• Home
  • News
  • Anne Avantie Motivasi 300 Pengrajin UKM Medan
Selasa, 14 November 2017 12:23:00

Digagas Ketua TP PKK & Dekranasda Medan Hj Rita Maharani

Anne Avantie Motivasi 300 Pengrajin UKM Medan

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak) :
Perancang busana ternama Indonesia  yang terkenal dengan busana kebayanya Anne Avantie menjadi  nara sumber dalam Seminar Pelaku UMKM Kota Medan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Senin (13/11). Dalam seminar tersebut Anne menceritakan  kisah inspiratifnya selama 28 tahun berkarya di bidang fashion design Diharapkan kisah itu dapat menjadi inspirasi sekaligus motivasi sehingga pelaku UMKM lebih maju dan berkembang.

Seminar ini merupakan hasil gagasan Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan. Melalui seminar ini, Hj Rita berharap agar 300 pengrajin UMKM di Kota Medan dapat termotivasi dalam rangka menelurkan karya-karya yang lebih berkualitas.

Melalui seminar ini, Hj Rita Maharani ingin masyarakat Kota Medan semakin berdaya dalam menciptakan lapangan kerja serta mengembangkan ekonomi kreatif sebagai bagian dari entitas pembangunan kota. "Jika masyarakat memiliki daya perekonomian kerakyatan yang semakin menguat, efeknya akan membuat perekonomian kota Medan semakin meningkat secara keseluruhan," kata Hj Rita Maharani.

Wanita murah senyum ini selanjutnya mengungkapkan, menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN menuntut daerah lebih mengembangkan potensi yang ada untuk lebih memberi warna, terutama industri kreatif dan industri kecil menengah. Oleh karenanya diperlukan inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan UMKM sebagai salah satu ikon di Kota Medan, agar dapat bersaing di pasar regional ASEAN maupun dunia.

Untuk itu Hj Rita menilai, seminar ini merupakan momentum berharga, terutama bagi pengrajin UMKM. Setelah berkarya selama 25 tahun, Anne Avantie dinilainya telah membuktikan bahwa ketekukan adalah bagian kesuksesan. "Karya-karya yang fenomenal telah tercipta dan lahir dari tangannya. Tentunya kita semua ingin menjadi seperti beliau," ungkapnya.

Usai emngikuti seminar ini, Hj Rita selanjutnya menginginkan agar seluruh pengrajin UMKM di Kota Medan dapat bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan, baik TP PKK di lingkungan hingga kecamatan hingga TP PKK Kota Medan dan Dekranasda Kota Medan. "Semoga seminar ini dapat memberikan manfaat bagi para pengrajin UMKM, termasuk perkembangan ekonomi kreatif di Kota Medan," harapnya.

Seminar Pelaku UMKM ini turut dihadiri Asisten Ekonomi, pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Medan Qamarul Fatah, Kadis Koperasi dan UKM Hj Emilia Lubis, Kadis Perindustrian Zulkifli Sitepu, Kadis Perdagangan Syarif Armansyah Lubis, Kadis Ketahanan Pangan Muslim, Ketua Dharma Wanita kota Medan Yurina Syahnan, ketua IWAPI Medan Lisa Arlin, Ketua AMKI Medan Dahliana Sinulingga, Ketua GOW Medan Hj Asmalita Zulkarnain serta pelaku UKM se-Kota Medan.

Sementara itu Anne Aviantie dalam seminar itu memaparkan secara jelas selama 25 tahunberkarya dalam bidang fashion design. Meski hanya tamatan SMP, namun ibu empat anak itu berhasil  menjadi salah satu perancang busana papan atas di Tanah Air, terutama busana kebaya. Dikatakannya, kunci utama dari kesuksesan yang diraih saat ini adalah percaya diri akan talenta dan bakat yang dimiliki.

Tidak hanya tentang kesuksessan  yang diraihnya saat ini, Anne juga mencerita masa lalunya yang penuh kepahitan. Justru kepahitan hidup itu memotivasinya untuk bangkit dan meraih kesuksessan sampai saat ini.  Selain bakat, juga harus didukung  dengan inovasi dan rasa percaya diri serta tidak pernah iri terhadap orang lain.

"Jika kita memiliki produk yang sama dengan orang lain, kita harus berusaha untuk lebih kreatif serta produk yang kita hasilkan harus memiliki ciri khas tersendiri. Yang lebih peting lagi, kita jangan pernah pesimis , sebab rezeki itu sudah diatur Tuhan. Ingat, rezeki kita tidak pernah tertukar dnegan orang lain," jelas Anne.

Dihadapan  seluruh pengrajin UKM yang hadir, Anne memberikan tips  agar menyadari karunia  yang diberikan Tuhan cukup besar. Kemudian tidak pernah iri dengan kesuksessan orang lain dan selalu intropeksi diri. "Yang lebih penting lagi, kurangi persoalan-persoalan baik dalam rumah tangga maupun luar rumah sehingga ide kreatif bisa dieksplor. Serta terus kembangkan bakat yang dimiliki," pesannya. (H|TAp)
  BeritaTerkait
  • Warga Medan Harus Pakai Batik Medan & Songket Deli

    tahun lalu

    Seluruh busana hasil rancangan Hj Rita ini bisa diperoleh di Maharani Galeri Batik Medan dan Songket Deli. Tidak hanya busana batik Medan dan songket Deli, galeri ini juga memajangkan hasil produk unggulan UMKM Kota Medan, seperti kursi rotan, tutup lampu

  • Tim Gabungan Kembali Amankan Jalan Sutomo

    2 tahun lalu

    Para pedagang kaki lima terkejut saat melihat tim gabungan kembali melakukan penertiban di Jalan Sutomo dan sekitarnya, Selasa (10/5) dinihari. Mereka tidak menyangka jika penertiban kembali berlanjut setelah sekitar tiga pekan terhenti. Bagi pedagang y

  • Menristek Dikti Apresiasi Mahasiswa Berprestasi Bidikmisi Nommensen

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. Dr. Muhammad Nasir mengapresiasi prestasi mahasiswa Program Bidikmisi dari Universitas HKBP Nommensen atas nama Sarma Ul

  • Panitia Hari Ulos Sowan ke Rumdis Wali Kota Medan

    tahun lalu

    Komunitas Pecinta dan Pelestari Ulos yang menjadi panitia Pelaksana Peringatan Hari Ulos ke II Tahun 2016 suwon ke Rumah Dinas Wali Kota Jl Sudirman Medan, Rabu (13/7/2016). Wali Kota Medan Drs Dzulmi Eldin menyambut baik rencana dan panitia dalam upaya m

  • 27 Agustus di Open Stage Tuk Tuk Siadong Digelar Samosir Music International Austrian Batak Rock

    tahun lalu

    Austrian Batak Rock, merupakan suatu nama yang diciptakan untuk menggambarkan jenis pagelaran musik konser yang akan diadakan di Tuk Tuk Samosir, pada bulan Agustus ini. Secara tidak langsung penyebutan itu, telah mengesankan bahwa akan mendatangkan arti

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online