• Home
  • News
  • Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Bersama 8 Kabupaten Launching 17 Kegiatan Pariwisata
Selasa, 21 Maret 2017 16:06:00

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Bersama 8 Kabupaten Launching 17 Kegiatan Pariwisata

BAGIKAN:
Ist
Nurhajizah Marpaung, Wakil Gubernur Sumut
Jakarta(Pelita Batak): Delapan Kabupaten di Sumatera Utara bekerjasama dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Kementerian Pariwisata Republik Indonesia merilis 17 kegiatan pariwisata yang akan digelar di sekitar destinasi wisata Danau Toba, Sumatera Utara. Kegiatan itu pun berlangsung pada sepanjang tahun 2017, tepatnya mulai dari Mei hingga Desember.
 
Menurut Wakil Gubernur Sumut, Nurhajizah Marpaung, menyatakan, kegiatan pariwisata di Danau Toba merupakan salah satu upaya untuk pengembangan pariwisata Danau Toba dan promosi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba, yang memiliki keunggulan daya tarik budaya (culture), alam (nature), dan daya tarik buatan (manmade). Nurhajizah pun menyebut, seluruh jajaran Pemda Provinsi Sumut dan Kabupaten se-kawasan Danau Toba siap mensukseskan rencana Danau Toba sebagai destinasi kelas dunia. "Terlebih, bersama Mandalika dan Borobudur, Danau Toba termasuk dalam tiga destinasi prioritas yang dikembangkan oleh Pemerintah Pusat dari 10 destinasi utama di Indonesia."
 
Lebih lanjut, Nuhajizah mengungkapkan, pada esensinya, kegiatan pariwisata merupakan aktivitas ekonomi. Untuk itu, dengan adanya event ini dapat memberikan kesejahteraan pada masyarakat sekitar dan menjadi momentum kebangkintan pariwisata, khususnya di Sumatera Utara. "Kegiatan pariwisata Danau Toba ditargetkan pada 2019 akan memberikan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar 16 triliun rupiah, serta menciptakan sebanyak 300 ribu lapangan kerja baru. Ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumut," ujar Nurhajizah.
 
Sementara Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menyatakan, saat ini kunjungan wisatawan mancanegara ke Danau Toba memang baru berkisar 230 ribu orang. Namun, pada 2019, kunjungan wisatawan mancanegara ditargetkan mencapai satu juta orang. Target ini, kata Arief Yahya, baru bisa tercapai jika sudah ada pengembangan fasilitas internasional ke Danau Toba. "Itu baru mungkin terjadi kalau Bandara Silangit menjadi bandara internasional, kalau tol dari Kualanamu ke Parapat, ke tepi Danau Toba selesai," ujar Arief.
 
Untuk itu, Kemenpar, ungkap Arief, akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait termasuk dengan Kementerian Perhubungan dan Kemnterian Pekerjaan Umum. Begitupun dengan Badan Otorita Pariwisata Danau Toba untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan destinasi wisata Danau Toba. "Agar ideal, Kemenpar dalam menjalankan tugasnya untuk mengejar target satu juta wisman ke destinasi Danau Toba dengan perolehan devisa 500 juta dollar as pada 2019, dengan asumsi satu juta wisman kali 500 dollar as spending per kedatangan," tutur mantan Dirut Telkom tersebut.
 
Namun, Arief berharap, khusus untuk event-event budaya tidak berhenti di skala lokal saja, tapi juga ke skala nasional. Bahkan, bukan tidak mungkin salah satu produk budaya dari Suku Batak di Sumatera Utara, yaitu kain Ulos, dapat berkembang dan menjadi tren fashion. "Ujungnya tidak boleh hanya event fashion itu. Ulos tidak hanya menjadi selendang. Tapi juga menjadi fashion dan harus dikomersilkan. Karena itu nanti akan ada rekan-rekan dari Badan Ekonomi Kreatif yang dapat membantu," tutur Arief.(R2)
  BeritaTerkait
  • BODT Kejar Progres Pembangunan Pariwisata Danau Toba

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak): Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Danau Toba (BODT) akan segera menunjukkan progres pembangunan kawasan 600 ha untuk peningkatan pariwisata Geopark Kaldera Toba. Sejak dila

  • Sukses, Pomparan Siraja Tambun se-Dunia Berencana Gelar Wisata Leluhur Nasional di Ajibata

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Ketua Umum Panitia Wisata Leluhur Nasional Pomparan Siraja Tambun seluruh dunia, Jubel Tambunan SE menyampaikan seribuan Pomparan Siraja Tambun seluruh dunia akan menggelar Wisata Leluhur Nasional,

  • Desa Adat Ragi Hotang dan Hutagaol Sihujur, Tobasa Serta Rumah Bolon Gunung Malela. Simalungun Direvitalisasi

    4 bulan lalu

    Medan(Pelita Batak): Kemenpar mulai merevitalisasi tiga desa adat di kawasan Danau Toba, Sumut. Misinya menjadikan desa-desa adatnya sebagai penopang pariwisata.   "Ada tiga desa

  • Malam Ini Tokoh Sumut Bareng Menpar Arief Yahya Launching Calendar of Event Pariwisata Danau Toba 2017

    3 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Bagi yang kangen musik tradisional Batak? Kangen dengan suasana kampung halaman di Sumatera Utara? Ada baiknya menyimak acara di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pes

  • Halal Bi Halal IKA SMAN 4 Medan Diadakan di Rumdis Gubernur

    11 bulan lalu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengajak alumni SMAN 4 Medan dan Universitas Sumatera Utara untuk terlibat aktif dalam menjaga keutuhan bangsa dengan menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet