• Home
  • News
  • Anggota DPD Turut Berduka untuk Korban Kapal Tenggelam di Danau Toba
KSP Makmur Mandiri
Senin, 18 Juni 2018 22:56:00

Anggota DPD Turut Berduka untuk Korban Kapal Tenggelam di Danau Toba

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Proses evakuasi korban kapal tenggelam
Medan (Pelita Batak):
Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Parlindungan Purba SH MM menyampaikan turut berdukacita untuk para korban 
Tenggelamnya kapal KM. Sinar Bangun diperairan Danau Toba Parapat, Senin (18/6/2018). Kapal penumpang diperkirakan bermuatan 80 orang itu berlayar dari Simanindo Kabupaten Samosir menuju Tigaras Parapat Kabupaten Simalungun.

"Kita turut berduka untuk para korban, semoga keluarga yang ditinggal tabah. Para korban selamat diharapkan untuk diberikan penanganan yang intensif," kata Ketua Komite 2 DPD RI ini kepada media begitu mendapat kabar naas tersebut dari kampung halamannya.

Parlindungan mengajak seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan memberi dukungan kepada pemerintah untuk melakukan tugasnya. Juga mengajak masyarakat berdoa kiranya korban selamat banyak ditemukan.

Saat ini, katanya, masyarakat tengah mempertanyakan kelaikan operasi kapal angkutan tersebut. Namun yang paling utama saat ini adalah bagaimana mengerahkan kekuatan tim evakuasi korban. 

"Kita minta pemerintah melalui instansi terkait agar menginvestigasi dan memeriksa dengan benar kenapa peristiwa seperti ini bisa terjadi. Bagaimana dengan kelaikan kapal tersebut beroperasi. Kita melihat adanya berbagai kekurangan dalam pengoperasian kapal tersebut, maka kita minta harus dilakukan segera penanganan secara serius," katanya.

Kondisi seperti ini akan sangat berpengaruh kepada promosi pariwisata danau Toba. Perisitiwa ini sepatutnya tidak lagi terjadi dikawasan danau Toba. Sebab pemerintah tengah menggalakkan promosi wisata danau Toba.

Instansi terkait harus segera melakukan tindakan. Melakukan pemeriksaan terhadap kapal yang digunakan di Danau Toba. Bahkan harus dilakukan pengecekan secara rutin.

Sebagaimana diketahui, Kapal Mesin Sinar Bangun yang mengangkut puluhan penumpang tenggelam di perairan Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin petang.

Dikutip dari Kompas.com,, Kepala Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugrooho membenarkan hal ini. Menurutnya, kapal berisi sekitar 80 orang wisatawan bertolak dari Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir menuju Tigaras-Parapat di Kabupaten Simalungun.

Kapal tenggelam di tengah perjalanan diduga akibat cuaca buruk. 

Para korban yang selamat dibawa ke Puskesmas Sipintuangin. Tim gabungan dibantu masyarakat juga sudah turun ke lokasi dan melakukan pencarian. (TAp)
  BeritaTerkait
  • Wakil Ketua DPRD Sumut, Aduhot Simamora Tinjau Proses Evakuasi Korban KM Sinar Bangun di Danau Toba

    5 bulan lalu

    Parapat (Pelita Batak):Wakil Ketua DPRD Sumut Aduhot Simamora meninjau lokasi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba. Dia menyampaikan duka yang mendalam atas korban akibat peristiwa naas tersebut

  • Hanya Djoss yang Mengucapkan Turut Berduka untuk Korban KM Sinar Bangun

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Dalam sambutan penutup acara Debat Publik ke III, Selasa (19/6/2018), di mana masing-masing pasangan calon (Paslon) diberikan kesempatan tiga menit untuk memberikan pernyataan pen

  • KM Sinar Bangun Tenggelam, BPODT dan TCC Kemenpar Terus Monitor

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) mengucapkan turut prihatin atas tenggelamnya kapal penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Senin (18/6). Kapal tersebut diperk

  • Parlindungan Purba Turut ke Lokasi Evakuasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba SH MM meninjau langsung proses evakuasi korban bencana tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan danau Toba, Selasa (19/6/2018).Senator as

  • Tragedi KM Sinar Bangun, Sihar: Ini Duka Sumut

    5 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus menyampaikan duka yang mendalam atas tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, yang terjadi Senin (18/6/2018)

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb