• Home
  • News
  • Atasi Genangan Air Di Jalan HM Jhoni Dinas PU Normalisasi Parit
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 05 April 2017 18:14:00

Atasi Genangan Air Di Jalan HM Jhoni Dinas PU Normalisasi Parit

BAGIKAN:
ist|PelitaBatak
Medan  (Pelita Batak) :
Warga yang bermukim di Jalan HM Jhoni, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota kini  bernafas lega setelah Dinas Pekerjaan Umum melakukan normalisasi parit, Selasa (4/4) malam.  Persoalan genangan air yang selama ini dikeluhkan warga setiap kali hujan deras turun  dapat teratasi.
 
Kepala Lingkungan I, Kelurahan Teladan Barat, M Yusuf Nasution mengungkapkan, selama ini Jalan HM Jhoni menjadi langganan genangan air setiap kali hujan deras turun. Bahkan, tak jarang air sampai menggenangi halam maupun rumah sejumlah warga. Kondisi ini terjadi akibat parit yang ada mengalami pendangkalan.
 
“Kondisi seperti ini terjadi sejak tahun 2001, penyebabnya parit yang ada tak pernah dikorek sehingga menmgalami sendimentasi. Akibatnya,  parit tak mampu menampung debit air hujan sehingga melimpah dan menggenangi  jalan serta sejumlah rumah warga,” kata Yusuf.
 
Itu sebabnya warga sekitar sangat menyambut gembira normalisasi parit yang dilakukan Dinas PU tersebut. Apalagi dalam melakukan normalisasi yang dipimpin langsung Kadis PU Kota Medan, Khairul Syahnan, sejumlah alat-alat berat diturunkan seperti backhoe loader, excavator mini, excavator standar, 25 unit dump truck serta 2 unit trado.
 
Selain itu  untuk mendukung efektifitas dan maksimalnya normalisasi yang dilakukan, Syahnan juga menurunkan alat berat terbarunya spider excavator. Alat berat yang bekerja tak ubahnya seperti seekor laba-laba ini turut membantu pengurakan parit yang mengalami penyumbatan tersebut.
 
Tidak hanya alat berat, Syahnan juga mengerahkan sekitar 100 pekerjanya untuk mendukung normalisasi. Sampah dan lumpur yang menjadi penyebab sendimentasi selanjutnya diangkut menggunakan dump truck. Proses normalisasi berjalan dengan lancar hingga sampai menjelang subuh.
 
Syahnan didampingi  Kabid Alat berat, Zulkifli, Camat Medan Kota, Edi Matondang dan Lurah Teladan Barat, Irwansyah Nur berulangkali memberikan instruksi kepada anggotanya agar normalisasi yang dilakukan benar-benar maksimal, sehingga masyarakat sekitar bisa merasakan manfaatnya.
 
Di tengah normalisasi berlangsung, Yusuf Nasution pun mewakili warga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi. “Alhamdulillah, sudah lama warga sekitar mendambakan pengorekan seperti ini. Untuk itu atas nama warga, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wali Kota Medan karena telah menyahuti keluhan kami dengan melakukan normalisasi parit ini,” ungkap Yusuf.
 
Usai normalisasi dilakukan, Syahnan pun mengajak warga sekitar untuk menjaga parit yang telah dikeruk. Sebab,  tanpa dukungan penuh seluruh warga, normalisasi yang telah dilakukan akan sia-sia. “Dukungan warga bisa diwujudkan dengan tidak membuang sampah sembarangan dalam parit dan  rutin menggelar gotong royong membersihkan parit.  Dengan demikian parit tetap mampu menampung debit air sekalipun hujan deras turun,” pesannya. (H/TAp)
  BeritaTerkait
  • Awas! Cuaca Ekstrim Hujan Deras & Angin Kencang Landa Medan

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menginstruksikan kepada  organisasi perangkat daerah (PD) terkait di lingkungan Pemko Medan untuk siaga dan langsung action di lapa

  • Sabar Samsurya Sitepu Pimpin Gotong Royong Bersama Masyarakat Denai

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Guna mengatasi banjir yang selama ini menerpa kawasan Jalan Perjuangan, Kelurahan Tegal Sari II, Kecamatan Medan Denai, warga menggelar gotong royong dipimpin anggota DPRD Medan,

  • Dinas PU Benahi Drainase Tersumbat di Jalan Cirebon/Jalan Pandu

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan kembali turun untuk mengatasi genangan air yang terjadi setiap kali hujan deras turun. Rabu (29/3) dinihari, dinas yang menangani masal

  • Giliran Jalan Nibung Utama Medan Diaspal

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Setelah Jalan Mataram, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan kembali melanjutkan pengaspalan, Rabu (12/4/2017) dinihari.  Kali ini giliran Jalan Nibung Utama, kawasan

  • Akhyar Nasution Minta Dinas PU dan Dishub Bekerja Serius

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Seluruh jajaran Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan harus segera mengubah mengubah sistem kerja, sebab masih banyak infrastruktur jalan maupun drainase yang perlu perhatian dan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb