompakan Masyarakat Minang

    2 tahun lalu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengaku salut dan bangga pada etnis Minang. Selain ulet berusaha, masyarakat Minang juga kompak.

  • Tengku Erry Dan Wali Band Show Di Sibolga

    2 tahun lalu

    Sibolga (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bersama Wali Band show satu panggung menghibur belasan ribu masyarakat Sibolga – Tapanuli Tengah dalam rangkaian

  • Warga NU Diminta Tetap Berperan Aktif Jaga Kebhinnekaan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyebutkan Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi keagamaan dan kemasyarakatan besar di Sumut dapat bersama pemerintah

  • 'Kebersamaan' Kata Kunci Menuntaskan Persoalan di Sumatera Utara

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara H Tengku Erry Nuradi mengajak seluruh komponen masyarakat Sumatera Utara senantiasa meningkatkan kerukunan antar umat beragama. "Kebersama

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb