• Home
  • News
  • BAKERCAB GMNI Kota Medan Gelar Aksi di Hari Pahlawan ke Balai Kota
Sabtu, 11 November 2017 18:21:00

BAKERCAB GMNI Kota Medan Gelar Aksi di Hari Pahlawan ke Balai Kota

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Medan (Pelita Batak) :
Seraturan massa yang tergabung dalam Badan Kerja Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (Bakercab) Kota Medan melakukan aksi di depan Balai Kota Medan, Jumat (10/11/2017). Aksi yang dilakukan bertepatan pada hari pahlawan ini, menuntut pemerintah yang transfaran dan merakyat tidak hanya bersifat elitis.

Sebab, Otonomi Daerah Sebagai Perwujudan Pemerintahan Lokal (Pemerintahan Daerah) sebenarnya didasarkan pada harapan untuk tidak terjadinya pemusatan kekuasaan pada satu orang atau satu lembaga untuk terciptanya iklim demokrasi dan kedaulatan rakyat yang sejati-jatinya.

Demikian disampaikan Ketua Bakercab Yersa Umar Hasibuan dalam orasinya, yang diamini oleh seluruh pengunjuk rasa yang mengusung umbul-umbul berupa poster dan spanduk.

Disampaikan, Kota Medan yang termasuk dalam kota besar di Indonesia tidaklah juga terhindar dari tuntutan pembangunan daerah atas dasar otonomi yang berkeadilan dan berkerakyatan. Sebagai kota metropolitan, persoalan mendasar seperti macet, banjir, ketimpangan sosial, penegakan hukum dan HAM, infrastruktur dan tata kota yang kurang memadai, IMB yang bermasalah hingga minimnya ruang terbuka hijau (RTH) masih tetap belum terlihat bisa diatasi oleh Pemko Medan.

Padahal sebelumnya, rezim kepemimpinan Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution berjanji akan fokus dalam pembangunan infrastruktur, seperti fasilitas kesehatan, revitalisasi pasar tradisional, dan peningkatan kualitas pendidikan yang menjadiprioritas utama dalam pembangunan lima tahun kedepan, seperti yang telah dijelaskandalam RPJMD Kota Medan 2016-2021.

Disampaikan juga, bahwa peran kepala daerah sangat menentukan hasil pembangunan daerah. "Apabila tidak ada political will dari pimpinan, usaha-usaha perbaikan tidak dapat dilakukan. Selain itu, dibutuhkan kepala daerah yang memang mampu dan tanggap terhadap respon dan keluhan masyarkat hingga kepada penglihatan masalah di lapangan ,yang kesemua itu sudahlah jelas bahwa peran pemimpin daerah adalah sebagai pelayan dan pengayom masyarakat," jelasnya yang juga didampingi Jhonny Frens Gultom selaku sekretaris.
 
Untuk itu, pihaknya menyampaikan tuntutan diantaranya, adanya kepemimpinan yang merakyat dan tidak hanya bersifat elitis; Transparansi anggaran dan pemanfaatan APBD yang efisien; Tutup kebocoran anggaran yang terjadi; Pemberdayaan masyarakatagar terjadinya gotong royong pembanguna; Turunkan pemimpin yang dzolim dan khianat terhadap amanat penderitaan rakyat.

Aksi ini berjalan dengan lancar, setelah menyampaikan orasi dan mendapat tanggapan dari perwakilan Pemko Medan, massa membubarkan diri. (TAp)
  BeritaTerkait
  • Pedagang Kaki Lima Gelar Lapak di MMTC

    tahun lalu

    Medan (Pelita batak) :Setelah sempat vacum beberapa bulan, penertiban pedagang kaki lima (PK5) yang menggelar lapak di Jalan Sutomo dan Jalan Perjuangan kembali dilanjutkan, Selasa dinihari (18/10/2016). Untuk membersihkan kedua kawasan tersebut dari para

  • Akhyar Nasution : Kelurahan Menjadi Satgas Anti Narkoba

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution mewakili Wali Kota dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Balai Kota Medan, Kamis (15/9/2016) mengadakan pertemuan membicarakan masalah ya

  • Kubangan Air di Jalan Titi Pahlawan Dikeringkan

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi meninjau cekungan yang terus tergenang air di Jalan Titi Pahlawan, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, Senin (26/9/2016). Cekungan ini sangat mengganggu kelancaran arus lalu-l

  • Akhyar Nasution Minta Media di Medan Tidak Tendensius dalam Pemberitaan

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSI menyambut baik dan mendukung penuh digelarnya perlombaan Lari Maraton 5 dan 10 K yang akan digelar Harian Top Metro di Lapanga

  • Ahok Sibuk Kerja di Balai Kota, Saat Demo Besar-besaran

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Basuki T Purnama (Ahok) didemo oleh ribuan warga yang mengatasnamakan Aksi Bela Islam. Mereka menuntut pihak kepolisian untuk memeriksa Ahok atas dugaan pelecehan terhadap

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online