• Home
  • News
  • BeList In Harmoni Dukung Langit Biru Kota Medan Bebas Emisi
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 02 Mei 2019 14:47:00

BeList In Harmoni Dukung Langit Biru Kota Medan Bebas Emisi

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH bersama Sekretaris Pdt. Dr. Pintor M. Sitanggang, Senior Manager Keuangan PLN Sumut, Ketua Proyek beList sedang memencet bell sebagai launching beList In Harmoni
Medan (Pelita Batak):
Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan adalah kampus yang sangat komit dan concern dengan program kelesterain lingkungan hidup, berangkat dari sini Becak Listrik (BeList) In Harmoni sebagai inovasi dari Fakultas Teknik UHN Medan sangat mendukung langkit biru Kota Medan dan Sumatera Utara bebas emisi. Hal itu ditegaskan oleh Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH saat acara launching beList produk Fakultas Teknik yang bekerjasama dengan PLN Sumatera Utara di Depan Biro Rektor UHN Medan sekaligus sosialisasi program Electrifying Lifestyle, Kamis, (2 Mei 2019).

Rektor UHN mengatakan kampus UHN akan  jadi solusi bagaimana supaya penggunaan energi baru terbarukan seperti enbergi listrik bisa kita ciptakan. UHN adalah kampus yang sangat peduli dengan program energy ramah lingkungan. Saat ini energy ramah lingkungan adalah program dari pemerintah, maka upaya mendukung program ini harus kita lakukan dan dukung dalam bentuk wujud nyata dan konkrit, tegas Rektor UHN lagi. Rektor juga mengatakan, saat ini system transportasi darat kita juga sudah mulai di desain menggunakan energi listrik dengan tujuan mencegah emisi yang lebih besar. Kedepan, Pemko Medan dan UHN kita harapkan bekerjasama untuk pengembangan becak listrik untuk mengurangi armada becak yang saat ini mencapai 30.000. Kita akan memuliakan tukang becak sebagai garda terdepan dalam menciptakan energy ramah lingkungan, tegas Rektor lagi.

Dr. Haposan Siallagan, SH, MH juga mengatakan, pada tanggal 22 April 2019, perusahaan Taxi Blue Bird telah meluncurkan mobil bertenaga listrik untuk jenis angkutan umum jenis TELSA Model X 75D A/T dan mobil listrik BYD 06 A/T sebanyak 30 unit dan sampai tahun 2020 menjadi 200 unit. Ini akan mengurangi emisi Co2 434095 Kg dan konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 Liter bensin. Tentu dengan asumsi 1 becak menghabiskan 5 liter sehari dikali 10.000 maka akan menghemat BBM sebesar 150.000 liter, tegas Rektor lagi. Rektor UHN sangat memberikan apresiasi khusus kepada team "beList" ini sebagai inovasi  akademisi dan mahasiswa UHN yang diukung oleh PLN Wilayah Sumut.

Sementara Senior Manager Keuangan PLN Sumut Haris Jhon Horas mengatakan UHN adalah mitra kerja yang sangat bagus dan mampu melakukan inovasi. Kemitraan ini kita harapkan berguna untuk masyarakat, tegas Haris Jhon Horas. Hal yang sama dikatakan oleh Pdt. Dr. Pintor M. Sitanggang didampingi oleh Dra. Pinondang Nababan, MM dengan memberikan apresiasi yang tinggi kepada PLN Wilayah Sumut. Kami bangga bisa jadi mitra PLN yang mampu melakukan berbagai terobosan dengan menghasilkan karya yang sangat berguna bagi masyarakat.

Ketua Proyek Becak Listri Ir. Parulian Siagian, MT dalam sambutannya mengatakan program beList In Harmoni ini adalah solusi untuk teknologi ramah lingkungan. Kita harapkan kehadiran beList ini bisa jadi nilai awal bahwa saatnya masyarakat beralih ke penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan, tegas Ketua Team beList ini  didampingi oleh Libinako Sianturi, ST, MT, dan Ir. Yetti R Saragih, ST, MT. Hadir acara launching beList In Harmoni ini Kadis Perhubungan Sumut Iswar, S.Si, MT, Direktur Grab Sumut, Ketua PHRI, Pinca BRI Kesawan. Sementara dari UHN adalah WR I Dr. Richard Napitupulu, ST, MT, WR II Rusliaman Siahaan, SE, MM, WR III Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MS.EE, WR IV Samse Pandiangan, M.Sc, PhD, Dekan FT Ir. Sutan SImanjuntak, M.Eng dan juga para Dekan dari lingkungan UHN.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Anggota DPD RI Dukung Pemerintah Protes Pembebasan Tersangka Penganiayaan TKI di Malaysia

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Senator asal Sumut, Parlindungan Purba, SH, MM mendukung langkah konsulat Indonesia di Pulau Pinang Malaysia yang memprotes tindakan Timbalan Pendakwa Raya Malaysia yang membebask

  • Rony Situmorang Dukung Zero Tolerance Polusi Danau Toba

    3 tahun lalu

    Walaupun mereka melakukan replanting, sambungnya, bagaimanapun juga penebangan pohon yang sudah berumur ratusan tahun pasti berdampak negatif pada keasrian dan keindahan jajaran perbukitan bukit seribu yang 10 tahun lalu masih tampak "hijau".

  • Akhyar Ajak Warga Bayur Terus Dukung Pembangunan

    3 tahun lalu

    Nuansa kampung halaman pun terasa sangat kental, selain menyungguh lagu dan tarian-tarian Minang, panitia juga menyungguhkan kuliner khas Kota Bayur. Itu sebabnya seribuan anggota IKB yang hadir tampak larut dengan rangkaian demi rangkaian acara yang dis

  • Jalan Pagi, Eldin Temukan Hal Tak Mengenakkan di Lapangan Merdeka

    3 tahun lalu

    "Lapangan Merdeka harus bersih dari sampah agar masyarakat yang berolahraga di tempat ini merasa tenang dan nyaman. Di samping itu saya minta agar fasiltas kamar mandinya juga harus dibenahi dan benar-benar bersih,"

  • Pemko Medan Minta Maaf Kepada Warga

    3 tahun lalu

    Selain menggelar lomba lari marathon berlevel nasional Medan 5 dan 10 K, Gebyar Kemerdekaan juga diisi dengan Car Free Day, senam massal, sepeda santai (fun bike) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo SH beserta unsur F

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb