KSP Makmur Mandiri
Kamis, 09 November 2017 05:17:00

Batangtoru Dikepung Banjir

BAGIKAN:
Saut Ritonga
Banjir melanda Batangtoru

Tapsel (Pelita Batak) : Intensitas hujan yang cukup tinggi melanda wilayah kabupaten Tapanuli Selatan mengakibatkan Kecamatan  Batangtoru di kepung banjir.

Sedikitnya 227 jiwa terpaksa mengungsi akibat banjir yang disebabkan luapan air sungai Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Rabu 8 November 2017.

Camat Kecamatan Batangtoru, M.Yamin Batubara kepada wartawan mengatakan wilayah yang terendam banjir itu terdapat di Benteng Sibio-Bio, Kampung Suka Maju Desa Hapesong Baru, Batangtoru.

"Ketinggian air yang merendam desa itu mencapai 0,5-1 meter. Kejadian yang sejak pukul 03.50 Wib itu sudah ia laporkan ke Bupati Tapanuli Selatan," ujarnya.

Dia menyebutkan, luapan air sungai terbesar di Tapanuli selatan itu menyusul intensitas hujan di wilayah hulu dan sekitarnya cukup tinggi dan merata.

"Hingga sore menjelang malam mini hujan masih turun, dan ketinggian air belum juga surut," jelasnya.

Sesuai laporannya, rumah masyarakat yang terendam banjir berjumlah 74 Kepala Keluarga (240 jiwa) sebagian diantaranya sebanyak 68 KK (227 jiwa) untuk sementara mengungsi ke lokasi yang aman.

Dia juga menyebut daerah itu memang sudah langganan banjir sejak beberapa tahun belakangan.

"Bila intensitas hujan tinggi daerah itu kerap dilanda banjir, kemungkinan terjadi pendangkalan dasar sungai," katanya.

Selain merendam puluhan rumah, tanggul sungai Batangtoru dan sejumlah titik irigasi berada di Pulo Lubang jebol.

"Jebolnya tanggul menyebabkan areal persawahan dan perkebunan dan sejumlah pemukiman di Pulo Lubang, Benteng, Bandar Masin, dan Bandar Tarutung terendam air mencapai selutut orang dewasa," tambahnya.

Sementara berdasarkan informasi diterima puluhan rumah di daerah Sibara-Bara Kecamatan Angkola Sangkunur, Tapsel juga tidak luput dari dampak luapan sungai Batangtoru itu. (Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Jalinsum Sipirok - Tarutung Desa Marsada Amblas

    2 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan tidak hanya mengakibatkan banjir di dua kecamatan yaitu Batangtoru dan Angkola Sangkunur tapi juga menjadi penyebab ambl

  • Banjir Surut, Warga Batangtoru Kembali ke Rumah

    2 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) :  Usai mengungsi, ratusan masyarakat korban banjir di wilayah Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing.  "Masyar

  • Belikan Mebel Kejaksaan Rp400 Juta, Pemkab Tapsel Dinilai Tak Berpihak Pada Rakyat

    tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Adanya alokasi dana Anggaran Pembangunan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tapanuli Selatan tahun 2017 untuk pengadaan mobiler Kejaksaan Negeri Tapanuli Selatan sebesar Rp.400 Ju

  • Desa Simarlelan-Angkola Sangkunur Tergenang Banjir

    tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Bencana banjir tampaknya terus menghantui warga Kabupaten Tapanuli  Selatan. Kali ini, lermukaan air sungai Garoga Kecamatan Muara Batangtoru meluap mengakibatkan puluhan

  • Banjir Angkola Sangkunur Lantakan Lahan Pertanian Warga

    tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Sedikitnya 30 rumah warga dan puluhan hektare areal persawahan terendam diakibatkan luapan air sungai Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan. Informasi tokoh masyarakat Kelurah

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb