• Home
  • News
  • Batak Marbisuk Deklarasi di Jerusalem
Senin, 16 Oktober 2017 10:10:00

Batak Marbisuk Deklarasi di Jerusalem

BAGIKAN:
Ist
Batak Marbisuk di Jerusalem
Jakarta(Pelita Batak): Forum Batak Marbisuk, wadah komunitas yang mengusung identitas Batak resmi dideklarasikan. Deklarasi dilakukan di kota suci Jerusalem, Israel, pada hari Minggu 8 Oktober 2017 di sela-sela semua pendiri, anggota dan simpatisannya melakukan wisata rohani ke tanah suci Jerusalem dan Mesir. Forum yang akan menyuarakan kepentingan dan pemberdayaan orang Batak ini selanjutnya akan resmi berkantor di jalan Sunan Drajat 39 C Jakarta Timur.

Rombongan wisata Rohani Batak Marbisuk ke tanah suci selama 7 hari ini difasilitas Ir. Donald Sihombing. Adapun pesertanya sebanyak  22 orang yang terdiri mantan Bupati Humbahas Maddin Sihombing dan ibu Anny Rosma Napitupulu, Saut Aritonang, Harun Situmeang,  Herty Sitorus, Joel Simorangkir (Axido Trio), Andy Situmorang (Ambisi Trio), Jens Butarbutar (Amigos Band), Josmar Naibaho, Pdt. Tumbur Veryanto Siregar, Jourdan Siahaan, Eva Lubis, Wisler Sianturi, Megawati Hutahaean, Seferyna Marpaung, Marsiana Hutabarat, Hartati Damanik, Christina Clara Rajagukguk, Rumondang Sihombing, Altona Panggabean dan Ellys Roma Uli Sihombing.

Wisata rohani Batak Marbisuk diawali dengan mengunjungi gereja Kana, tempat dimana Jesus membuat mujizat merubah air jadi anggur.  Dilanjutkan ke Danau Galilea, Betlehem dan Jerusalem.  Hari terakhir mengunjungi Mesir, melihat jejak Musa memimpin Bani Israel eksodus dari Mesir menuju tanah perjanjian.

Untuk tahap awal, Forum Batak Marbisuk baru terbentuk di Jakarta. Ke depan forum ini berencana membentuk perwakilan di daerah daerah di seluruh Indonesia, utamanya di daerah dimana banyak penduduknya  orang batak, seperti Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jawa Barat dan Papua.

Harun Situmeang, ketua Batak Marbisuk mengatakan,  forum ini merupakan wadah berkumpul bagi  warga Batak yang memiliki komitmen kuat bersama-sama memperjuangkan, memberdayakan dan mengoptimalkan potensi orang Batak.  Adapun fokus kegiatan forum ini kedepan sebagian besar akan bergerak di bidang pengembangan seni dan budaya serta kegiatan sosial lainnya.

Harun tak menampik, cikal bakal berdirinya Forum Batak Marbisuk  ini erat kaitannya dengan kontestasi kepemimpinan di Jakarta awal tahun 2017 lalu. Saat itu, di tengah kecenderungan kebanyakan orang kehilangan rasionalitas, forum ini hadir sebagai pembeda dan mampu melihat kepentingan yang lebih besar, yakni kepentingan orang Batak itu sendiri. 

"Saat itu kita melihat, hubungan dan komunikasi  orang Batak,  khususnya Batak dengan pemerintahan harus dibangun dan dipelihara baik," ujar Harun.

Selepas hiruk pikuk kontestasi kepemimpinan di Jakarta, Forum Batak Marbisuk kemudian melakukan kegiatan-kegiatan sosial di bona pasogit. Pada 23 Juli 2017 bertepatan dengan hari ulang tahun ke 60 Ir. Donald Sihombing, sosok yang menginspirasi forum ini melakukan kegiatan sosial di Pulau Sibandang, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara. Selain membantu pembangunan dan kegiatan di Gereja HKBP Sibandang dan menggelar kompetisi sepak bola antar desa,  Donald Sihombing bersama Forum Batak Marbisuk juga menyantuni semua anak cacat di Pulau Sibandang. (R1)
  BeritaTerkait
  • Forum Batak untuk Jakarta Deklarasi Dukungan ke Anies-Sandy

    8 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Sejumlah pekerja seni Batak, pemuka agama Kristen dan kontraktor Batak di DKI yang tergabung dalam Forum Batak Marbisuk sepakat akan mendeklarasikan dukungannya terhadap pasa

  • Polestabes Medan Ditunjuk Jadi Satker Zona Integritas Bebas KKN

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Kapolrestabes Medan Kombes Pol H Sandi Nugroho, SIK,SH,MHum bertindak sebagai Inspektur Upacara Penandatanganan Deklarasi Fakta Integritas dan Pencananangan Pembangunan Zona Inte

  • Pengusaha: "Pak Masih Hitung-hitung"

    tahun lalu

    Kebijakan pemerintah yang telah dituangkan dalam UU Tax Amnesty sudah menuai hasil. Pasalnya, terhitung di 1 Agustus 2016, dari pesertanya yang sudah daftar 344 orang dengan nilai yang di-declare baru Rp3,7 triliun. Presiden Joko Widodo optimis, pada ming

  • Bermarga Hasibuan, Erry Harapkan Negeri Berbilang Kaum Makin Harmonis

    tahun lalu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi ditabalkan bermarga Hasibuan oleh tokoh adat dan Raja-raja Luhut di Kabupaten Padang Lawas (Palas), Minggu (28/8/2016). Marga Hasibuan merupakan marga ketiga yang disandang Tengku Erry Nuradi set

  • Ratusan Pengusaha Kakap akan Minta Amnesti Pajak, DJP Telah Menerima 25.646 SPH

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :<br></br> Mendukung program pemerintah untuk menghimpun dana menopang keuangan negara, pekan depan sekitar 120 pengusaha akan melaporkan dan mengalihkan aset ratusan triliun ke Indonesia. Hal itu disampaikan Sofjan Wan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online